Selain Punya Warna Indah, Berikut 7 Manfaat Anggrek yang Jarang Diketahui

Senin 03 Juni 2024, 11:00 WIB
Selain Punya Warna Indah, Berikut 7 Manfaat Anggrek yang Jarang Diketahui (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov)

Selain Punya Warna Indah, Berikut 7 Manfaat Anggrek yang Jarang Diketahui (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov)

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga anggrek tidak hanya dikenal karena keindahan dan keunikan bentuknya, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya seperti Tiongkok dan Ayurveda, beberapa spesies anggrek telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Misalnya, anggrek jenis Dendrobium nobile sering digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, meredakan batuk, dan menurunkan demam.

Selain itu, bagian-bagian tertentu dari anggrek seperti akar dan umbinya dikenal memiliki sifat antioksidan serta dapat membantu memperbaiki kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Manfaat ini menjadikan anggrek sebagai tanaman yang tidak hanya mempercantik lingkungan, tetapi juga memiliki potensi besar dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Berikut beberapa manfaat bunga anggrek yang jarang diketahui banyak orang, berdasarkan berbagai sumber:

1. Pengobatan Tradisional

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, beberapa spesies anggrek digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti batuk, demam, dan masalah pencernaan.

2. Aromaterapi

Beberapa jenis anggrek menghasilkan aroma yang digunakan dalam terapi aroma untuk mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

3. Kulit dan Kecantikan

Ekstrak anggrek sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifatnya yang melembabkan dan antioksidan. Jadi, bisa membantu menjaga kulit tetap lembut serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah

4. Antibakteri dan Anti-inflamasi

Beberapa studi menunjukkan bahwa anggrek memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang dapat membantu dalam pengobatan infeksi dan peradangan.

5. Penambah Gizi

Di beberapa budaya, akar atau umbi dari anggrek tertentu dimakan sebagai sumber makanan yang bergizi. Karena Mereka mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

6. Lingkungan

Anggrek memainkan peran penting dalam ekosistem mereka, membantu dalam penyerbukan dan sebagai indikator kesehatan lingkungan.

7. Ornamen Hidup

Anggrek dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap beberapa polutan, sehingga membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Baca Juga: Bebas dari Tinggi Purin! 8 Makanan yang Membantu Menurunkan Asam Urat dalam Darah

Manfaat-manfaat ini menunjukkan bahwa bunga anggrek memiliki nilai lebih dari sekadar keindahannya dan berpotensi memberikan manfaat kesehatan serta lingkungan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa