Tinggi Purin, 5 Jenis Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat

Sabtu 15 Juni 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi makanan tinggi purin yang wajib dihindari oleh penderita asam urat (Sumber : Pexels.com/@MatheusWladeka)

Ilustrasi makanan tinggi purin yang wajib dihindari oleh penderita asam urat (Sumber : Pexels.com/@MatheusWladeka)

SUKABUMIUDPATE.com - Sudah jadi rahasia umum kalau penderita asam urat perlu menghindari beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi purin.

Makanan tinggi purin ini wajib dihindari para penderita asam urat agar kadar asam urat atau gout dalam tubuhnya tetap aman dan terkendali.

Asam urat sendiri merupakan zat sisa yang dihasilkan tubuh saat mencerna makanan tertentu, yang mana pada saat kadar asam urat naik akan membentuk kristal, maka terjadi penyakit menyakitkan berupa pembengkakan pada persendian.

Untuk itu, penderita asam urat perlu tahu jenis makanan yang wajib dihindari agar jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit tidak mengalami peradangan yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Dikutip dari lama halodoc, berikut 5 jenis makanan yang perlu dihindari penderita asam urat agar risiko terjadi pembengkakan menurun:

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi


1. Jeroan

Jeroan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dilarang dikonsumsi oleh penderita asam urat. Pasalnya, organ dalam hewan seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi yang lazim dikonsumsi berupa otak, hati, kelenjar timus, pankreas, dan ginjal ini tinggi zat purin.

Sehingga, para penderita asam urat wajib mengurangi atau menghilangkan kebiasaan konsumsi jeroan agar kadar asam urat dalam tubuh tetap aman dan terkendali.

2. Daging Merah

Kendati daging merah seperti kambing dan sapi mengandung protein hewani yang penting bagi tubuh, namun kedua jenis daging ini memiliki kandungan purin yang tinggi.

Sehingga, bagi penderita asam urat tinggi sebaiknya menghindari konsumsi daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti ayam atau protein nabati yang berasal dari tempe atau tahu.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

3. Makanan Laut

Meskipun makanan laut atau seafood tinggi protein, namun penderita asam urat perlu menghindari beberapa jenis seafood agar kadar asam urat tetap terjaga.

Ikan sarden, teri, udang, kepiting, dan kerang diketahui tinggi purin, sehingga tidak aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, ikan salmon dapat dikonsumsi karena ikan jenis ini memiliki kadar purin yang tergolong rendah.

4. Alkohol

Salah satu minuman yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat adalah alkohol karena secara umum, jenis minuman ini dapat menghambat proses ginjal dalam menghilangkan asam urat, menariknya kembali ke tubuh, sehingga menumpuk hingga memicu asam urat.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah, Bebas Diabetes!

5. Minuman Manis

Minuman kemasan dengan kadar gula tinggi juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Karena fruktosa yang terdapat di dalamnya dapat merangsang produksi asam urat secara berlebihan.

Selain minuman kemasan, fruktosa juga terdapat di dalam beberapa buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang seperti apel, pir, kurma, dan anggur.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)