Singkirkan Rasa Sakitnya Sampai Hilang, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Kamis 13 Juni 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

Ilustrasi - Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotik, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat atau gout adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dan sering terjadi secara tiba-tiba, biasanya menyerang pada malam hari.

Perawatan untuk serangan asam urat termasuk seperti obat-obatan yang dijual di apotik dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpendek durasi serangan. Namun perlu diingat jika ingin menggunakan obat asam urat yang dijual di apotik ini dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan.

Berikut ada beberapa obat asam urat di apotik yang bisa Anda coba, dihimpun dari laman verrywellhealth dan Alodokter.

Untuk Meredakan Nyeri Sendi

1. Kolkisin atau Colchicine

Colchicine ( kolkisin) adalah salah satu obat utama yang digunakan untuk mengobati serangan asam urat akut dan mencegah terjadinya serangan asam urat. Ini merupakan pilihan yang sangat penting bagi mereka yang tidak dapat menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat antiinflamasi standar yang dijual bebas.

Colchicine diresepkan oleh penyedia layanan kesehatan. Dosisnya akan bergantung pada faktor-faktor yang mencakup profil alergi Anda serta fungsi ginjal dan hati. Jika diminum lebih awal dan sesuai resep penyedia layanan kesehatan Anda, colchicine dapat meredakan gejala Anda dengan cepat dan menyeluruh.

2. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

NSAID seperti Advil atau Motrin (ibuprofen) dan Aleve (naproxen) sudah tersedia karena dapat dibeli tanpa resep. Oleh karena itu, obat ini adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk serangan asam urat akut. Indocin (indometasin) adalah NSAID yang tersedia dengan resep untuk asam urat.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai NSAID OTC untuk menentukan apakah obat tersebut sesuai untuk Anda, dosis yang tepat, dan potensi efek samping. Setelah gejalanya hilang, Anda harus menghentikan pengobatan ini.

3. Kortikosteroid

Glukokortikoid oral seperti prednison dan prednisolon adalah steroid yang mungkin diresepkan untuk penyakit asam urat. Obat ini sama efektifnya dengan NSAID dan colchicine. Perawatan seringkali memerlukan minum pil sekali atau dua kali sehari.

Sebagai catatan, jika Anda sering mengalami serangan asam urat, NSAID dan colchicine mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk membatasi toksisitas terkait steroid, yang dapat mencakup peningkatan gula darah dan tekanan darah, peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan, perubahan suasana hati/kecemasan, insomnia, dan penurunan tulang. kepadatan mineral.

Untuk Meredakan dan Menurunkan Kadar Asam Urat

4. Allopurinol

Allopurinol adalah pengobatan pencegahan asam urat jangka panjang. Obat ini diresepkan secara teratur untuk menghentikan serangan asam urat dan mencegah kerusakan sendi.

Allopurinol merupakan obat asam urat di apotik yang bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah. Setelah asam urat rendah atau normal, kristal berhenti terbentuk, dan kristal yang ada akan larut secara perlahan.

Kristal urat mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk larut, namun serangan asam urat dan kerusakan sendi tidak lagi terjadi setelah kadarnya cukup rendah.

5. Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat di apotik yang bekerja mencegah penyerapan asam urat di ginjal. Dengan cara ini, kelebihan asam urat dikeluarkan melalui urin.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, beritahu dokter tentang kondisi Anda sebelum mengonsumsi obat ini. Ada baiknya juga Anda untuk minum 3 liter air setiap hari saat mengonsumsi obat ini untuk mencegah batu ginjal.

6. Febuxostat

Febuxostat adalah salah satu jenis obat asam urat di apotik. Seperti kedua obat sebelumnya, febuxostat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat ini secara umum masih aman bagi penderita penyakit ginjal atau hati yang ringan. Untuk mendapatkan obat ini di apotik, Anda tetap harus membelinya dengan resep dokter.

Catatan: Hampir semua obat asam urat, termasuk obat asam urat yang dijual bebas, tetap memerlukan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam urat, segera temui dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)