Kenali 8 Tanda Tubuh Alami Kelebihan Gula Darah, Cek Sebelum Kena Diabetes!

Kamis 13 Juni 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi Sejumlah ciri umum orang yang tubuhnya mengalami kelebihan gula darah (Sumber : Pexels.com/@RDNE Stock project)

Ilustrasi Sejumlah ciri umum orang yang tubuhnya mengalami kelebihan gula darah (Sumber : Pexels.com/@RDNE Stock project)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang terkadang tidak sadar atau terlalu sepele dengan kondisi kesehatannya, sampai lupa bahwa dirinya sudah kelebihan gula darah alias gula darah tinggi.

Padahal, kondisi seperti ini tidak layak diremehkan. Sebab, akibat dari kelalaian pada masalah ini akan memicu terjadinya penyakit diabetes di kemudian hari.

Untuk itu, penting mengantisipasi lebih awal, apa saja kira-kira gejala atau tanda saat tubuh sudah kelebihan gula darah. Dilansir dari klikdokter.com, berikut 8 ciri tubuh mengalami kelebihan gula darah:

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

1. Berat Badan Turun Meski Sering Makan

Salah satu tanda gula darah tinggi adalah meningkatnya rasa lapar lebih dari biasanya meskipun sudah sering makan. Harusnya, konsumsi makan yang banyak akan membuat berat badan naik, namun gejala ini menjadikan penderita mengalami penurunan berat badan. Selain itu, si penderita biasanya juga akan merasakan otot lemah dan sering terjatuh.

2. Mudah Lelah

Pada umumnya, kondisi tubuh orang yang mengalami gula darah tinggi akan rentan lelah dari biasanya. Sebab, kondisi demikian mendorong tubuh tidak memproses insulin dengan benar, di mana perannya bisa mengubah gula menjadi energi. Akibat dari itu, sel-sel di dalam tubuh kekurangan makanan, sehingga kerap merasakan lelah dari biasanya.

3. Penglihatan Mulai Kabur

Tanda lain adalah penglihatan mulai kabur alias tidak fokus saat melihat objek tertentu. Tingginya kadar gula darah akan memicu bengkaknya lensa mata oleh sebab cairan menjadi bocor. Ketika penglihatan kabur, biasanya akan menyebabkan kepala rentan sakit atau pusing.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

4. Luka Lama Sembuh

Naiknya gula darah akan membuat luka di kulit lama sembuh atau hilang, seperti memar, koreng, atau benjolan. Sebab, kerusakan saraf yang terjadi akibat tidak cukupnya aliran darah ke darah tersebut.

5. Kesemutan atau Mati Rasa

Seperti dalam penjelasan di atas, gula darah tinggi akan memicu rusaknya saraf seseorang. Kondisi ini akan menjadi penyebab orang tersebut mengalami kesemutan atau mati rasa di kaki atau tangannya.

6. Infeksi Ragi Lebih Sering

Kondisi kadar gula darah tinggi bisa memicu infeksi jamur genital. Ini biasanya akan menyerang area kemaluan. Untuk wanita akan merasakan rasa gatal, nyeri saat berhubungan intim dan buang air kecil. Pria dengan status tidak disunat juga berpotensi mendapati resiko infeksi jamur ini.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

7. Gusi Mudah Bengkak atau Berdarah

Tanda lain gula darah tinggi adalah gusi mudah bengkak dan berdarah. Kondisi ini disebabkan air liur mengandung glukosa dan banyaknya bakteri yang bergabung dengan makanan di mulut, sehingga gusi rentan sakit. Adapun gejalanya, biasanya gusi meradang atau merah.

8. Disfungsi Ereksi

Pria dengan riwayat diabetes akan lebih potensial mengembangkan disfungsi ereksi ketimbang pria yang bebas diabetes. Termasuk pria yang gula darahnya naik meski tidak sedang mengalami diabetes. Kondisi ini tentu saja disebabkan hiperglikemia merusak pembuluh darah yang dibutuhkan untuk pertahankan ereksi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi