6 Buah Segar dan Manis Ini Aman Untuk Kadar Gula Darah, Tidak Bikin Khawatir

Jumat 07 Juni 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi Mangga merupakan salah satu buah yang segar dan manis tetapi aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Mangga merupakan salah satu buah yang segar dan manis tetapi aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika kadar gula darah pada tubuh naik atau terserang diabetes, banyak orang cenderung menghindari buah-buahan yang manis karena kandungan gulanya.

Padahal buah dapat (dan harus) dimasukkan dalam diet seimbang baik Anda yang menderita kadar gula darah tinggi atau tidak. Meskipun buah memang mengandung gula, tapi juga kaya serat, vitamin, dan mineral, jadi dapat berdampak positif bagi kesehatan.

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah walaupun Anda sedang menjaga atau mengontrol kadar gula darah. Karena pada dasarnya buah-buahan kaya akan kandungan baik untuk tubuh.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui buah segar dan manis apa saja yang aman untuk penderita gula darah tinggi ataupun yang sedang diabetes. Dikutip dari laman eatingwell.com, berikut diantaranya:

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh, lemak yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Uji klinis tahun 2019 menemukan bahwa mengkonsumsi setengah atau seluruh alpukat saat sarapan bisa menurunkan respons glukosa serta insulin partisipan jika dibandingkan dengan sarapan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.

2. Pisang

Salah satu buah paling populer yang disebut sebagai buah tidak ramah untuk diabetes adalah pisang. Namun, jangan menyerah pada pernyataan tersebut. Karena pisang hijau yang belum matang merupakan sumber pati resisten baik, seratnya terbukti menurunkan kadar gula darah dan melawan resistensi insulin.

Seperti halnya semua makanan, ukuran porsi penting. Ahli kesehatan merekomendasikan memilih pisang yang lebih kecil, idealnya berukuran di bawah 6 atau 7 inci untuk keseimbangan gula darah dan memasangkannya dengan sumber protein dan/atau lemak sehat.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

3. Mangga

Segar dan lezat, mangga adalah buah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Meskipun beberapa orang menyebut mangga sebagai buah terlarang jika menderita diabetes, namun ahli diet mengatakan bahwa satu porsi (3/4 cangkir) mangga menyediakan 7% kebutuhan serat harian tubuh. Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.yang ideal untuk pengelolaan kadar gula darah.

4. Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya, namun satu buah jeruk ukuran sedang mengandung kurang lebih 3 gram serat. Serat makanan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan dapat membantu mendukung pengelolaan berat badan serta kadar gula darah.

Ditambah lagi, Anda tidak bisa membandingkan jeruk utuh dengan jus jeruk. Karena ketika jeruk dibuat jus hampir tidak mengandung serat sama sekali. Jika menderita diabetes, sebaiknya dapat mempertimbangkan untuk memadukan jeruk dengan protein agar respons gula darah yang lebih stabil.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

5. Prune/Plum

Bertentangan dengan pendapat umum, Anda tidak harus menghindari buah kering jika menderita diabetes. Pasti beberapa penderita diabetes sering mengira kalau buah kering mengandung banyak gula sehingga perlu dihindari, padahal nyatanya hal itu tidak benar.

Misalnya, prune atau plum kering tidak mengandung tambahan gula dan merupakan buah kering dengan gula paling rendah. Dengan 3 gram serat alami, plum dapat mendukung kesehatan usus serta keseimbangan kadar gula darah.

6. Semangka

Meskipun semangka mungkin terasa sangat manis, sebenarnya tidak semuanya mengandung gula. Karena menurut ahli kesehatan, satu cangkir semangka yang dipotong dadu mengandung 9 gram gula alami, lebih sedikit dari kandungan gula 1 cangkir apel yang diiris.

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ahli diabetes, dan ahli diet perlu dilakukan jika ragu pada seberapa banyak Anda boleh mengkonsumsi buah-buahan di atas, sebab kondisi kadar gula darah tiap orang bisa jadi berbeda-beda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)