Punya Kolesterol Tinggi? Ikuti 8 Cara Alami Ini Agar Sembuh Tanpa Obat

Senin 27 Mei 2024, 17:30 WIB
Jika ingin sembuh kolesterol tinggi tanpa obat, maka cobalah cara alami berikut ini. (Sumber : Freepik.com)

Jika ingin sembuh kolesterol tinggi tanpa obat, maka cobalah cara alami berikut ini. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika ada yang mepunyai riwayat kolesterol tinggi atau sedang berjuang menurunkannya, maka cobalah cara alami untuk sembuh tanpa obat.

Sebab terkadang, obat medis saja tidak cukup ampuh untuk membuat penderita kolesterol sembuh sepenuhnya dari resiko penyakit jantung. Sehingga pola hidup adalah hal penting untuk dirubah.

Cara alami sembuhkan kolesterol tinggi ini juga harus dibarengi dengan konsisten yang dijalankan terus menerus. Jika bisa, ubahlah pola hidup menjadi lebih sehat setelahnya agar tubuh tetap sehat.

Mengutip dari artikel di laman tuasaude.com yang diunggah pada 16 Desember 2022, ada 8 cara alami yang bisa sembuhkan kolesterol tinggi tanpa obat. Berikut diantaranya:

Baca Juga: 6 Kesalahan Orang Tua Saat Mendidik yang Membuat Anak Hidup Miskin di Masa Depan

1. Berolahraga Secara Rutin

Latihan aerobik seperti berenang, lari, jalan kaki, aerobik air dan bersepeda, merupakan cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Anda harus mendedikasikan setidaknya 30 menit per hari, setidaknya 3 kali seminggu, untuk melakukan olahraga intensitas sedang hingga tinggi.

2. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Fitosterol dan Fitostanol

Mengonsumsi makanan yang kaya fitosterol dan fitostanol dapat membantu mengurangi kolesterol "jahat", atau kolesterol LDL. Makanan ini menurunkan risiko penyakit jantung, seperti aterosklerosis dan infark miokard.

Makanan yang kaya akan senyawa ini antara lain minyak nabati, kacang-kacangan, dan polong-polongan (khususnya kacang kedelai).

3. Meningkatkan Asupan Serat

Pola makan yang kaya serat larut, seperti oat, barley, dan kacang-kacangan, dapat membantu meningkatkan pembuangan kolesterol melalui tinja. Serat difermentasi di usus, yang menghasilkan asam lemak rantai pendek. Kolesterol kemudian dihilangkan dengan bantuan asam empedu, dan pembentukan kolesterol lebih lanjut di hati dihambat.

Baca Juga: Begini Cara Buat Teh Jahe Untuk Obati Asam Urat, Simpel Banget!

4. Mengkonsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup secara alami di usus. Makanan ini berasal dari sumber seperti yogurt atau suplemen dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan dan melancarkan aliran usus.

5. Minum Teh Hijau Setiap Hari

Teh hijau membantu mengatur kadar kolesterol, terutama LDL. Karena efek antioksidannya yang kuat. Konsumsi teh satu ini sebanyak 2 hingga 4 cangkir per hari untuk mencapai efek ini. Meskipun penderita tekanan darah tinggi sebaiknya minum maksimal 3 cangkir per hari.

6. Mengonsumsi Lemak Sehat

Makanan yang kaya omega-3, terutama ikan berlemak seperti mackerel, herring, salmon, tuna, dan trout, membantu menurunkan kadar trigliserida. Meski tidak menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), tetapi makanan ini dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

7. Makan Lebih Banyak Bawang Putih

Bawang putih ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dengan menghambat oksidasi. Bawang putih dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan mengatur kadar kolesterol. Pasien disarankan makan satu siung bawang putih per hari.

8. Minum Jus Terong

Jus terong merupakan obat rumahan yang bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi karena mengandung zat antioksidan, seperti nasunin dan antosianin. Untuk membuatnya sebaiknya menggunakan terong utuh, termasuk kulitnya. Karena disinilah zat antioksidan paling terkonsentrasi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)