3 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat dengan Cara Melakukannya

Selasa 28 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Olahraga sangat erat kaitannya dengan asam urat karena dapat mencegah dan mengatasi serangannya di masa depan. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga sangat erat kaitannya dengan asam urat karena dapat mencegah dan mengatasi serangannya di masa depan. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda menderita asam urat, kurang olahraga dapat menyebabkan lingkaran setan yang memperburuk dan memperparah efek menyakitkan dari penyakit tersebut.

Asam urat membuat persendian Anda sakit dan membuat Anda enggan untuk bangun dan bergerak. Ketidakaktifan ini pada gilirannya membuat Anda kurang fleksibel, melemahkan otot dan persendian, dan dapat mengakibatkan pengeroposan tulang.

Perubahan ini memperkuat gejala asam urat yang menyakitkan. Olahraga benar-benar dapat membantu Anda mengendalikan asam urat dan mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: 5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Olahraga yang tepat dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan energi serta menjaga kebugaran tubuh dengan menjaga berat badan yang sehat dan membangun kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Olahraga teratur yang tepat dapat membantu membalikkan efek asam urat. Ini juga akan membangun lebih banyak otot, meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan.

Dengan berolahraga secara teratur, Anda akan merasa lebih kuat dan berenergi. Penting juga untuk diingat bahwa 1-2 pukulan yang paling efektif adalah diet sehat yang dikombinasikan dengan rencana olahraga untuk membantu menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

Dihimpun dari laman healthcentral, beberapa latihan di bawah ini akan membantu mengurangi gejala nyeri dan kambuhnya asam urat. Penting bagi Anda untuk melakukan latihan dengan bentuk yang baik dan gerakan yang halus.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk penderita asam urat.

1. Latihan Kardio atau Aerobik

Latihan kardiovaskular akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menggunakan oksigen untuk memetabolisme asam dalam tubuh. Selain itu, sebagian besar latihan aerobik akan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Darah

Cara Melakukannya: Pilih latihan aerobik berdampak rendah seperti jalan fitnes, naik tangga, atau olahraga menari. Mulailah dengan 10 menit setiap hari dan tambahkan beberapa menit setiap hari. Sasaran Anda adalah 30 hingga 45 menit sehari, 5 hari seminggu.

2. Renang

Ada alasan mengapa mereka menyebut berenang sebagai sumber awet muda. Berenang dan aerobik air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi tanpa pengaruh gravitasi sepenuhnya. Saat Anda bergerak di dalam air, tekanan pada persendian Anda berkurang.

Cara Melakukannya: Mulailah secara perlahan dan secara bertahap tingkatkan total waktu yang Anda habiskan untuk berenang. Penting untuk diingat bahwa kecepatan dan jarak tidak sepenting jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berenang.

Baca Juga: 8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

Bangun rutinitas yang baik dengan memulai dua hari seminggu selama 15 menit. Tujuan Anda adalah berenang selama 30 hingga 45 menit.

3. Peregangan

Bahu

Luangkan waktu beberapa menit untuk melatih seluruh sendi utama tubuh bagian atas Anda melalui latihan rentang gerak yang lengkap. Letakkan tangan Anda di samping tubuh dan putar bahu Anda ke depan selama 30 detik, lalu putar ke belakang selama 30 detik lagi.

Pergelangan tangan

Kepalkan tangan Anda dan putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam masing-masing selama 30 detik.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

Punggung dan paha belakang

Duduklah di lantai dengan kaki lurus ke depan dan raih ke depan untuk menyentuh jari-jari kaki. Tahan selama sekitar 15 detik dan coba 3 kali lagi.

Sebagai catatan, ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi