Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Sabtu 08 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.  (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Manajemen asam urat yang tepat melibatkan kombinasi pola makan yang sehat, pengendalian berat badan, penggunaan obat-obatan sesuai petunjuk dokter, dan perubahan gaya hidup.

Saat tubuh menghasilkan asam urat berlebihan dari pemecahan purin dalam makanan, kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang dikenal sebagai hiperurisemia.

Jika kadar asam urat tetap tinggi, kristal asam urat dapat terbentuk dan menumpuk di persendian, menyebabkan serangan nyeri asam urat yang parah. Mengelola asupan purin melalui diet merupakan langkah penting dalam mencegah dan mengendalikan asam urat.

Baca Juga: Rahasia Gula Darah Tetap Stabil Setelah Makan: 3 Tips Jitu Hindari Lonjakan

Untungnya, asam urat dapat diobati dengan cara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengelola asam urat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minum Banyak Air Putih

Tetap terhidrasi penting untuk mengurangi gejala asam urat seperti pembengkakan dan peradangan. Minum lebih banyak cairan dapat membantu membersihkan ginjal, mengurangi pembengkakan dan peradangan yang berhubungan dengan asam urat.

Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat membersihkan racun dari ginjal, sehingga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan bengkak yang sering dialami penderita asam urat.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mencegah Asam Urat Kambuh: 5 Tips Sehat yang Mudah Dilakukan!

Oleh karena itu, mereka yang menderita gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memperbanyak konsumsi cairan.

2. Mengoleskan Es Pada Sendi yang Terkena Dampak

Untuk mengurangi peradangan akibat asam urat, mengoleskan benda dingin yang dilapisi kain pada sendi bisa bermanfaat. Menempatkan benda keras yang dibungkus handuk tipis di area tersebut selama 20 menit dapat membantu mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi Stres

Pengurangan stres merupakan faktor besar dalam mengurangi keparahan banyak penyakit fisik dan mental, termasuk asam urat. Tentu saja, hampir mustahil untuk menghilangkan semua penyebab stres dalam hidup, namun menggunakan teknik pengurangan stres pada saat stres meningkat dapat membantu mengurangi nyeri asam urat.

Baca Juga: Mencegah Daripada Mengobati: Penderita Asam Urat Harus Hindari Jenis Ikan Tinggi Purin

Luangkan waktu untuk melakukan latihan berdampak rendah jika rasa sakit tidak melemahkan gerakan Anda, ambil cuti kerja, membaca buku favorit, tidur siang, atau melakukan sesuatu untuk membantu Anda rileks ketika Anda sangat stres.

4. Meninggikan Sendi yang Terkena Dampak

Nyeri dan bengkak adalah gejala asam urat yang umum, terutama di kaki, tangan, lutut, atau pergelangan kaki. Peninggian sendi yang terkena dapat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan. Ini membantu memindahkan cairan dan darah dari sendi dan kembali ke jantung.

Untuk membantu meringankan gejala asam urat, disarankan untuk menggabungkan peninggian dengan kompres es. Ini dikenal sebagai metode RICE yang merupakan singkatan dari istirahat, es, kompresi, dan ketinggian.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

5. Makan Diet Seimbang

Mengonsumsi berbagai makanan bergizi dan utuh dapat membantu menjaga kadar asam urat tetap terkendali dan mengurangi risiko serangan asam urat. Pola makan nabati, rendah lemak dan karbohidrat, mungkin sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Selain itu, banyak buah dan sayuran mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

6. Minum Air Lemon

Ketika dua buah lemon segar ditambahkan ke dalam 2 liter air setiap hari, hal ini berdampak positif terhadap kadar asam urat pada penderita asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa air lemon mempunyai efek menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga mengakibatkan penurunan zat tersebut.

7. Membatasi Asupan Alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang sering atau intens dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat. Bir, khususnya, mengandung purin yang tinggi, jadi mengurangi atau tidak mengonsumsinya dapat membantu seseorang mengatasi gejala asam uratnya.

Baca Juga: Kisaran Gula Darah Normal Setelah Makan: Panduan Batas Aman untuk Penderita Diabetes

8. Menghindari Daging dengan Purin Tinggi

Mengonsumsi daging dengan kandungan purin rendah dapat membantu meringankan keparahan gejala asam urat. Dianjurkan untuk membatasi jumlah daging kaya purin, seperti organ, hewan buruan, dan ikan tertentu.

Daging dan ikan yang kaya purin meliputi:

  • Ikan trout
  • Daging Jeroan, seperti hati
  • Kerang
  • Ikan haring
  • Daging sapi muda
  • Daging rusa
  • Sarden
  • Ikan kod
  • Teri

9. Ceri atau Jus Ceri

Penelitian menunjukkan bahwa semua jenis ceri alami adalah obat rumahan yang berhasil untuk nyeri asam urat. Penelitian telah menunjukkan bahwa tiga porsi ceri dalam bentuk apapun selama dua hari adalah yang paling efektif untuk mengurangi nyeri asam urat.

Konsumsi ceri dan jus ceri dalam jangka waktu empat bulan atau lebih juga dapat mengurangi jumlah serangan asam urat per tahun.

Baca Juga: 11 Ikan Laut Tinggi Purin: Ancaman Tersembunyi Bagi Penderita Asam Urat!

10. Menurunkan Berat Badan

Disadur dari health.harvard, menurunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dan risiko serangan asam urat. Menurunkan berat badan juga mengurangi tekanan pada persendian yang nyeri.

11. Aktivitas Fisik Secara Teratur

Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecacatan terkait asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dengan intensitas rendah hingga sedang dapat menurunkan kadar asam urat.

Olahraga juga dapat mengurangi risiko obesitas dan kondisi kesehatan lain yang meningkatkan kemungkinan Anda terkena asam urat. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik sedang selama 150 menit atau lebih per minggu.

Baca Juga: 16 Jenis Ikan Laut dengan Purin Sedang yang Masih Aman Bagi Penderita Asam Urat

12. Teh Jelatang

Obat alami lain yang populer untuk asam urat adalah teh jelatang. Memang benar, jelatang juga sering digunakan untuk mengobati bentuk radang sendi lainnya. Mereka kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium, yang membantu menjaga kesehatan persendian kita.

Sebagai diuretik alami, teh jelatang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari sistem Anda, mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan beberapa gejala kambuhnya penyakit.

13. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai anti-inflamasi yang kuat dan banyak dari kita yang menyadari manfaatnya untuk persendian kita. Bahan aktifnya, kurkumin, dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat serangan asam urat, terutama bila dikombinasikan dengan piperine dari lada hitam.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah kita. Pada gilirannya, hal ini menurunkan kemungkinan mengalami gejala asam urat.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).