Bebas Penyakit Jantung, Ini 7 Jus Sayuran Untuk Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Selasa 11 Juni 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi Beberapa jus sayuran yang ampuh untuk turunkan kadar kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Beberapa jus sayuran yang ampuh untuk turunkan kadar kolesterol tinggi (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah besar orang di seluruh dunia bergulat dengan kolesterol tinggi. Sangat penting untuk selalu memeriksa kadar kolesterol, khususnya LDL (kolesterol 'jahat'), agar bisa menghindari masalah jantung dan masalah kesehatan terkait lainnya.

Pola makan bergizi memainkan peran penting dalam menjaga kolesterol secara alami. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi jus sayuran yang dapat turunkan kadar kolesterol tinggi.

Mengutip dari artikel pada laman thehealthsite.com, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam aliran darah. Kondisi ini terkenal meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah, Bebas Diabetes!

Kolesterol tinggi seringkali berasal dari berbagai faktor seperti kecenderungan genetik, kebiasaan makan, pilihan gaya hidup, dan masalah kesehatan yang ada. Oleh karena itu, perlu menanganinya secara tepat.

Dikutip dari laman yang sama, ada 7 macam jus sayuran yang bermanfaat dan bisa turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Berikut diantaranya:

1. Jus Bayam

Bayam merupakan sayuran berwarna hijau yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Menambahkan sayuran hijau ini ke dalam daftar asupan harian dalam bentuk jus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, berkat kandungan seratnya tinggi yang mengikat kolesterol di usus kita, sehingga menghentikannya bercampur dengan darah kita.

2. Jus Bit

Sebagai sayuran berwarna merah yang terkenal dengan rona cerah dan manfaatnya yang tak terhitung jumlahnya, bit adalah sayuran berikutnya yang wajib dicoba ketika berencana mengelola kadar kolesterol secara alami melalui pola makan.

Jus bit memiliki senyawa yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik. Bit memiliki kandungan nitrat tinggi yang berkontribusi terhadap aliran darah yang lebih baik dan kesehatan jantung yang kuat.

3. Jus Wortel

Wortel, yang terkenal dengan kandungan beta-karotennya cukup tinggi, adalah kuncinya. Beta-karoten ini diubah menjadi vitamin A dan mengatur kadar kolesterol. Jus wortel yang kaya antioksidan juga membantu mengurangi peradangan dan kadar kolesterol.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

4. Jus Kangkung

Rendah kalori namun tinggi nutrisi, kangkung sang superfood jika di jus dapat mengontrol kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Serat dan antioksidan kangkung yang tinggi membuatnya ideal untuk kesehatan jantung.

5. Jus Seledri

Seledri, yang menjadi favorit di dunia pembuatan jus, mengandung phthalides, senyawa yang mengendurkan arteri, dan menurunkan tekanan darah, sebuah langkah penting dalam mencegah kondisi kardiovaskuler yang berhubungan dengan kolesterol tinggi.

6. Jus Timun

Mentimun yang kaya akan hidrasi dan rendah kalori, dapat dibuat menjadi jus yang enak dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol karena kandungan serat dan antioksidannya. Mentimun memiliki sterol tumbuhan yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Mencegah Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat, Cukup Di Rumah!

7. Jus Bawang Putih

Bawang putih, bahan super dengan khasiat obat, dapat dibuat jus untuk meningkatkan efeknya dalam mengurangi kolesterol dan peradangan tubuh. Allicin, salah satu komponen dalam bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih jadi pilihan yang sangat baik untuk diet berorientasi kolesterol.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel02 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Vegetable Soup, Cara Membuat Sup Sayuran yang Aman untuk Asam Urat

Dalam mengendalikan asam urat, makanan berprotein tinggi meningkatkan kadar asam urat dalam darah, dan harus dihilangkan dari pola makan.
Ilustrasi. Di masa lalu, pengobatan asam urat mencakup pembatasan pola makan yang ketat. (Sumber : Freepik/freepik)
Science02 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Juli 2024, Semua Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Sukabumi01 Juli 2024, 22:03 WIB

Idap Tumor Ganas di Wajah, Kakek Asal Parakansalak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sejak awal tahun 2023, kondisi kesehatan Kakek Madron terus memburuk, membuat aktivitasnya sangat terbatas. Wajahnya mengalami pembengkakan yang semakin membesar
Kakek Madron (69 tahun) warga Parakansalak Sukabumi mengidap tumor ganas di wajah | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel01 Juli 2024, 21:31 WIB

Mengenal Bakar Tongkang, Tradisi Tionghoa di Bagansiapiapi Riau yang Jadi Event Nasional

Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, tiap tahunnya menyedot puluhan ribu wisatawan, baik lokal dan wisatawan mancanegara.
Prosesi pembakaran replika tongkang di Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau. (Sumber : SU/Denis)
Sehat01 Juli 2024, 21:00 WIB

Cara Membuat Teh Jahe Segar untuk Mengobati Asam Urat, Simpel dan Mudah!

Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan.
Ilustrasi. Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi01 Juli 2024, 20:29 WIB

Dinkes Temukan Bakteri Di Sampel Makanan Keracunan Massal Sagaranten Sukabumi

Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten, Sudarna Sukmana, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima hasil Labkesda Provinsi Jawa Barat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Dinas Kesehatan Sukabumi sudah menerima hasil labkesda terkait sampel makanan keracunan massal di Sagaranten Sukabumi | Foto : Ilustrasi / Pixabay
Sehat01 Juli 2024, 20:00 WIB

Asam Urat Gak Serem Lagi: 13 Cara Alami Mencegahnya Agar Tidak Kembali

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Pexels.com/@Anna Tarazevich).
Sukabumi01 Juli 2024, 19:59 WIB

Sidat Banyak Diburu Di Sungai-sungai Sukabumi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ikan sidat atau lubang banyak ditemukan di sejumlah sungai yang berada di Sukabumi. Lalu, kenapa banyak yang berburu ikan sidat. Apa manfaat dan kelebihannya.
Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Gadget01 Juli 2024, 19:00 WIB

10 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Secara Efektif, Jadi Lancar Kembali Loh!

Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda.
Ilustrasi - Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi01 Juli 2024, 18:50 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cibadak Lakukan Pemeliharaan Jaringan Pipa

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi cabang Cibadak melaksanakan pemeliharaan jaringan pipa berdiameter 6 inci di Jalan Karangtengah, Desa Karangtengah
Petugas Perumdam TJM Cibadak saat memperbaiki pipa pelayanan air minum di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024) | Foto : Dok. Perumdam TJM