Tidak Bersahabat dengan Asam Urat: 6 Sayuran Tinggi Purin yang Harus Dihindari

Senin 10 Juni 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi - Sayuran seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, kecambah brokoli, dan kembang kol mengandung tinggi purin dan sebaiknya dihindari penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@misskursovie2013).

Ilustrasi - Sayuran seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, kecambah brokoli, dan kembang kol mengandung tinggi purin dan sebaiknya dihindari penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@misskursovie2013).

SUKABUMIUPDATE.com - Sayuran adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tapi Anda harus tahu bahwa beberapa sayuran mungkin saja menimbulkan gejala negatif pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti asam urat.

Pada orang yang memiliki kondisi medis yang disebut ‌asam urat ‌ atau mereka yang rentan terhadap ‌ batu ginjal, sayuran yang mengandung tinggi purin, yakni zat yang terurai membentuk produk limbah yang disebut asam urat dapat memperburuk rasa sakit. 

Meskipun sebagian besar sayuran aman dikonsumsi dengan pola makan rendah purin, Anda mungkin perlu beberapa sayuran mengandung tinggi purin

Baca Juga: 3 Kriteria Sayuran yang Wajib Dipenuhi Penderita Asam Urat Jika Ingin Mengonsumsinya

Purin dan Asam Urat

Purin sendiri tidak menjadi masalah. Mereka menjadi masalah ketika tubuh memecahnya dan menghasilkan asam urat. Dalam keadaan normal dan pada orang sehat, asam urat larut dalam darah , lalu mengalir ke ginjal dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Namun jika Anda memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah atau Anda memiliki kondisi yang membuat ginjal Anda lebih sulit mengeluarkan asam urat secara efektif, hal ini dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat , yang juga disebut ‌ kristal urat ‌.

Kristal asam urat adalah senyawa tajam seperti jarum yang menyebar ke sendi atau jaringan. Penumpukan kristal asam urat pada persendian disebut asam urat. Jika kristal menumpuk di ginjal, hal ini dapat menyebabkan batu ginjal, atau timbunan asam urat yang keras di ginjal.

Baca Juga: 4 Jenis Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Sebaiknya Dihindari!

Sayuran Tinggi Purin

Ada beberapa sayuran yang mengandung purin dalam jumlah sedang, namun jika menyangkut makanan tinggi purin, sayuran mungkin tidak menimbulkan bahaya sebanyak makanan lainnya.

Dihimpun dari laman livestrong, berikut adalah sayuran tinggi purin yang sebaiknya penderita asam urat menghindarinya.

Sayuran Tinggi Purin yang Perlu Diwaspadai

1. Jamur

Kandungan Purin: Jamur memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, terutama jenis jamur shiitake. Konsumsi jamur dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

2. Kacang Hijau

Kandungan Purin: Kacang hijau juga mengandung purin dalam jumlah yang signifikan. Sebaiknya konsumsi kacang hijau dalam jumlah terbatas.

3. Bayam

Kandungan Purin: Bayam adalah salah satu sayuran dengan kandungan purin yang relatif tinggi, sehingga disarankan untuk dibatasi dalam diet penderita asam urat.

4. Asparagus

Kandungan Purin: Asparagus memiliki kandungan purin yang tinggi dan sebaiknya dihindari atau dikonsumsi sangat terbatas oleh penderita asam urat.

5. Kecambah Brokoli

Kandungan Purin: Meskipun kecambah brokoli umumnya lebih rendah purin dibandingkan dengan makanan laut atau daging merah, mereka tetap memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibandingkan sayuran lain.

6. Kembang Kol

Kandungan Purin: Kembang kol termasuk dalam sayuran yang memiliki kandungan purin sedang hingga tinggi, sehingga konsumsinya perlu dibatasi untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.



AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)