5 Aturan Makan Malam Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Selasa 04 Juni 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi Salmon, salah satu makanan baik untuk makan malam karena mengandung lemak omega-3 yang bisa menurunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com/@jcstudio)

Ilustrasi Salmon, salah satu makanan baik untuk makan malam karena mengandung lemak omega-3 yang bisa menurunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com/@jcstudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol adalah zat berlemak seperti lilin yang ditemukan di dalam tubuh. Sehingga sistem tubuh menggunakannya untuk membuat sel dan hormon baru.

Namun, jika kadar kolesterol berlebihan pada tubuh dapat menimbulkan banyak komplikasi kesehatan termasuk serangan jantung dan stroke.

Makan malam dengan hidangan sehat menjadi saat yang penting untuk bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab rata-rata orang makan malam dengan makanan berat.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana kita dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan baik pada waktunya dan mencegah masalah jantung.

Mengutip dari sebuah artikel di laman theheathsite.com yang diunggah pada 3 Juni 2024, ada 5 aturan saat makan malam yang perlu diketahui oleh penderita kolesterol agar bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Yaitu sebagai berikut:

1. Kurangi Konsumsi Lemak Trans

Salah satu cara terbaik untuk mengelola kadar kolesterol LDL secara alami adalah dengan berhenti konsumsi lemak jenuh. Mereka kebanyakan ditemukan dalam produk susu berlemak penuh, makanan olahan, dan daging merah, dan diketahui meningkatkan kolesterol LDL.

Daripada mengonsumsi lemak jenuh, beralihlah ke sumber kaya protein tanpa lemak, seperti unggas, ikan, dan protein nabati untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Pilih Makanan Nabati

Makanan nabati adalah pilihan terbaik saat mencoba mengelola kadar kolesterol dalam darah. Mereka juga disebut makanan diet yang menyehatkan jantung.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak makan malam dengan berbahan tumbuhan ke dalam rencana diet kolesterol, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, karena bisa memberikan nutrisi penting sekaligus membantu penurunan kolesterol dalam darah.

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

3. Tambahkan Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3

Kolesterol tinggi bisa berdampak serius pada kesehatan jantung. Anda harus memastikan bahwa makanan yang dimakan kaya akan asam lemak omega-3 yang dikenal memiliki manfaat untuk kardiovaskular, terutama penurunan kolesterol LDL.

Beberapa makanan kaya omega-3 terbaik yaitu seperti salmon, mackerel, biji chia, dan kenari. Tambahkan makanan tersebut ke dalam rutinitas makan malam Anda untuk mengontrol kadar kolesterol LDL.

4. Hindari Makanan Ultra Proses

Makanan olahan dan gula tambahan dapat berdampak negatif terhadap kadar kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Apalagi kalau dikonsumsinya saat malam hari.

Saat menyiapkan makan malam, hindari camilan olahan, makanan penutup tinggi gula, dan minuman manis. Pilih makanan utuh dan tidak dimurnikan untuk pengelolaan yang lebih baik terhadap angka kolesterol serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Berjalan Santai Setelah Selesai Makan Malam

Pastikan untuk tidak langsung tidur setelah selesai makan malam. Kebiasaan yang satu ini bisa memperburuk keadaan kesehatan Anda.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Air Minuman Kayu Manis untuk Mengobati Asam Urat

Ketika tidak membiarkan tubuh Anda mencerna makanan yang telah dikonsumsi, sebenarnya sama saja sudah membiarkan sistem tubuh menyimpan lemak, dan salah satu dari banyak faktor risiko di balik kolesterol tinggi adalah berat badan tidak terkendali atau penambahan berat badan tidak terkontrol.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)