8 Makanan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Selasa 18 Juni 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung.(Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung.(Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita asam lambung perlu memperhatikan asupan makanan untuk mengurangi gejala dan mengelola kondisi mereka. Ini terkait dengan fakta bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan produksi asam lambung atau merangsang refluks asam dari lambung ke kerongkongan.

Asam lambung yang berlebihan dapat naik kembali ke kerongkongan, menyebabkan heartburn, rasa panas di dada, dan gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) lainnya.

Secara umum, makanan berlemak, asam, atau berkafein tinggi harus dihindari. Makanan yang dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah harus dihindari. Dihimpun dari laman pacehospital, makanan yang tidak aman dan sebaiknya dihindari untuk penyakit asam lambung adalah:

1. Minuman Berkafein

Kafein adalah stimulan alami yang paling umum ditemukan dalam kopi, teh, minuman ringan, dan minuman energi. Ia bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat, membantu Anda tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan.

Minuman berkafein memperburuk refluks asam, sekaligus kafein dapat menimbulkan efek samping negatif pada beberapa orang, termasuk kecemasan, kegelisahan, dan kesulitan tidur.

2. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah minuman yang mengandung CO2 terlarut. Bahan utama yang digunakan dalam minuman berkarbonasi adalah air, karbon dioksida, pemanis, penyedap rasa, pewarna, dan asam. Minuman berkarbonasi termasuk mata air, bir dan soda, atau pop.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk (jeruk, lemon, jeruk keprok, jeruk nipis, dan jeruk bali) lebih mungkin memicu gejala refluks asam. Asam yang terdapat dalam buah jeruk akan memicu gejala refluks karena mengendurkan sfingter esofagus dan memperburuk gejala.

Buah jeruk juga mengandung lebih banyak asam dibandingkan buah lainnya, yang akan menambah gejala kebanyakan orang.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan refluks asam dan menyebabkan kerusakan pada mukosa esofagus. Dalam banyak kasus, gejalanya dapat dikendalikan setelah benar-benar menghindari minuman beralkohol.

Jadi penderita refluks asam sering kali disarankan untuk menghindari alkohol atau mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang.

5. Cokelat

Mengonsumsi coklat dapat menyebabkan lonjakan serotonin dan menyebabkan sfingter esofagus menjadi rileks karena isi lambung meningkat. Cokelat juga mengandung kafein dan teobromin yang dapat meningkatkan gejala asam lambung.

6. Makanan yang Digoreng dan Berlemak

Makanan yang digoreng, berminyak, dan berlemak dapat menyebabkan sakit maag dan menyebabkan naiknya asam lambung karena makanan tersebut mencegah sfingter esofagus bagian bawah mengencang sepenuhnya.

Ini menciptakan celah bagi asam lambung untuk mengalir ke atas. Makanan berminyak dan berat lebih sulit dicerna; sehingga perut kosong lebih lambat sehingga bisa memicu sakit maag.

7. Tomat

Tomat mengandung dua jenis asam yakni asam sitrat dan asam malat, yang memicu mulas. Saat Anda mengonsumsi produk berbahan dasar tomat, perut Anda memproduksi asam lambung untuk memecah makanan yang ada di perut Anda.

8. Peppermint

Ini juga melemaskan sfingter antara esofagus dan lambung (sfingter esofagus bagian bawah), sehingga dapat menyebabkan refluks gastroesofageal dan mulas. Hal ini dapat memperburuk gejala refluks pada penderita hernia hiatus dan tidak mengherankan terjadi pada penderita penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Juli 2024, 08:00 WIB

6 Risiko Penyakit Akibat Kelebihan Berat Badan dan Obesitas, Ada Diabetes!

Mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mencegah berat badan naik, mencegah obesitas bertambah parah, atau bahkan menghilangkan resiko berat badan berlebihan.
Ilustrasi. Hampir 9 dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. (Sumber : Pexels/Vitaly Gariev)
Life03 Juli 2024, 07:00 WIB

8 Reaksi Mental Terhadap Trauma yang Harus Diwaspadai, Apa Kamu Mengalaminya?

Pengalaman traumatis menyisakan reaksi emosional atau fisik yang kuat setelah kejadian yang menyedihkan adalah hal yang wajar. Apa Kamu Mengalaminya?
Ilustrasi. Sendirian. Reaksi Mental Terhadap Trauma yang Harus Diwaspadai (Sumber : Pexels/Abu Shaer)
Food & Travel03 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat

Pilih pemanis alami seperti madu sebagai pengganti gula untuk membuat kue tart rendah kalori.
Ilustrasi. Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/Marko Klaric)
Science03 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Juli 2024, Langit Sukabumi Potensi Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa