11 Camilan Alami yang Menyehatkan Jantung, Tetap Enak Tapi Sehat

Jumat 31 Mei 2024, 16:45 WIB
Ilustrasi beberapa camilan alami untuk menyehatkan jantung, tetap ngemil enak tapi sehat (Sumber : Freepik.com/@8photos)

Ilustrasi beberapa camilan alami untuk menyehatkan jantung, tetap ngemil enak tapi sehat (Sumber : Freepik.com/@8photos)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan jantung merupakan salah satu yang penting dan harus dijaga dengan baik. Apalagi bagi Anda yang gemar memakan cemilan di dalam keseharian.

Jika ingin jantung sehat namun tetap bisa makan camilan, carilah camilan sehat dan enak yang bisa rutin Anda konsumsi dan mampu menyehatkan jantung.

Mengutip dari sebuah artikel di laman verywellhealth.com yang diunggah pada 6 Februari 2024, ada 11 camilan alami yang bisa menyehatkan jantung, rasanya enak tapi membuat sehat. Berikut diantaranya:

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengobati dan Menurunkan Asam Urat Tinggi dalam Darah

1. Apel

Sebuah penelitian menunjukkan memakan dua buah apel utuh perhari sama dengan menurunkan resiko penyakit jantung serta faktor resiko seperti tekanan darah tinggi. Karena beberapa peneliti menduga hal ini bisa terjadi karena di dalam apel mengandung serat larut yang dikaitkan bisa mengurangi resiko terkena jantung.

2. Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran penting di dalam keluar Apiaceae, termasuk wortel, peterseli, hingga parsnip. Sayuran ini adalah sumber vitamin yang sangat baik, rendah kalori, serta memberikan berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan jantung.

Seledri berisikan air dan kaya serat di dalamnya. Bahkan mengandung senyawa fenolik dan sifat antioksidan kuat untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan jantung.

3. Buncis Panggang

Makan kacang-kacangan dan polong-polongan, termasuk buncis, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 14%, menurut sebuah studi tahun 2019 yang dilaporkan dalam Advances in Nutrition.

Karena sebagian besar manfaat makan kacang-kacangan berasal dari kandungan serat di dalamnya. Selain itu, buncis yang dipanggang juga mengandung sterol yang dapat menurunkan kolesterol dan berkontribusi pada kesehatan jantung lebih baik.

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

4. Hummus

Hummus merupakan salah satu saus kuno di Timur Tengah yang terbuat beberapa bahan alami seperti buncis, tahini, jus lemon, bawang putih, hingga minyak zaitun.

Camilan alami ini mengandung minyak zaitun, sehingga menjadikannya sumber lemak yang menyehatkan jantung. Padukan dengan sayuran sehat untuk jantung seperti wortel, seledri, paprika, brokoli, kembang kol, dan tomat.

5. Yogurt dan Berry

Mengkonsumsi yogurt dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita tekanan darah tinggi, menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang dilaporkan dalam American Journal of Hypertension.

Pilihlah yogurt tanpa gula seperti Greek Yogurt atau Yoghurt Yunani. Cocok dipadukan dengan blueberry, yang juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung.

Apalagi di dalam blueberry mengandung serat, potasium, folat, vitamin C dan B6, serta antosianin yang kaya akan efek antioksidan dan antiinflamasi bagi tubuh.

6. Smoothie

Smoothie adalah camilan alami untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makanan ini dapat menawarkan kombinasi serat, vitamin, antioksidan, asam lemak omega-3, dan banyak lagi. Lemak omega-3 membantu mengatasi peradangan dan proses tubuh lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Ternyata kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat), vitamin E, dan zat alami lainnya yang baik untuk kesehatan jantung seseorang.

Namun, salah satu kelemahannya adalah kacang-kacangan mengandung kalori tinggi dan mungkin diasinkan, sehingga menambah banyak natrium.

8. Kue Beras

Kue beras dibuat dengan memanaskan butiran beras (coklat dan putih) dan mengepulkannya menjadi roti berbentuk bulat. Ini adalah camilan renyah yang mudah dibawa. Kue beras menyehatkan bila dimakan dalam jumlah sedang, rendah kalori dan lemak, dan tidak mengandung kolesterol.

