Alpukat Sahabat Penderita Diabetes: Membantu Stabilkan Gula Darah Tetap Normal

Rabu 05 Juni 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - Alpukat adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan sahabat diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. (Sumber : Unsplash.com/@Art Rachen).

Ilustrasi - Alpukat adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan sahabat diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. (Sumber : Unsplash.com/@Art Rachen).

SUKABUMIUPDATE.com - Hidup dengan diabetes memang menjadi tantangan tersendiri bagi seseorang. Disamping memerlukan keseimbangan mengelola kadar gula darah, membuat pilihan makanan yang tidak menyebabkan lonjakan adalah hal penting.

Pola makan sahabat penderita diabetes adalah memasukkan alpukat ke dalam asupan sehari-hari. Buah serbaguna ini memiliki khasiat kuat dalam mendukung kesehatan diabetes, salah satunya menjaga kadar gula darah tetap normal.

Manfaat Alpukat Jika Anda Penderita Diabetes

Dihimpun dari laman Onlymyhealth, seorang pakar kesehatan Dr Shweta Jaiswal, Ahli Gizi Senior di Rumah Sakit Sharda berbagi beberapa manfaat makan alpukat jika seseorang menderita diabetes, berikut diantaranya.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Stabilitas Gula Darah

Salah satu alasan paling kuat bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi alpukat adalah kemampuannya membantu menstabilkan kadar gula darah tetap normal. Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa memasukkan alpukat ke dalam rutinitas pagi Anda dapat berkontribusi pada pengendalian gula darah yang lebih baik sepanjang hari.

Kandungan karbohidratnya yang rendah berarti tidak akan menyebabkan lonjakan tiba-tiba, sehingga menawarkan pelepasan energi yang stabil.

2. Kaya Lemak Sehat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yakni jenis lemak baik yang mendukung kesehatan jantung dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

Lemak baik ini tidak hanya berkontribusi pada rasa kenyang saja, juga membantu pengelolaan berat badan, yang menjadi aspek penting dalam perawatan diabetes.

Dengan 22 gram lemak dan 10,1 gram serat dalam porsi 150 gram, alpukat merupakan tambahan yang mengenyangkan untuk makanan apa pun.

3. Kaya Serat

Serat adalah sahabat terbaik bagi penderita diabetes, dan alpukat memberikan serat dalam dosis yang sehat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan diet tinggi serat untuk penderita diabetes, karena dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan kadar A1c.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Air Minuman Kayu Manis untuk Mengobati Asam Urat

Alpukat dan buah-buahan rendah karbohidrat lainnya, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, membantu meningkatkan asupan serat, serta mengelola gula darah menjadi lebih baik.

4. Pembangkit Tenaga Kalium

Bagi mereka yang bergulat dengan tekanan darah tinggi dan diabetes, alpukat menawarkan solusi alami. Tingginya potasium, mereka melawan efek natrium pada tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda, Anda tidak hanya mendukung regulasi gula darah tetapi juga berkontribusi dalam menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rebusan Daun Kersen untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

5. Pengendalian Kolesterol

Alpukat juga terkenal karena kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Kombinasi lemak sehat dan serat bekerja sangat baik dalam mengurangi kolesterol LDL kolesterol "jahat" yang menyebabkan penyakit jantung.

Dengan memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda, Anda tidak hanya melindungi jantung Anda tetapi juga memperoleh manfaat dari peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulannya: Alpukat sangat bagus untuk membantu mengelola gula darah tetap normal bagi penderita diabetes. Alpukat juga sumber nutrisi yang baik yakni lemak sehat, serat dan nutrisi penting bagi diet ramah diabetes.

Baca Juga: Jus Lemon Hingga Teh Herbal, 10 Pengobatan Rumahan untuk Asam Urat yang Dapat Anda Pilih

Selain untuk diabetes, alpukat juga mendukung kesehatan jantung, dan kolesterol tinggi. Oleh karenanya, alpukat menjadi makanan yang harus ada dalam diet seseorang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)