6 Solusi Mandiri agar Sembuh dari Penyakit Asam Urat Tanpa Obat-obatan

Selasa 04 Juni 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi Solusi sederhana untuk sembuh dari penyakit asam urat tanpa perlu bantuan obat-obatan (Sumber : Pexels.com/@ThisIsEngineering)

Ilustrasi Solusi sederhana untuk sembuh dari penyakit asam urat tanpa perlu bantuan obat-obatan (Sumber : Pexels.com/@ThisIsEngineering)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi pengidap asam urat, bisa mencoba untuk melakukan beberapa penyembuhan tanpa memerlukan bantuan obat-obatan di layanan kesehatan resmi.

Anda cukup mencoba sejumlah terapi mandiri yang bisa dilakukan tanpa memerlukan biaya mahal, yakni dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Akan tetapi, perlu diperhatikan dengan baik agar tidak salah.

Mengutip dari berbagai sumber, lantas bagaimana cara sembuh dari asam urat tanpa obat-obatan? Yuk simak langkah di bawah ini!

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

1. Konsumsi Makanan Magnesium

Pertama, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti bayam, daun kale, alpukat, pisang, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Karena mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan magnesium dapat menambah mineral yang tubuh butuhkan. Adapun minimalnya untuk dikonsumsi sebanyak 340–360 miligram per hari.

Menurut penelitian, asupan magnesium dengan baik dapat menurunkan kadar asam urat, sehingga resiko meningkatnya kadar penyakit ini mampu berkurang.

2. Makan Buah Ceri

Solusi mandiri lainnya, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri karena memiliki peran bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan radang persendian mereda. Anda dapat mengkonsumsinya 3 buah setiap hari agar benar-benar berfungsi menurunkan kadar asam urat pada persendian.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

3. Makan Buah Apel

Selain ceri, anda disarankan untuk mengkonsumsi buah apel sebanyak 1 kali setiap harinya, mengingat apel berfungsi dalam menurunkan kadar asam urat. Sebagai catatan jangan berlebihan memakannya, karena didalamnya terkandung fruktosa yang bisa memicu serangan asam urat.

4. Konsumsi Biji Seledri

Mungkin asing bagi kebanyakan orang bahwa biji seledri memiliki manfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Sebab, sayuran ini mengandung senyawa luteolin dan beta selinene yang memiliki sifat anti radang.

Jika anda ingin mengkonsumsinya, gunakan biji seledri sebagai bumbu tambahan saja pada makanan yang ingin disantap atau jadikan teh herbal dengan merebusnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

5. Minum Air Rebusan Daun Salam

Terakhir, fungsi daun salam salah satunya bisa mengatasi asam urat. Sebab, tanaman satu ini memiliki kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan etanol. Jadi, anda bisa mengkonsumsinya sebagai teh herbal. Adapun cara penggunaannya, cukup cuci beberapa lembar daunnya, lalu direbus selama beberapa menit, menjadi teh.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)