9. Teh Matcha

Teh matcha adalah teh hijau yang mengandung epigallocationchin gallate (EGCG) yaitu zat polifenol di dalam teh hijau dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Mengkonsumsi teh matcha yang kaya EGCG juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, karena teh ini telah terbukti mengurangi penyakit jantung dan stroke dalam banyak penelitian.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Sehat Anti Purin untuk Penderita Asam Urat dan Contoh Menunya

10. Sarden dalam Minyak Zaitun

Sarden merupakan ikan kecil yang kaya akan asam lemak omega-3. Apabila dikemas dalam minyak zaitun dapat menjadi camilan berdosis besar dengan lemak sehat, protein, antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik untuk tubuh.

Di dalam sebuah studi menunjukkan kalau pola makan dengan kandungan kaya omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain.

11. Coklat hitam

Coklat hitam penuh dengan senyawa yang menyehatkan jantung. Karena kandungan flavonoid di dalamnya cukup tinggi. Apalagi flavanol dikaitkan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi coklat dan kakao dapat mengurangi resistensi insulin dan tekanan darah tinggi (hipertensi) pada orang-orang yang menderita diabetes.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel02 Juli 2024, 10:15 WIB

7 Trik Jitu Liburan Low Budget, Bisa Hemat Banget Saat Pergi Berlibur

Indonesia memiliki banyak destinasi indah yang bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan hemat dan berkesan.
Ilustrasi Trik Jitu Liburan Low Budget, Bisa Hemat Banget (Sumber : pixabay.com/@good31)
Sukabumi02 Juli 2024, 10:12 WIB

Hii! Ular Sanca 2 Meter Nyaris Masuk Showroom Mobil saat Hujan Deras di Sukabumi

Ular sanca 2 meter muncul dari selokan saat hujan deras di Parungkuda Sukabumi, nyaris masuk showroom mobil.
Petugas Animal Rescue Damkar Parungkuda Sukabumi saat mengevakuasi ular sanca yang nyaris masuk Showroom Mobil saat hujan deras. (Sumber : Istimewa)
Life02 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Ada kalanya pasangan yang saling mencintai justru tidak bahagia dalam hubungan mereka.
Ilustrasi - Ada kalanya pasangan yang saling mencintai justru tidak bahagia dalam hubungan mereka. (Sumber : pexels.com/@Asad Photo Maldives).
Life02 Juli 2024, 09:45 WIB

Tidak Terkena Gangguan Mental, 6 Perilaku Orang yang Tidak Pernah Memposting di Media Sosial

Ada ciri-ciri yang dapat dilihat ketika orang tidak pernah memposting kehidupan pribadi di media sosial.
Ilustrasi orang yang tidak pernah memposting di media sosial (Sumber : Pexels.com/@AlokSharma)
Sehat02 Juli 2024, 09:30 WIB

Kalori Aman Terkendali, 3 Panduan Makan Sehat untuk Mencegah Berat Badan Naik

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga berat badan tetap terkendali dan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.
Ilustrasi. Mengendalikan kalori dari makanan merupakan strategi kunci dalam menjaga berat badan dan kesehatan (Sumber : Freepik/studioredcup)
Life02 Juli 2024, 09:15 WIB

12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik & Tanggung Jawab

Inilah Tips Parenting untuk Anda tentang Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik & Tanggung Jawab.
Ilustrasi. Anak Laki-laki yang Memiliki Kepribadian Baik (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 09:09 WIB

Langkah Strategis Ayep Zaki untuk Pemberdayaan Komunitas dengan Dana Abadi

Ayep Zaki, mengambil langkah strategis dalam upayanya untuk memberdayakan masyarakat melalui Program Dana Abadi.
Ayep Zaki menyerahkan dana abadi kepada warga Cikole Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat02 Juli 2024, 09:00 WIB

12 Resep Jus Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dan Cara Membuatnya

Memasukkan jus ke dalam perjalanan penurunan berat badan Anda dapat memberikan banyak manfaat.
Ilustrasi - Memasukkan jus ke dalam perjalanan penurunan berat badan Anda dapat memberikan banyak manfaat. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Inspirasi02 Juli 2024, 08:45 WIB

Info Loker untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan

Berikut Informasi Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan
Ilustrasi Karyawan. Info Loker untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan | Foto: Pixabay
Sehat02 Juli 2024, 08:00 WIB

Awas Obesitas Tidak Sehat! Ketahui 5 Faktor Resiko Berat Badan Naik Ekstrem

Risiko obesitas sangat serius karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.
Ilustrasi. Risiko obesitas sangat serius karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. (Sumber : Freepik/jcomp)