6 Rekomendasi Teh Herbal bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Gula Darah

Kamis 13 Juni 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi Daftar teh herbal yang aman dikonsumsi penderita diabetes guna menurunkan gula darah (Sumber : Pexels.com/@ Charlotte May)

Ilustrasi Daftar teh herbal yang aman dikonsumsi penderita diabetes guna menurunkan gula darah (Sumber : Pexels.com/@ Charlotte May)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengkonsumsi teh sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang, termasuk membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kandungan senyawa di dalam teh juga akan membantu melawan kerusakan sel dan mengurangi resiko peradangan, terlebih bagi yang kencing manis.

Untuk itu, berikut rekomendasi teh yang cocok dikonsumsi penderita diabetes guna mengontrol lonjakan kadar gula darah merangkum dari laman hallosehat.com:

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

1. Teh Hijau

Teh hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh, manfaatnya berguna untuk membantu mengurangi kerusakan sel, gula darah terkontrol dalam tubuh, dan resiko peradangan berkurang.

Selain itu, di dalam teh hijau terdapat kandungan epigallocatechin gallate yang bisa membantu merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel otot rangka, sehingga membuat gula darah tetap aman.

2. Teh Hitam

Studi yang dilakukan Asia Pacific Journal Of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa teh hitam berguna untuk menurunkan lonjakan kadar gula darah terhadap orang yang prediabetes. Sejumlah eksperimen pada tikus juga berhasil menunjukkan fungsi teh yang menjaga stabilitas gula darah.

Hal ini dikarenakan di dalam teh hitam memiliki kandungan senyawa kuat, seperti theaflavin dan thearubigins yang bersifat antioksidan, anti peradangan, dan menurunkan kadar gula darah pada seseorang.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

3. Teh Putih

Teh putih sejatinya mirip dengan teh hijau, karena keduanya berasal dari tanaman yang sama, yaitu camellia sinensis. Perbedaannya, teh hijau diambil dari daunnya yang sudah cukup matang. Sedangkan teh putih diambil dari pucuk dan daunnya yang masih muda.

Berdasarkan studi Phytomedicine, manfaat teh putih antara lain, seperti meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan gula darah. Adapun penelitian ini sudah dibuktikan dengan eksperimen percobaan pada tikus dengan diabetes.

4. Teh Kamomil

Teh kamomil sangat kaya manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu mengobati kejang otot, menstruasi, hingga demam. Selain itu, rupanya teh ini juga berguna menurunkan gula darah, jadi cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Selain itu, fungsi lainnya adalah bisa melawan stres akibat radikal bebas.

5. Teh Hibiscus

The Hibiscus atau kembang sepatu sangat baik ketika diolah menjadi teh herbal yang salah satu manfaat kesehatannya adalah mengatasi diabetes, yakni mengendalikan tekanan darah tinggi.

Studi Irian Journal of Medical Sciences menjelaskan, orang yang minum 150 ml teh hibiscus, secara rutin tiga kali sehari dalam sebulan, memiliki efek positif bagi resistensi insulin untuk penderita diabetes melitus tipe 2.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

6. Teh Oolong

Teh oolong berperan untuk mencegah terjadinya komplikasi bagi penderita penyakit diabetes. Sehingga cocok untuk penurun kadar gula darah. Oleh karena itu, teh ini cocok menjadi minuman untuk kesehatan penderita diabetes agar terkontrol dengan baik.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment04 Juli 2024, 12:00 WIB

Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024

Jin BTS dikabarkan akan berpartisipasi sebagai pembawa obor mewakili Korea Selatan dalam estafet di Olimpiade Musim Panas Paris 2024, yang direncanakan pada 27 Juli 2024.
Jin BTS Dikabarkan Menjadi Pembawa Obor Pada Olimpiade Musim Panas Paris 2024 (Sumber : Instagram/@jin)
Nasional04 Juli 2024, 11:51 WIB

Dirjen Aptika Kemenkominfo Mundur Setelah PDNS Diretas Hacker

Semuel mengundurkan diri karena punya tanggung jawab moral sebagai direktur.
Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. | Foto: Kominfo
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI