Ayam untuk Penderita Asam Urat: 6 Manfaat, Kandungan Purin dan Cara Memasaknya

Senin 10 Juni 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Ayam adalah jenis protein tanpa lemak dan sehat. Tapi memang mengandung purin, yang berdampak buruk bagi penderita asam urat. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).

Ilustrasi - Ayam adalah jenis protein tanpa lemak dan sehat. Tapi memang mengandung purin, yang berdampak buruk bagi penderita asam urat. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah makan ayam baik atau buruk untuk kadar asam urat? Beberapa orang yakin akan manfaatnya, sementara yang lain percaya bahwa hal itu justru dapat memperburuk kondisi.

Lantas, apakah ayam baik untuk asam urat? Yuk simak lebih lanjut yang dihimpun dari laman marham.

Asam Urat dan Purin

Beberapa makanan mengandung purin, yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Asam urat adalah produk limbah yang biasanya dikeluarkan melalui urin.

Baca Juga: 10 Sayuran Rendah Purin yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Manfaatnya

Namun, jika asam urat diproduksi terlalu banyak, asam urat dapat menumpuk di dalam darah dan membentuk kristal di persendian sehingga menyebabkan asam urat.

Makanan tertentu yang tinggi purin sebaiknya dihindari jika Anda rentan terkena asam urat, atau jika Anda sudah mengidap penyakit tersebut.

Ini termasuk jeroan, seperti hati dan ginjal, serta ikan teri, herring, mackerel, sarden, dan trout. Makanan tinggi purin lainnya termasuk kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan dan lentil, ragi, dan alkohol.

Baca Juga: 3 Kriteria Sayuran yang Wajib Dipenuhi Penderita Asam Urat Jika Ingin Mengonsumsinya

Kandungan Purin pada Ayam:

Ayam dianggap sebagai makanan purin sedang. Artinya mengandung purin dalam jumlah rata-rata. Namun kandungan purinnya akan berbeda-beda tergantung bagian ayam yang Anda makan. Misalnya, dada ayam memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibandingkan daging berwarna gelap atau kulit ayam.

Kandungan Lemak Jenuh pada Ayam:

Kulit ayam mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat. Jika Anda mencoba mengatur kadar asam urat , sebaiknya buang kulit ayam sebelum dimasak. Selain itu, sebaiknya hindari makan ayam goreng atau ayam yang dimasak dengan mentega atau minyak lainnya.

6 Kelebihan Makan Ayam untuk Asam Urat:

Salah satu argumen utama yang mendukung ayam adalah bahwa ayam merupakan sumber protein tanpa lemak. Artinya, makanan ini relatif rendah lemak dan kalori, yang dapat membantu jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mengatur kadar asam urat.

Baca Juga: 4 Jenis Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Sebaiknya Dihindari!

Beberapa kelebihan ayam untuk penderita asam urat adalah:

  1. Makanan purin sedang: Ayam merupakan makanan dengan kadar purin sedang, artinya tidak mengandung purin tingkat tinggi yang dapat menyebabkan penumpukan asam urat.

 

  1. Protein tanpa lemak: Ayam mengandung protein tanpa lemak, jadi ini adalah pilihan yang baik bagi orang yang ingin menjaga berat badannya.

 

  1. Rendah lemak jenuh: Ayam rendah lemak jenuhnya, yaitu jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol .

 

  1. Sumber niasin yang baik: Ini adalah sumber niasin yang baik, vitamin yang membantu menjaga sistem pencernaan dan sistem saraf Anda tetap sehat.

 

  1. Menyediakan fosfor: Ayam adalah sumber fosfor yang baik, yang merupakan mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

 

  1. Menyediakan selenium: Ayam merupakan sumber selenium yang baik, antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

 

Baca Juga: Langkah Sederhana Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Alami dan Sehat!

Kontra Ayam untuk Asam Urat:

Di sisi lain, sebagian orang percaya bahwa ayam justru bisa meningkatkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan:

  • Ayam memiliki purin yang dipecah menjadi asam urat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan asam urat jika dimakan dalam jumlah banyak.
  • Kulit ayam kaya akan lemak jenuhnya, yang juga dapat menyebabkan kadar asam urat lebih tinggi.

 

Cara Memasak Ayam untuk Penderita Asam Urat

Ayam bisa menjadi bagian dari pola makan sehat bagi penderita kadar asam urat, namun penting untuk memilih potongan ayam tanpa lemak dan membuang kulitnya sebelum dimasak.

Selain itu, sebaiknya batasi asupan ayam goreng atau daging ayam yang tinggi lemak jenuhnya. Jika Anda ragu apakah makan ayam tepat untuk Anda, bicarakan dengan dokter.

Baca Juga: Kenali Asam Urat dari Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Anda Mengatasinya

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)