Ampuh! 5 Cara Turunkan Kadar Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat, Perhatikan Hal Ini

Selasa 18 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi cara turunkan kadar gula darah penderita diabetes secara alami tanpa obat (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

Ilustrasi cara turunkan kadar gula darah penderita diabetes secara alami tanpa obat (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

SUKABUMIUPDATEM.com - Mengetahui cara untuk turunkan kadar gula darah dalam tubuh merupakan hal penting yang wajib diketahui oleh orang yang berisiko terkena penyakit diabetes.

Hal ini bertujuan supaya kadar glukosa dalam tubuhnya selalu aman dan terkendali, sehingga bisa mencegah risiko akibat penyakit kencing manis sejak dini.

Penting diketahui bahwa ada sejumlah faktor yang bisa memicu melonjaknya kadar gula darah, terutama pada diabetesi atau pengidap diabetes, salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat.

Pada saat kadar gula darah atau glukosa darah dalam tubuh tinggi, maka sebagai penderita diabetes wajib mengatasi, baik secara alami maupun minum obat.

Berikut 5 cara alami turunkan kadar gula darah dalam tubuh secara alami tanpa obat-obatan, sebagaimana dikutip dari laman halodoc:

Baca Juga: 5 Aturan Makan Nasi Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

1. Olahraga secara Rutin

Berdasarkan sebuah penelitian, rajin olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot tubuh menggunakan gula darah untuk bergerak, sehingga bisa membantu turunkan kadar gula dalam tubuh

Caranya dengan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Rutinitas ini juga dapat membantu turunkan berat badan.

Dengan menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu hal penting bagi pengidap diabetes yang mengalami obesitas, karena berat badan ideal dapat membuat kadar gula darah lebih mudah turun dan stabil.

Adapun jenis olahraga yang tepat untuk turunkan kadar glukosa seperti:

- Hiking sejauh 3 kilometer/jam. Orang dengan berat 68 kilogram dapat membakar 240 kalori per jam. Apabila dilakukan secara teratur, maka dapat membantu turunkan tekanan darah diastolik dan sistolik rata-rata 10 mmHg.

- Jalan santai. Tiga kali jalan kaki singkat setiap hari setelah makan, secara efektif dapat turunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan efektivitasnya memiliki hasil seperti jalan kaki selama 45 menit.

2. Kelola Asupan Karbohidrat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Pasalnya, makanan yang tinggi karbohidrat merupakan sumber utama dari glukosa yang mampu tingkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk itu, menjadi hal penting bagi penderita diabetes agar membatasi makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan makanan dengan tambahan gula.

Baca Juga: 3 Kategori Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat Saat Perut Kosong!

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Berdasarkan sebuah penelitian, pola makan tinggi serat dapat meningkatkan kinerja tubuh dalam mengatur gula darah serta meminimalkan penurunan kadar glukosa.

Setidaknya dua jenis serat, yaitu larut dan tidak larut, yang mana keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan bagi orang-orang yang memiliki riwayat kadar gula darah tinggi.

- Serat larut. Jenis serat ini larut dalam air dan membentuk zat seperti gel pada perut. Dengan konsumsi nutrisi yang diperoleh dari konsumsi apel, pisang, oat, kacang polong, kacang hitam, kacang lima, kubis Brussel, dan alpukat, maka dapat membantu kendalikan kadar gula darah dan kolesterol sehingga bisa membantu mencegah komplikasi diabetes.

- Serat tidak larut. Serat ini bermanfaat mendukung sensitivitas insulin dan membantu menjaga kesehatan usus, yang terdapat dalam tepung gandum utuh, biji-bijian, dan kulit banyak buah dan sayuran.

4. Kelola Stres dengan Baik

Hal mengejutkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi kadar gula darah pada tubuh, karena ketika seseorang mengalaminya, maka tubuh akan mengeluarkan hormon glukagon dan kortisol.

Hormon glukagon dan kortisol tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah pada tubuh.

Baca Juga: Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

5. Tidur Cukup dan Berkualitas

Cara yang mungkin paling mudah untuk turunkan kadar gula darah pada penderita diabetes adalah memastikan tidur dengan jumlah cukup dan berkualitas.

Pasalnya, tidur cukup dan berkualitas dapat membantu menjaga kadar gula darah serta menjaga berat badan yang sehat. Begitupun sebaliknya, kurang tidur bisa berpotensi tingkatkan kadar hormon kortisol.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science21 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 September 2024, Sebelum Berakhir Pekan Yuk Cek Dulu Langit

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada 21 September 2024. | Foto: Pixabay/Vu-Manh-Tien
Nasional20 September 2024, 23:51 WIB

Calon Rektor UI, Prof. Heri Hermansyah Akan Bawa UI Jadi Mercusur Ilmu Pengetahuan

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU, adalah salah satu dari tiga calon rektor Universitas Indonesia (UI) untuk periode 2024-2029.
Calon Rektor Universitas Indonesia 2024-2029, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST, MEng, IPU | Foto : Capture video yutube UI
Sukabumi20 September 2024, 23:07 WIB

Kampanye Pilkades Pakai Dana Desa Lalu Kalah, Kades Citamiang Sukabumi Jadi Tersangka

Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi periode 2014-2019, Ajang Syihabudin (57 tahun) akhirnya diborgol polisi usai diduga melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) Dana Desa (DD) senilai Rp 201 juta.
Ajang Syihabudin (57 tahun) mantan Kepala Desa Citamiang, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi saat digiring polisi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi20 September 2024, 23:03 WIB

Motif Oknum Pengacara Tembak Pemilik Warkop di Sukabumi Pakai Revolver Rakitan

Polisi mengungkap motif oknum pengacara tembak pemilik warkop di Sukabumi pakai revolver rakitan sambil mabuk.
Barang bukti senpi yang diamankan polisi dari tangan pelaku penembakan pemilik warkop di Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin.
Sukabumi20 September 2024, 22:20 WIB

Polisi: Sebelum Ditangkap, Geng Motor Ngamuk di Cibadak Lalu Ribut di Parungkuda Sukabumi

Dua insiden penyerangan brutal melibatkan geng motor terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 19 September 2024. pertama berlangsung di kawasan Pasar Semi Modern Cibadak, kedua di Parungkuda beruap serangan balasan
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 21:56 WIB

Aula SMPN 06 Kalibunder Sukabumi Ambruk Terdampak Gempa Bandung

Disdik Kabupaten Sukabumi memastikan kejadian ambruknya bangunan aula sekolah ini tak menganggu kegiatan belajar mengajar.
Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang (berkacamata) saat meninjau langsung atap gedung aula SMPN 06 Kalibunder yang ambruk. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 September 2024, 21:14 WIB

Universitas Nusa Putra Sukses Jadi Tuan Rumah Klinik MBKM 2024 untuk PTS di Sukabumi & Cianjur

Sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul dalam mendorong akselerasi pembelajaran di luar program studi, Nusa Putra University sukses jadi tuan rumah klinik MBKM 2024.
Rektor Universitas Nusa Putra Dr. H. Kurniawan, ST., M.Si., MM. saat membuka Klinik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 September 2024, 20:34 WIB

Pelaku Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi Ditangkap, Senpi Rakitan Jadi Bukti

Polisi berhasil menangkap pelaku penembakan pemilik warkop di Gunungpuyuh Sukabumi.
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Rita Suwadi dan jajaran merilis kasus penembakan pemilik warkop. Pelaku yang merupakan oknum pengacara berhasil ditangkap dan dipamerkan dalam rilis. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih20 September 2024, 20:24 WIB

Rapatkan Barisan, Koalisi Targetkan Iyos-Zainul Menang Mutlak di Kandang Sendiri

Dengan semakin dekatnya Pilkada Kabupaten Sukabumi, partai koalisi pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Iyos Somantri - Zainul terus merapatkan barisan dan memanaskan mesin politik
Konsolidasi pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Iyos Somantri - Zainul di Pilkada Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Life20 September 2024, 20:00 WIB

Kabut Menyesatkan Hingga Kerajaan Gaib Pajajaran, 7 Cerita Misteri Gunung Salak

Gunung Salak ternyata menyimpan segudang cerita misteri yang telah berkembang di kalangan masyarakat dan para pendaki.
Gunung Salak ternyata menyimpan segudang cerita misteri yang telah berkembang di kalangan masyarakat dan para pendaki. | (Sumber : Pras131)