Ini Alasan Penderita Asam Urat Dilarang Makan 6 Sayuran Dapur, Apa Saja?

Senin 10 Juni 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi Alasan penderita asam urat tidak tidak boleh makan beberapa sayuran dapur (Sumber : Pexels.com/@ MARTPRODUCTION)

Ilustrasi Alasan penderita asam urat tidak tidak boleh makan beberapa sayuran dapur (Sumber : Pexels.com/@ MARTPRODUCTION)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita asam urat tampaknya harus lebih hati-hati mengkonsumsi sayuran, mengingat tidak semuanya bisa dijadikan santapan harian di dapur.

Hal ini dikarenakan sejumlah sayuran bisa menjadi penyebab kambuhnya rasa nyeri akibat kadar asam urat melonjak, meski terdapat kandungan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Maka dari itu, penderita penyakit ini mesti mengetahui apa saja sayuran dapur yang tidak boleh dikonsumsinya berserta alasannya. Yuk simak dikutip dari berbagai sumber!

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

1. Bayam

Bayam adalah sayuran dapur yang menjadi pantangan dan harus dihindari oleh penderita asam urat. Alasannya, sayuran ini tergolong tinggi kandungan purinnya, yakni sebanyak 57 gram untuk berat 100 gram bayam.

Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya menggantinya dengan sayuran yang aman dikonsumsi, dengan petunjuk dari dokter.

2. Jamur

Jamur belakangan sangat digandrungi masyarakat tanah air, selain lezat, sayuran berwarna putih ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya menyehatkan jantung dan sistem saraf. Sebab, sayuran ini merupakan sumber dari Vitamin B dan rendah kalori.

Hanya saja, penderita asam urat tidak disarankan mengkonsumsi jamur, apalagi jenis jamur Portobello yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sebaiknya, menahan diri dulu agar asam urat tidak kambuh lagi.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Asparagus

Sayuran bernama asparagus juga salah satu menu dapur yang tidak disarankan dikonsumsi penderita asam urat. Pasalnya, sayuran ini memiliki kandungan purin seberat 23 gram untuk 100 gram asparagus.

Kendati tidak disarankan bagi penderita asam urat, namun secara umum, sayuran ini baik bagi kesehatan fisik, karena memiliki kandungan kalium dan tinggi folat.

4. Kembang Kol

Penderita asam urat harus berpuasa dulu dari mengkonsumsi kembang kol. Pasalnya, sayuran ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena setidaknya ada 51 gram purin untuk 100 gram di dalam kembang kol.

Untuk itu, penderita asam urat perlu mencari alternatif jika ingin mengkonsumsi sayuran untuk menu makan setiap hari.

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

5. Brokoli

Sayuran ini sebenarnya memiliki kandungan purin yang rendah. Cuma, mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar bisa berbahaya bagi penderita asam urat.

Kendati baik untuk kesehatan fisik, tapi larangan ini khusus penderita asam urat saja. Jika tidak mengalami gejala seperti ini, tentu saja sangat baik dikonsumsi.

6. Terong

Tak hanya bayam, terong juga merupakan pantangan yang harus diwaspadai penderita asam urat. Meski memiliki kandungan purin rendah, namun mengkonsumsi sayuran ini bisa mempengaruhi kadar uric acid pada tubuh. Akibatnya, rasa nyeri akan muncul sebagai reaksi dari kandungan terong.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa