Yuk Coba, 6 Diet Sehat Tinggi Serat bagi Penderita Diabetes Atasi Lonjakan Gula Darah

Senin 10 Juni 2024, 19:15 WIB
Ilustrasi makanan diet sehat tinggi serat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah (Sumber : Pexels.com/@JillWellington)

Ilustrasi makanan diet sehat tinggi serat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah (Sumber : Pexels.com/@JillWellington)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola diabetes bukan sekadar mencakup mengatur pola makan secara berkala, namun lebih ke memprioritaskan makanan sehat yang bisa atasi lonjakan gula darah.

Untuk mengatasi lonjakan gula darah pada penderita diabetes memang memerlukan pendekatan komprehensif, dan pola makan memainkan peran penting, salah satunya dengan menjalani diet sehat.

Jika Anda menderita diabetes, yuk praktekkan 6 diet sehat tinggi serat berikut untuk mengatasi lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba, dikutip dari laman healthshots:

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

1. Diet Mediterania

Terkenal karena manfaatnya yang menyehatkan jantung, diet Mediterania kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Karena kaya akan serat dan antioksidan, ini membantu mengatur kadar gula darah serta meningkatkan kesehatan jantung, sehingga ideal untuk manajemen diabetes.

Fokusnya adalah pada makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian seperti quinoa, barley, dan gandum utuh, lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta protein tanpa lemak seperti ikan, unggas, dan polong-polongan. Makanan ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pengelolaan diabetes.

2. Diet Rendah Karbohidrat

Dengan mengurangi asupan makanan tinggi karbohidrat seperti roti, pasta, dan camilan manis, penderita diabetes dapat mengatur kadar gula darah secara efektif. Diet ini mencakup makanan seperti:

  • Sayuran non-tepung seperti brokoli, bayam, dan paprika
  • Makanan berprotein tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, dan tahu
  • Lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Pola Makan DASH

Berbeda dengan diet iseng yang sulit dipertahankan, diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) mudah untuk dimulai dan diikuti. Awalnya dirancang untuk melawan tekanan darah tinggi, namun pola makan ini juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Lantaran penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena hipertensi dibandingkan orang tanpa diabetes. Diet ini bisa sangat bermanfaat, seperti konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

4. Pola Makan Nabati

Pola makan nabati menekankan pada makanan yang berasal dari tumbuhan sambil meminimalkan atau menghilangkan produk hewani.

Pola makan ini mencakup buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, seperti beras merah, oat, dan produk gandum utuh, serta kacang-kacangan, semacam buncis, lentil, dan kacang-kacangan. Makanan ini dapat mendukung kadar gula darah yang stabil dan menawarkan nutrisi penting seperti protein dan lemak sehat.

Selain itu, diet ini juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan usus.

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

5. Pola Makan Paleo

Diet paleo, juga dikenal sebagai diet paleolitik, yang berfokus pada makanan yang dianggap telah tersedia bagi nenek moyang.

Meskipun tidak jelas apa yang dikonsumsi nenek moyang di seluruh dunia, tapi diyakini bahwa makanan utuh merupakan mayoritas dari pola makan ini, yang termasuk:

Daging dan ikan tanpa lemak, yang tinggi protein dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Buah-buahan seperti pisang, alpukat, dan beri.
Sayuran seperti brokoli, wortel, kangkung, paprika, dan tomat kaya akan vitamin, mineral, dan serat.
Kacang-kacangan dan biji-bijian yang menyediakan lemak dan protein sehat.

6. Diet Rendah Indeks Glikemik

Makanan yang rendah indeks glikemik (GI) adalah makanan dapat berdampak pada kadar gula darah. Diet indeks glikemik rendah melibatkan pertukaran makanan tinggi GI, untuk meminimalkan risiko lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba, sehingga bermanfaat untuk pengelolaan diabetes.

Secara keseluruhan, diet ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan berat badan. Makanan yang dikonsumsinya pun seperti sayuran hijau, polong-polongan, buah-buahan, kacang merah, wortel mentah, lentil, dan biji-bijian.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)