Bisa Cegah Diabetes, Kenali 10 Manfaat Buah Sirsak dan Daunnya

Jumat 31 Mei 2024, 18:30 WIB
Salah satu manfaat buah Sirsak adalah mencegah diabetes yang tidak hanya dapat dari buahnya, tetapi dari daunnya juga (Sumber : Unsplash.com/@Arturo A)

Salah satu manfaat buah Sirsak adalah mencegah diabetes yang tidak hanya dapat dari buahnya, tetapi dari daunnya juga (Sumber : Unsplash.com/@Arturo A)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahukah Anda bahwa sirsak kaya manfaat. Tidak hanya buahnya, tetapi daun sirsak pun sangat kaya bermanfaat untuk beberapa jenis penyakit.

Buah ini juga mengandung vitamin C dan flavonoid dalam jumlah tinggi, yaitu senyawa dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu melawan radikal bebas serta mengurangi peradangan.

Daun sirsak dapat digunakan untuk membuat teh, yang berguna untuk meredakan masalah lambung (seperti maag) serta mencegah berkembangnya kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan katarak.

Mengutip dari sebuah artikel di laman tuasaude.com yang diunggah pada 30 April 2024, ada 10 manfaat yang dimiliki oleh sirsak mulai dari buah hingga daunnya, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengobati dan Menurunkan Asam Urat Tinggi dalam Darah

1. Meredakan Penyakit Anti Inflamasi

Sirsak mengandung sifat anti-inflamasi yang mencegah pengurangan sitokin penghasil peradangan. Ini dihasilkan oleh tubuh saat terjadi peradangan. Oleh karena itu buah ini dapat bermanfaat untuk meredakan gejala penyakit inflamasi, seperti arthritis, arthrosis dan rheumatoid arthritis.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Sirsak mengandung sejumlah besar antioksidan yang melindungi sel pankreas serta bertanggung jawab untuk produksi insulin. Bahkan membantu mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Selain itu, sirsak merupakan sumber serat baik, yang bisa menurunkan kecepatan penyerapan gula. Hal ini dapat membantu mengatur kadar glukosa di dalam darah pada tubuh.

3. Melindungi Lambung

Di dalam Sirsak terkandung sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di lambung. Itu berarti dapat mendorong penurunan produksi asam lambung, hingga menjadikan buah ini bermanfaat untuk melindungi lambung, melancarkan pencernaan, dan membantu mengatasi beberapa penyakit, seperti maag dan maag.

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

4. Menenangkan Stres dan Kecemasan

Ternyata di dalam daun sirsak terdapat kandungan anonaine serta asimilobine yaitu senyawa yang bersifat menenangkan yang bekerja pada sistem saraf pusat. Senyawa ini berinteraksi dengan serotonin (neurotransmitter yang bertanggung jawab mengatur suasana hati), yang dapat meningkatkan suasana hati, stres, dan kecemasan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Karena mengandung lutein yaitu sebuah senyawa antioksidan yang penting untuk kesehatan mata, sirsak dapat membantu mengurangi perkembangan penyakit seperti katarak dan degenerasi makula. Dimana Kondisi ini berhubungan dengan penuaan sampai menyebabkan kerusakan mata, yang membuat hilangnya penglihatan.

6. Mengatur Tekanan Darah

Sirsak mengandung potasium yaitu mineral penting untuk pembuangan natrium tubuh melalui urin. Kalium juga penting dapat manajemen tekanan darah. Ditambah, buah satu ini juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan arteri dan bertindak sebagai vasodilator.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Karena kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, seperti vitamin C dan quercetin, sirsak dapat membantu mengelola kelebihan radikal bebas serta memperkuat sel sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah alergi, pilek dan flu.

8. Mengatasi Sembelit

Sirsak bisa melawan membantu melawan sembelit karena kaya akan air dan serat. Berlari nutrisi ini bisa mendorong pergerakan usus secara alami dan menambah jumlah tinja, yang memfasilitasi pembuangan tinja. Lihat daftar buah pencahar alami lainnya yang dapat memperlancar buang air besar secara teratur.

9. Menjaga Hidrasi Dalam Tubuh

Daging buah sirsak mengandung sekitar 82 g air yang dapat menghidrasi tubuh secara signifikan. Ini sering dikonsumsi di lingkungan panas atau saat berolahraga, yang membantu mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Daftar Lokasi Nobar Persib di Sukabumi, Leg 2 Menuju Jawara Champion Series 2024

10. Mungkin Mencegah Kanker

Terakhir sirsak juga kaya akan acetogenin yaitu sekelompok senyawa metabolik yang memiliki efek sitotoksik yang menargetkan sel kanker. Selain itu, tercatat dalam beberapa penelitian bahwa mengkonsumsi sirsak dalam jangka panjang dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, paru-paru, dan prostat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)