Tak Perlu Obat-obatan, 6 Bumbu Dapur Penurun Kadar Gula Darah yang Wajib Dicoba

Kamis 06 Juni 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi Sejumlah bumbu dapur yang bisa membantu menurunkan lonjakan kadar gula darah (Sumber : Pexels.com/@Mareefe)

Ilustrasi Sejumlah bumbu dapur yang bisa membantu menurunkan lonjakan kadar gula darah (Sumber : Pexels.com/@Mareefe)

SUKABUMIUPDATE.com - Menurunkan kadar gula darah tidak selalu dengan obat-obatan, namun bisa juga dengan bahan alami secara tradisional seperti bumbu dapur yang kaya manfaat di dalamnya.

Pasalnya, bergantung kepada obat-obatan kimia tentu saja tidak cukup untuk menurunkan gula darah, mesti diimbangi dengan ramuan herbal yang bisa dibuat dari bumbu dapur.

Lantas bumbu dapur apa saja yang bisa diracik dan dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderitanya.

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 6 bahan dapur yang direkomendasikan sebagai penurun kadar gula darah:

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

1. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat besar bagi kesehatan, didalamnya terdapat sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang fungsinya akan membuat tubuh kebal dan membantu kulit lebih sehat dari biasanya.

Bagi penderita gula darah, kunyit merupakan bahan dapur yang bisa dikonsumsi sebagai obat penurun kadar gula darah pada tubuh. Bahkan bisa mengelolanya agar kadar bisa teratur dan baik.

2. Kayu Manis

Mengkonsumsi kayu manis ternyata bisa membantu kadar gula darah menjadi terkontrol, sehingga aman dari kemungkinan terburuk bagi kesehatan. Sebab, rempah ini memiliki kandungan antioksidan yang membuat insulin lebih sensitif, jadi dapat mengurangi kadar gula.

Untuk mengkonsumsinya, cukup jadikan kayu manis sebagai teh herbal yang diminum secara rutin sebagai alternatif obat tradisional.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

3. Jintan Hitam

Jintan Hitam merupakan salah satu rempah yang kaya manfaat, di dalamnya mengandung vitamin, protein, dan mineral yang berperan untuk menjaga kadar gula darah. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan rempah ini sebagai solusi praktis selain obat-obatan.

4. Ketumbar

Ketumbar juga membantu menurunkan kadar gula darah, mengingat didalamnya terdapat produksi insulin yang langsung berdampak mengurangi lonjakan gula darah pada tubuh.

Untuk meminumnya, cukup tuangkan butiran ketumbar ke dalam wadah yang berisi air, lalu biarkan selama semalam penuh. Jika sudah, saring ketumbarnya, lalu minum saat kondisi perut sedang kosong.

5. Mustard

Menurut penelitian, mustard adalah rempah-rempah asal Eropa yang ternyata berfungsi membantu kadar gula turun. Selain itu, mengkonsumsi mustard juga bisa membantu menurunkan berat badan, rambut lebih sehat, dan inflamasi.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

6. Jahe

Secara umum, mengkonsumsi jahe tidak saja untuk minuman hangat tanpa efek kesehatan. Justru, salah satu peran dari bumbu dapur satu ini adalah membantu mengontrol lonjakan gula darah. Karena kandungan di dalamnya mampu mengendalikan hormon insulin.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Juli 2024, 08:00 WIB

6 Risiko Penyakit Akibat Kelebihan Berat Badan dan Obesitas, Ada Diabetes!

Mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu mencegah berat badan naik, mencegah obesitas bertambah parah, atau bahkan menghilangkan resiko berat badan berlebihan.
Ilustrasi. Hampir 9 dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. (Sumber : Pexels/Vitaly Gariev)
Life03 Juli 2024, 07:00 WIB

8 Reaksi Mental Terhadap Trauma yang Harus Diwaspadai, Apa Kamu Mengalaminya?

Pengalaman traumatis menyisakan reaksi emosional atau fisik yang kuat setelah kejadian yang menyedihkan adalah hal yang wajar. Apa Kamu Mengalaminya?
Ilustrasi. Sendirian. Reaksi Mental Terhadap Trauma yang Harus Diwaspadai (Sumber : Pexels/Abu Shaer)
Food & Travel03 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat

Pilih pemanis alami seperti madu sebagai pengganti gula untuk membuat kue tart rendah kalori.
Ilustrasi. Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/Marko Klaric)
Science03 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Juli 2024, Langit Sukabumi Potensi Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa