4 Pemicu Serangan Asam Urat datang di Malam Hari dan Solusi Mengatasinya

Rabu 05 Juni 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).

Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda pernah mengalami serangan asam urat, kemungkinan besar terjadi di malam hari dan akan membangunkan Anda dari tidur nyenyak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa serangan asam urat 2,4 kali lebih mungkin terjadi pada malam hari.

Mengapa Serangan Asam Urat Terjadi Pada Malam Hari?

Serangan asam urat yang menyakitkan terjadi ketika kristal asam urat terkumpul di sendi dan memicu respons peradangan. Kristal kecil terbentuk ketika ada terlalu banyak asam urat di dalam tubuh suatu kondisi yang disebut hiperurisemia .

Berikut adalah beberapa alasan mengapa serangan asam urat muncul di malam hari, dihimpun dari laman arthritis-health.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Penurunan Suhu Tubuh

Suhu tubuh turun sedikit saat tidur, dan penurunan suhu ini mengkatalisis pembentukan kristal asam urat di sendi. Faktor ini juga dapat membantu menjelaskan mengapa asam urat sering menyerang persendian di kaki dan jari.

2. Perubahan Pernapasan

Tidur dapat menyebabkan perubahan pola pernapasan yang mempengaruhi produksi asam urat melalui dua cara:

  • Nafas Anda melambat saat tidur, dan paru-paru mengeluarkan lebih sedikit karbon dioksida. Karbon dioksida berlebih dapat menyebabkan darah menjadi sedikit lebih asam. Kondisi yang disebut asidosis respiratorik ini dapat mendorong pembentukan kristal asam urat.
  • Gangguan tidur yang disebut sleep apnea menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Penurunan oksigen dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak purin sehingga berpotensi menyebabkan hiperurisemia dan serangan asam urat.

Jika Anda menderita apnea tidur, kemungkinan Anda terkena asam urat 50% lebih besar.

Baca Juga: 6 Ramuan Herbal Terbaik untuk Menyeimbangkan Gula Darah Secara Alami

3. Penurunan Kadar Kortison

Tubuh Anda memproduksi lebih sedikit kortison saat tidur. Kortison menekan peradangan, sehingga penurunan produksi kortison pada malam hari mungkin menjadi faktor penyebab peradangan asam urat.

4. Kurang Minum atau Dehidrasi

Hilangnya air dalam darah dan sendi mungkin berperan dalam serangan asam urat dalam dua cara:

  • Saat tidur, tubuh kehilangan kelembapan melalui pernapasan dan keringat. Ketika ini terjadi, darah kehilangan sebagian kandungan airnya. Ketika kadar air menurun, konsentrasi asam urat dalam darah meningkat. Peningkatan ini menyebabkan atau memperburuk hiperurisemia, pendahulu asam urat.
  • Dehidrasi dapat menyebabkan konsentrasi asam urat dalam cairan sendi. Ketika tubuh sedang tidur, persendian beristirahat, dan sebagian air dalam cairan persendian diserap kembali ke dalam tubuh. Namun asam urat tetap berada di persendian. Tingginya konsentrasi asam urat pada sendi dapat memacu pembentukan kristal asam urat.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Air Minuman Kayu Manis untuk Mengobati Asam Urat

Mencegah Serangan Asam Urat di Malam Hari

Cara terbaik untuk mengurangi risiko serangan asam urat adalah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Namun ada beberapa tips yang secara khusus dapat mengurangi risiko serangan malam hari antara lain:

Mengobati Apnea Tidur

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang serius di mana pernapasan Anda berulang kali berhenti dan dimulai saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan di siang hari, mendengkur keras, dan masalah kesehatan lainnya.

Sleep apnea dapat diobati secara alami dengan cara mempertahankan berat badan yang sehat, yoga, ubah posisi tidur, gunakan pelembap udara, hindari alkohol dan merokok. Peningkatan asupan oksigen dapat menurunkan produksi asam urat dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Baca Juga: Jus Lemon Hingga Teh Herbal, 10 Pengobatan Rumahan untuk Asam Urat yang Dapat Anda Pilih

Sedangkan tujuan utama pengobatan sleep apnea antara lain meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan jantung, bukti anekdotal menunjukkan bahwa mengobati apnea tidur saja dapat mempengaruhi frekuensi serangan asam urat secara signifikan.

Tetap Terhidrasi dengan Baik

Minumlah banyak cairan di siang hari. Minum cairan dapat meningkatkan volume darah dan menurunkan konsentrasi asam urat sehingga menurunkan risiko serangan asam urat. Air adalah minuman terbaik untuk membuat Anda tetap terhidrasi.

Perubahan gaya hidup lain yang dapat menurunkan risiko serangan asam urat termasuk menurunkan berat badan berlebih, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan utuh, pola makan nabati yang rendah purin.

Baca Juga: Menikmati Ikan Tanpa Takut Asam Urat: Tips Aman Memasukkannya ke dalam Diet Anda

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)