Idul Adha Siap Nyate? 8 Manfaat Daging Kambing yang Jarang Diketahui

Jumat 14 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Daging kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. (Sumber : Pixabay.com/@saesherra).

Ilustrasi - Daging kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. (Sumber : Pixabay.com/@saesherra).

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Raya Idul Adha adalah salah satu perayaan umat Muslim selain Idul Fitri. Namun, pada Idul Adha orang-orang sering menyebutnya sebagai lebaran haji yang identik dengan pemotongan hewan kurban.

Pemotongan hewan kurban menjadi rangkaian perayaan Hari Raya Idul Adha yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, disini akan dilakukan penyembelihan seekor kambing maupun sapi yang nantinya dagingnya akan dibagikan kepada orang-orang.

Berbicara soal daging, apakah kamu tahu jika daging kambing khususnya memiliki beragam manfaat kesehatan? Ya, daging kambing merupakan sumber protein, Vitamin B12 dan Vitamin A yang sangat baik. 

Daging kambing termasuk salah satu protein dengan kualitas terbaik dan daging jeroan kambing merupakan sumber zat besi yang baik. Meskipun mengandung kolesterol karena merupakan daging merah, masyarakat harus menjaga porsinya saat mengonsumsinya. 

Dihimpun dari laman NDTV, berikut adalah beberapa manfaat dari daging kambing bagi kesehatan.

 

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan di Hari Raya Idul Adha

1. Daging Kambing Merupakan Daging Merah dengan Sejumlah Manfaat Kesehatan

Daging kambing adalah sumber protein hewani yang menyediakan nutrisi penting bagi tubuh. Dengan konsumsi yang sewajarnya, daging kambing dapat mendukung berbagai fungsi tubuh yang sehat.

2. Rendah Kalori, Lemak Jenuh, dan Kolesterol

Dibandingkan dengan daging merah lainnya seperti sapi, kuda atau babi, daging kambing memiliki kandungan kalori, lemak jenuh, dan kolesterol yang lebih rendah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih sehat bagi mereka yang ingin mengontrol asupan lemak jenuh dan kolesterol.

3. Mengurangi Peradangan

Daging kambing mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Konsumsi daging kambing yang moderat dapat berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit inflamasi.

4. Kaya Akan Zat Besi

Daging kambing merupakan sumber zat besi yang baik, yang penting untuk produksi hemoglobin dan fungsi sel darah merah. Ini membantu mencegah anemia dan mendukung sistem peredaran darah yang sehat.

5. Tinggi Kalium dan Rendah Natrium

Daging kambing memiliki kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Kalium adalah mineral penting yang membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal dan mendukung fungsi otot dan saraf yang sehat.

6. Lebih Ramping dan Rendah Kalori

Daging kambing dikenal lebih ramping dibandingkan dengan daging merah lainnya, seperti sapi atau babi, yang berarti kandungan lemaknya lebih rendah. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan ideal.

7. Kandungan Vitamin B12 yang Tinggi

Vitamin B12 dalam daging kambing membantu menjaga kesehatan darah dan sel saraf tubuh. Vitamin ini esensial untuk produksi DNA dan fungsi neurologis yang optimal.

8. Kaya Fosfor untuk Kesehatan Tulang

Daging kambing juga kaya akan fosfor, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor bekerja bersama kalsium untuk membangun dan memelihara struktur tulang yang kuat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).