Bebas Diabetes, Ini 9 Camilan Tinggi Serat yang Ramah Untuk Kadar Gula Darah

Jumat 07 Juni 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi Beberapa camilan bisa dikonsumsi dan ramah terhadap kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Beberapa camilan bisa dikonsumsi dan ramah terhadap kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan orang sangat menghindari camilan apabila sedang mengontrol kadar gula darah ataupun diet diabetes. Karena lebih banyak camilan yang memang bisa memicu kenaikan gula darah.

Namun, ternyata ada beberapa jenis camilan yang justru bebas gula berlebih dan ramah untuk penderita diabetes ataupun orang yang mengontrol kadar gula darah.

Beberapa jenis camilan ramah kadar gula darah ini juga tinggi serat, sangat cocok untuk siapapun yang ingin melancarkan pencernaan, terutama yang sedang diet penurunan berat badan.

Baca Juga: 6 Sayuran Tinggi Purin yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Mengutip dari laman eatingwell.com, inilah 9 camilan yang tinggi serat dan ramah untuk kadar gula darah sekaligus bisa dikonsumsi juga untuk penderita diabetes:

1. Puding Chia

Puding chia adalah camilan lezat yang bisa dinikmati kapan saja sepanjang hari. Jika Anda mencari camilan berserat tinggi yang akan membuat kenyang selama berjam-jam dan membantu menurunkan kadar gula darah, maka menambahkan puding chia ke dalam daftar camilan adalah sesuatu yang sangat direkomendasikan.

2. Kacang Panggang

Meskipun banyak orang menyukai camilan yang rasanya manis, tapi sebagian lainnya mungkin menginginkan camilan enak tapi tidak manis. Mungkin kacang panggang bisa menjadi pilihan.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Mencegah Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat, Cukup Di Rumah!

Kacang kaya akan protein, bisa membantu kadar gula darah naik lebih lambat dibandingkan melonjak dengan cepat. Mereka menawarkan rasa netral yang dapat diubah dengan bantuan penambahan rasa.

3. Berondong Jagung/Popcorn

Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa popcorn adalah biji-bijian utuh. Seperempat cangkir biji popcorn mengandung sekitar 7 gram serat, menjadikannya camilan yang baik untuk membantu Anda mencapai rekomendasi serat 25 hingga 30 gram setiap hari.

4. Sorgum Panggang

Inilah gandum utuh (dan alternatif popcorn) lainnya yang kaya nutrisi untuk menstabilkan kadar gula darah. Sorgum adalah biji-bijian kuno yang secara alami menyediakan serat, antioksidan, dan banyak nutrisi penting lainnya untuk mendukung penderita diabetes.

Baca Juga: Bebas Asam Urat Tanpa Obat, Ini 6 Cara Alami Mengelola Gejalanya di Rumah

5. Prune/Plum Kering

Plum kering benar-benar baik untuk tubuh. Makanan ini tidak hanya dapat melancarkan buang air besar, tetapi juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Prune tanpa tambahan gula memiliki salah satu tingkat indeks glikemik terendah dari semua buah kering.

6. Oat/Gandum

Menurut American Heart Association, menderita diabetes meningkatkan kemungkinan kolesterol tinggi, penyebab utama penyakit kardiovaskular. Oat atau gandum, terkenal karena efeknya dalam menurunkan kolesterol dan juga bagus untuk kadar gula darah.

7. Buah Beri

Strawberry, blackberry, raspberry, dan blueberry mengandung banyak antioksidan, termasuk antosianin serta flavonoid. Kadar antioksidan seringkali lebih rendah pada penderita diabetes.

Baca Juga: 3 Kategori Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat Saat Perut Kosong!

Senyawa bioaktif seperti antioksidan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan kontrol gula darah dan bisa memerangi komplikasi diabetes.

8. Kacang

Kacang mengandung trio nutrisi yang mengesankan yaitu serat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat. Rendah karbohidrat di dalamnya, menjadikan tumbuhan ini ideal untuk dimasukkan dalam makanan ramah diabetes atau kadar gula darah.

Baik kacang almond, kenari, kacang tanah, atau pecan, kacang-kacangan mengenyangkan dan dapat mengurangi rasa lapar di antara waktu makan. Sehingga sangat baik juga untuk jadi cemilan bagi yang sedang diet.

Baca Juga: Rutin Jalan Kaki, 10 Kebiasaan Sore Ini Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi

9. Apel

Usus yang sehat dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan, dan itu termasuk kesehatan diabetes juga. Ketidakseimbangan bakteri usus atau disbiosis, bisa memicu peradangan serta resistensi insulin yang memperburuk kadar gula darah.

Mengupayakan keseimbangan yang tepat dan selaras dengan gaya hidup maupun tujuan kesehatan sangat penting dalam mengelola kadar gula darah pada tubuh.

Baca Juga: Bebas Asam Urat, 14 Tips Efektif Mencegah Nyeri Sendi dengan Cara Alami

Oleh karena itu, konsultasi bersama ahli kesehatan, ahli diabetes, dan ahli diet diperlukan dalam memilah dan memilih makanan yang ramah untuk menjadi camilan Anda sehari-hari.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)