6 Cemilan Manis Ini Tak Boleh Dimakan Penderita Gula Darah, Cek Alasannya

Senin 10 Juni 2024, 15:45 WIB
Ilustrasi Sejumlah alasan kenapa cemilan manis tidak disarankan bagi penderita gula darah (Sumber : Pexels.com/@LeighPatrick)

Ilustrasi Sejumlah alasan kenapa cemilan manis tidak disarankan bagi penderita gula darah (Sumber : Pexels.com/@LeighPatrick)

SUKABUMIUPDATE.com - Cemilan manis memang sangat menggoda di mata. Namun sayangnya, bagi penderita gula darah perlu menghindari makanan satu ini agar kadarnya tidak melonjak tinggi.

Dari daftar cemilan manis yang tidak disarankan, mayoritas dikarenakan kandungan gulanya yang cukup tinggi, sehingga tergolong berbahaya jika dikonsumsi.

Untuk itu, penderita gula darah perlu memperhatikan dengan serius, tentu dengan tujuan agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

Lantas, cemilan manis mana yang tergolong tidak boleh dimakan penderita gula darah? lalu, apa alasannya? Yuk simak!

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

1. Coklat

Salah satu cemilan manis yang penting dihindari adalah coklat, dengan kandungannya yang terdapat senyawa tidak aman bagi penderita gula darah. Snack ini makanan yang tinggi gula dengan capaian sebesar 78 gram untuk rata-rata 1 batang coklat.

Selain berbahaya bagi penderita gula darah, makanan manis ini juga bisa memperburuk kesehatan lainnya, yaitu memicu obesitas dan sejumlah penyakit lainnya di dalam tubuh.

2. Selai

Selai adalah makanan yang memiliki kandungan gula sebesar 49 gram per 100 gram per kemasannya. Terlebih ketika jenis cemilan manis ini bercampur dengan pengawet lainnya, maka akan semakin tidak aman dikonsumsi.

Jadi, penderita gula darah perlu mewaspadai dari mengkonsumsi selai agar kadar gula darahnya tidak melonjak semakin tinggi.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Puding

Puding adalah salah satu makanan yang mengandung gula tinggi. Kira-kira, gula yang ada di olahan ini setara 20 gram pada 100 gram puding. Ditambah pemanis, seperti vanilla, caramel dan coklat serta lainnya.

Daftar perasa manis itulah yang membuat puding memiliki kandungan gula cukup tinggi dan tidak disarankan bagi penderita gula darah.

4. Dodol

Sebaiknya, penderita gula darah menahan diri mengkonsumsi dodol, mengingat kandungan olahan ini terdiri dari lemak, gula, dan karbohidrat utama, sehingga tidak aman jika dikonsumsi. Penderita gula darah bisa menggantinya dengan cemilan yang disarankan oleh dokter.

5. Permen

Permen adalah cemilan yang terbuat dari gula buatan, pewarna, dan pengawet, sehingga tidak aman dikonsumsi penderita gula darah. meski mungil bentuknya, tapi kandungan gula pada permen mencapai 50 gram.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

6. Kue

Terakhir, kue juga menjadi salah satu cemilan yang harus dihindari penderita gula darah. Sebab, kandungan gula pada kue bisa setara 30 gram per 100 gram. Itu sebabnya, mengkonsumsi makanan ini tidak aman, apalagi jika menyantapnya dengan jumlah berlebihan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).