6 Pengobatan Asam Urat Paling Ampuh Menurut Anjuran Dokter, Yuk Terapkan

Kamis 13 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi Pengobatan asam urat yang efektif menurut anjuran dokter (Sumber : Pexels.com/@Polina Tankilevitch)

Ilustrasi Pengobatan asam urat yang efektif menurut anjuran dokter (Sumber : Pexels.com/@Polina Tankilevitch)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengobatan asam urat yang tepat tentu saja akan membantu mengurangi resiko nyeri pada sendi-sendi tubuh.

Itu berarti, pengobatan yang tepat sesuai dengan anjuran dokter, baik dalam mengkonsumsi obat kimia maupun alami merupakan langkah cermat yang harus diambil penderita asam urat.

Lantas, bagaimana pengobatan asam urat yang tepat sebagaimana anjuran dokter? Yuk simak ulasan berikut mengutip dari laman dkonsul.com!

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Rutin mengkonsumsi air mineral yang banyak adalah suatu keharusan bagi penderita asam urat. Sebab, air akan melarutkan asam urat dalam darah sampai membuangnya melalui urin.

Untuk itu, aturan yang tepat bagi penyakit ini yaitu minum 8 gelas sehari. Hindari sedikit konsumsi air agar tidak mengalami dehidrasi, di mana bisa memicu serangan asam urat.

2. Oleskan Es di Area Sendi yang Sakit

Ketika bagian sendi yang terkena asam urat dikompres dengan es, maka akan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Untuk itu, coba pakai kantong es dan bungkus dengan kain, lalu oleskan ke area yang sakit selama setengah jam.

Jadi, langkah ini merupakan pengobatan yang sederhana untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman pada sendi yang meradang.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

3. Kelola Stres

Pastikan pikiran terhindar dari stres agar asam urat tidak kumat. Karena membiarkan diri sering stres akan memicu bahaya bagi persendian. Maka dari itu, penting untuk merutinkan olahraga, relaksasi, meditasi, atau jenis gerakan fisik lainnya yang bisa mengelola stres.

4. Hindari Makanan & Minuman Tinggi Purin

Konsumsi makanan dan minuman perlu diperhatikan bagi penderita asam urat, apalagi yang mengandung purin. Karena bahayanya langsung meningkatkan kadar asam urat. Adapun jenis makanan yang perlu dihindari, seperti daging merah, jeroan, makanan seafood, dan minuman manis.

Penderita asam urat perlu menggantinya dengan makanan dan minuman sehat untuk bisa dikonsumsi setiap hari, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

5. Minum Air Lemon

Penting diketahui bahwa rupanya air lemon mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Hal itu dikarenakan terdapat kandungan vitamin C dalam lemon yang bisa meningkatkan ekskresi asam urat lewat urin.

Untuk cara mengkonsumsinya, cukup mudah yaitu peras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air. Kemudian, rutin minum air lemon setiap pagi guna turunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

6. Batasi Alkohol

Salah satu pengobatan asam urat adalah menghindari alkohol. Sebab, kandungan alkohol bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Apalagi bahayanya bisa mempercepat pembentukan kristal asam urat di sendi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)