Patut Dicoba! 5 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Cukup Konsumsi Jus Lemon

Selasa 11 Juni 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi jus lemon sebagai salah satu obat alami untuk menyembuhkan asam urat (Sumber : Pexels.com/@ROMAN ODINTSOV)

Ilustrasi jus lemon sebagai salah satu obat alami untuk menyembuhkan asam urat (Sumber : Pexels.com/@ROMAN ODINTSOV)

SUKABUMIUPDATE.com – Salah satu penyakit yang begitu menyiksa adalah asam urat tinggi dalam tubuh. Asam urat sendiri merupakan zat yang dihasilkan tubuh secara alami untuk mengurai zat purin dalam makanan.

Dalam prosesnya, asam urang yang tidak terpakai akan langsung dibuang oleh melalui urine dan feses. Yang jadi masalah, asam urat bisa jadi bahaya ketika produksinya terlalu banyak dan ginjal tidak mampu membuang zat yang dihasilkan.

Sehingga, asam urat yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan kristal padat di sendi, lalu menimbulkan peradangan dan penyakit asam urat.

Meskipun banyak obat asam urat yang dijual bebas dan bisa meredakan penyakit tersebut, namun beberapa orang lebih memilih untuk mengobatinya secara alami.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan asam urat yang ampuh tanpa obat? Berikut rangkumanya, seperti dikutip dari laman halodoc:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Jahe

Selain sebagai bumbu rempah dalam masakan tertentu, jahe merupakan obat alami yang disarankan untuk meredakan peradangan.

Menurut studi berjudul Benefit of Red Ginger (Zingiber officinale Roscoe) against Levels of Uric Acid yang dipublikasikan di jurnal Agromedicine, di dalam jahe merah memiliki volatile oil dan non-volatile oil yang bisa menurunkan kadar asam urat darah di dalam tubuh.

Itu berarti khasiat jahe dalam membantu mengatasi penyakit asam urat sudah tercatat dengan baik. Selain itu, manfaat lain dari tanaman ini dipercaya dapat meredakan nyeri karena penghambatan pada jalur siklooksigenase, sehingga prostaglandin dapat dihambat.

Bagi Anda yang ingin mengurangi rasa sakit akibat asam urat, rebus air dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut, begitu dingin tempelkan lap itu sebagai kompresan ke area yang terasa sakit. Lakukan cara ini setidaknya sekali sehari selama 15 - 30 menit.

Selain dengan cara demikian, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai minum dengan merebusnya rebusan jahe, menggunakan cara seperti ini yaitu rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit, lalu diminum 3 cangkir sehari tapi tidak sekaligus.

2. Jus Ceri

Menurut studi pada jurnal Hindawi yang berjudul Effectiveness of Cherries in Reducing Uric Acid and Gout: A Systematic Review, mengkonsumsi ceri dan minum jus ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada pengidap asam urat.

Warna merah dari buah ceri berasal dari kandungan anthocyanin, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi, yang sekaligus juga merupakan sumber serat dan vitamin C baik.

Kendati demikian, masih perlu studi lebih lanjut untuk menentukan efek jangka panjang dari asupan ceri pada kadar asam urat. Namun, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi ceri sebagai obat alami asam urat tanpa pemanis tambahan.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

3. Seledri

Ekstrak dan biji sayuran seledri sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. Menurut jurnal ilmiah berjudul Efektifitas Air Rebusan Daun Seledri Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara yang dipublikasikan oleh Borneo Student Research, memberitahu bahwa seledri dapat mengurangi peradangan seta menurunkan kadar asam urat.

Bagi Anda penderita asam urat bisa memperbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

4. Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami rumahan yang sering direkomendasikan dalam mengobati penyakit asam urat. Apabila ketiganya digabungkan, maka bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat tanpa obat.

Bagi Anda yang mau mencoba bisa meramunya dengan cara:

Campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Kemudian, tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel ke dalamnya. Habis itu minum sebanyak 2-3 kali sehari.

5. Vitamin C

Vitamin C dipercaya mampu membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Role of Vitamin C in Prophylaxis and Treatment of Gout—A Literature Review yang dipublikasikan di MDPI Journal, mengkonsumsi vitamin C secara rutin setiap hari dapat mencegah perkembangan dan kekambuhan asam urat.

Selain untuk mengatasi penyakit asam urat, vitamin C juga baik bagi kesehatan wajah dan bisa mengatasi penuaan dini.

Baca Juga: Bebas Diabetes, Ini 9 Camilan Tinggi Serat yang Ramah Untuk Kadar Gula Darah

Inilah 5 cara menyembuhkan asam urat tanpa obat. Namun, apabila cara-cara di atas tidak mampu meredakan gejala asam urat, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat-obatan agar bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi