Cocok Buat Penderita Diabetes, 6 Buah Enak Ini Aman Untuk Kadar Gula Darah

Kamis 13 Juni 2024, 19:15 WIB
Ilustrasi Beberapa buah yang enak dan aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

Ilustrasi Beberapa buah yang enak dan aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang penderita diabetes terkadang sangat takut memakan makanan enak atau manis termasuk buah, karena tidak ingin kadar gula darah naik secara tiba-tiba.

Padahal, tidak semua buah bisa berbahaya dan menyebabkan kadar gula darah tinggi atau melonjak. Ada beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Apalagi bagi penderita diabetes yang menjalankan diet demi menurunkan kadar gula darah. Buah menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk jadi cemilan di sela-sela waktu makan.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Ada beberapa buah enak yang aman untuk kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, wajib bisa memilih buah mana yang aman dikonsumsi sehari-hari. Dikutip dari laman eatingwell.com, ada 6 buah enak yang bisa dan aman dikonsumsi bagi mereka yang menjaga kadar gula darah.

Buah Enak dan Aman Untuk Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh, lemak yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Uji klinis di tahun 2019 menemukan bahwa mengkonsumsi setengah atau seluruh alpukat saat sarapan bisa menurunkan respons glukosa dan insulin partisipan jika dibandingkan dengan sarapan tinggi karbohidrat serta rendah lemak.

2. Pisang

Pisang disebut sebagai salah satu buah populer yang tidak ramah untuk penderita diabetes. Namun, jangan menyerah pada pernyataan tersebut. Karena pisang hijau yang belum matang merupakan sumber pati resisten baik, seratnya terbukti bisa menurunkan kadar gula darah dan melawan resistensi insulin.

Seperti halnya semua makanan, ukuran porsi penting. Ahli kesehatan merekomendasikan memilih pisang yang lebih kecil, idealnya berukuran di bawah 6 atau 7 inci, untuk keseimbangan gula darah dan memasangkannya dengan sumber protein dan/atau lemak sehat.

3. Mangga

Segar dan lezat, mangga adalah buah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Meskipun beberapa orang menyebut mangga sebagai buah terlarang jika menderita diabetes, namun ahli diet mengatakan bahwa satu porsi (3/4 cangkir) mangga menyediakan 7% kebutuhan serat harian tubuh. Dalam prosesnya serat akan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah agar bisa mengelola kadar gula darah.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

4. Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya, namun satu buah jeruk ukuran sedang mengandung kurang lebih 3 gram serat. Serat makanan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan dapat membantu mendukung pengelolaan berat badan serta kadar gula darah.

Ditambah lagi, Anda tidak bisa membandingkan jeruk utuh dengan jus jeruk. Karena jeruk yang sudah dibuat jus hampir tidak mempunya kandungan serat. Jika menderita diabetes, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memadukan jeruk dengan protein agar respons gula darah lebih stabil.

5. Prune/Plum

Bertentangan dengan pendapat umum, tidak harus menghindari buah kering jika Anda menderita diabetes. Penderita diabetes sering mengira buah-buahan kering mengandung terlalu banyak gula dan perlu dihindari, padahal hal itu tidak benar.

Misalnya, prune atau plum kering tidak mengandung tambahan gula dan merupakan buah kering dengan gula paling rendah. Dengan 3 gram serat alami, plum dapat mendukung kesehatan usus dan keseimbangan kadar gula darah.

6. Semangka

Walaupun semangka terasa sangat manis dan menyegarkan, sebenarnya tidak semua buah ini mengandung gula. Karena menurut ahli kesehatan, satu cangkir semangka yang dipotong dadu mengandung 9 gram gula alami, lebih sedikit dari kandungan gula 1 cangkir apel yang diiris.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ahli diabetes, dan ahli diet perlu dilakukan jika ragu pada seberapa banyak Anda boleh mengkonsumsi buah-buahan di atas, sebab kondisi kadar gula darah tiap orang bisa jadi berbeda-beda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 12:30 WIB

10 Ciri Pasangan yang Tidak Gampang Putus dalam Menjalani Hubungan

Pasangan yang tidak gampang putus dalam hubungan adalah mereka yang memiliki fondasi yang kuat dan berusaha keras untuk mempertahankan hubungan mereka.
Ilustrasi - Pasangan yang tidak gampang putus dalam hubungan adalah mereka yang memiliki fondasi yang kuat dan berusaha keras untuk mempertahankan hubungan mereka. (Sumber : Pixabay.com/sasint).
Food & Travel04 Juli 2024, 12:29 WIB

13 Tempat Makan Kekinian di Kota Sukabumi, Lezat Nyaman dan Instagramable

Dari desain interior yang Instagramable hingga menu makanan yang inovatif dan lezat, setiap tempat ini menjanjikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.
Daftar tempat makan kekinian di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 12:09 WIB

Minta Dihukum Berat! Keluarga Korban Pembunuhan di Gegerbitung Sukabumi Apresiasi Pelaku Ditangkap

“Kami berharap kedua pelaku bisa dihukum berat dan maksimal atas perbuatannya terhadap istri dan ibu dari anak-anak kami,” tegas Entang.
Kapolres Sukabumi dan Kapolsek Gegerbitung dalam konprensi pers pelaku pembunuhan wanita cianjur (Sumber: SU/Ilyas)
Entertainment04 Juli 2024, 12:00 WIB

Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024

Jin BTS dikabarkan akan berpartisipasi sebagai pembawa obor mewakili Korea Selatan dalam estafet di Olimpiade Musim Panas Paris 2024, yang direncanakan pada 27 Juli 2024.
Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024 (Sumber : Instagram/@jin)
Nasional04 Juli 2024, 11:51 WIB

Dirjen Aptika Kemenkominfo Mundur Setelah PDNS Diretas Hacker

Semuel mengundurkan diri karena punya tanggung jawab moral sebagai direktur.
Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. | Foto: Kominfo
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)