9 Cara Meredakan Sakit Punggung Saat Hamil, Sudah Disetujui Para Ahli!

Minggu 09 Juni 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi. Cara meredakan sakit punggung saat kehamilan. Foto: Freepik/@tirachardz

Ilustrasi. Cara meredakan sakit punggung saat kehamilan. Foto: Freepik/@tirachardz

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika mengalami sakit punggung saat hamil, rasa sakitnya mungkin sulit diredakan karena perubahan hormon dan pertumbuhan bayi akan memperparah rasa sakit tersebut.

Di awal kehamilan, tubuh Anda mulai memproduksi hormon relaksin, yang membuat ligamen dan persendian lebih fleksibel namun juga dapat membuat punggung Anda stres.

Kemudian, antara bulan kelima dan bulan ketujuh, rahim Anda bergerak ke perut, memberi tekanan lebih besar pada punggung bagian bawah dan tengah, jelas Holly Herman, DPT , penulis buku How to Raise Children Without Breaking Your Back: A Body Manual for New Mothers dan Orang Tua dari Anak Kecil.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Ada banyak cara yang disetujui para ahli untuk meredakan nyeri punggung saat hamil, mulai dari meditasi dan pengobatan hingga pijat dan akupunktur. 

Berikut beberapa solusi untuk meringankan sakit punggung saat tubuh Anda melakukan pekerjaan terpentingnya untuk menumbuhkan bayi.

Cara Meredakan Sakit Punggung

  1. Berlatih Yoga Prenatal

Prenatal yoga terdiri dari latihan perlahan dan lembut yang menjaga Anda dan bayi tetap aman, yoga prenatal telah terbukti meningkatkan gaya berjalan dan kelincahan pada ibu hamil serta mengurangi ketidaknyamanan secara keseluruhan.

Yoga prenatal dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan menyegarkan tubuh sebagai persiapan untuk proses melahirkan. Yoga prenatal juga mengatasi stres emosional dengan latihan pernapasan yang dalam dan penuh perhatian. 

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

  1. Minum Obat (Dengan Hati-hati)

Banyak orang yang berhati-hati dalam mengkonsumsi obat selama kehamilan. Namun bila ketidaknyamanan punggung semakin parah, dokter mungkin merekomendasikan obat pereda nyeri yang aman untuk kehamilan untuk membantu Anda mengatasinya.

  1. Cobalah Akupuntur

Akupuntur adalah praktik pengobatan tradisional 

Tiongkok dimana jarum halus di tusukkan ke titik-titik tekanan tertentu pada tubuh yang sesuai dengan berbagai sistem kesehatan fisik dan emosional. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara akupunktur dan pereda nyeri punggung saat hamil.

Merangsang titik-titik akupunktur ini melalui penyisipan jarum atau akupresur (teknik di mana praktisi menggunakan jari sebagai pengganti jarum) juga dapat membantu mengatasi mual di pagi hari.

Namun akupunktur harus diberikan dengan benar untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan seperti mual, sakit kepala, dan rangsangan berlebihan yang dapat menginduksi persalinan.

Baca Juga: 10 Sikap Sinis Orang Pura-pura Baik Karena Aslinya Tidak Suka dengan Kita

  1. Dapatkan Pijat Prenatal

Pijat prenatal dapat meredakan nyeri punggung dengan cepat, seperti ketika saraf khususnya saraf sciatic di bokong dan kaki teriritasi. Penelitian menunjukkan bahwa selain menghilangkan rasa sakit, pijat prenatal secara teratur dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan selama kehamilan.

  1. Terapi Fisik

Terapis fisik dapat membantu ibu hamil mengatasi sakit punggung dengan memanipulasi titik-titik tekanan sendi, otot, dan saraf. Mereka juga dapat memberikan tip postur dan olahraga. 

  1. Bersantai Dengan Meditasi

Penelitian menunjukkan bahwa bermeditasi secara teratur dapat meningkatkan tingkat toleransi terhadap rasa sakit. Praktek ini dapat berguna baik ketika menangani nyeri punggung saat hamil dan dalam mengatasi nyeri selama persalinan.

Baca Juga: 11 Tips Menyembuhkan Asam Urat Tinggi di Rumah dengan Cara Alami

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu bentuk olahraga kehamilan yang paling direkomendasikan karena mengurangi tekanan pada tulang belakang, kata Mary Rosser, MD, PhD , seorang OB-GYN di Columbia University Irving Medical Center di New York City.

  1. Menopang Tubuh Saat Tidur

Tidur bisa menjadi sulit selama kehamilan , terutama jika punggung Anda sakit. Kebanyakan orang hamil tidur miring. Tidur menyamping penting dilakukan setelah trimester pertama karena dapat mengoptimalkan aliran darah, tetapi hal ini mungkin membuat punggung yang pegal menjadi semakin tidak nyaman.

Bantal tubuh dapat membantu menopang dada, pinggul, dan punggung bawah dalam posisi berbaring miring. Atau, lipat handuk tebal memanjang dan letakkan tegak lurus punggung di pinggang. 

Baca Juga: Resep Simpel Teh Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Mudah Dibuat di Rumah!

  1. Temukan Sepatu yang Tepat

Jika rutin memakai sepatu hak tinggi, Anda tidak akan memberikan manfaat apapun pada punggung. Sepatu hak tinggi meningkatkan kelengkungan punggung dan menciptakan tekanan yang mendorong beban rahim yang terus membesar langsung ke tulang belakang bagian bawah dan sendi pinggul.

Maka dari itu, pakailah sepatu atau sandal yang nyaman untuk mengurangi nyeri pada punggung.

Sumber : www.parents.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)