Inilah 9 Masalah Serius Akibat Hipertensi, Pahami Cara Mencegahnya!

Kamis 23 Mei 2024, 10:45 WIB
Waspadalah jika mengidap hipertensi, karena dapat sebabkan 9 masalah serius pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)

Waspadalah jika mengidap hipertensi, karena dapat sebabkan 9 masalah serius pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang sangat umum dari hari ke hari. Semakin banyak orang terkena resiko hipertensi karena adanya tuntutan perubahan gaya hidup.

Tekanan darah tinggi atau disebut hipertensi merupakan penyakit yang memiliki dampak buruk hampir pada setiap bagian tubuh. Bila masalah kesehatan ini tidak terkontrol bisa menyebabkan kecacatan, kualitas hidup buruk, dan angka kematian lebih tinggi dari pasiennya.

Mengutip dari sebuah artikel di laman healthshots.com yang diunggah pada 23 Oktober 2023, ada 9 masalah serius akibat hipertensi dan juga cara mencegahnya. Berikut ini daftarnya:

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

1. Serangan Jantung dan Stroke Otak

Tahukah Anda bahwa pengerasan pembuluh darah (kalsifikasi dan aterosklerosis) bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi? Hal ini dapat merusak pembuluh darah, menyebabkannya menjadi kaku, dan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Singkatnya, kurangnya suplai darah ke jantung atau otak dapat menyebabkan serangan jantung bahkan stroke otak. Jadi kendalikan tekanan darah dengan meminum obat setiap hari dan setidaknya memiliki alat pengukur karena sangat penting untuk mengetahui hipertensi agar bisa menghindari komplikasi.

2. Aneurisma

Ini adalah pelebaran arteri yang membuatnya membengkak hingga membentuk balon. Aneurisma dapat terjadi di arteri mana pun karena tekanan darah tinggi tidak bisa dikelola dengan baik dan sering kali terlihat di arteri terbesar di tubuh yaitu aorta.

3. Penyakit Arteri Koroner

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan arteri menyempit sehingga menyulitkan suplai darah ke jantung. Hal ini bisa membuat nyeri pada dada (angina), dan irama jantung tidak teratur (aritmia).

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

4. Gagal Jantung

Hipertensi menyebabkan otot jantung menebal dan membesar. Jantung kita mempunyai dua fungsi, yang pertama fungsi sistolik untuk mendorong darah dengan kuat di aorta. Sementara kedua, diastolik artinya menerima darah masuk di jantung yang kosong, sehingga bisa mendorong darah baru ke dalam aorta. Hipertensi dapat mempengaruhi kedua fungsi dan menyebabkan gagal jantung.

5. Kematian Jantung Mendadak

Hipertensi yang tidak tertangani juga dapat meningkatkan kemungkinan kematian jantung mendadak.

6. Penyakit Arteri Perifer

Anda akan terkejut mengetahui bahwa hipertensi bisa menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD) dengan mengurangi aliran darah ke kaki. Hal ini dapat membuat nyeri dan kram pada kaki, bahkan dengan sedikit aktivitas.

7. Gagal Ginjal

Hipertensi merupakan salah satu faktor utama penyebab gagal ginjal. Hal ini berdampak buruk pada pembuluh darah kecil yang memasok darah ke ginjal. Seiring waktu, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol menyebabkan penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

8. Kehilangan Penglihatan

Pembuluh darah kecil dan halus yang memasok darah ke mata bisa rusak karena tekanan darah yang tidak terkontrol. Bila dibiarkan dapat menyebabkan penglihatan kabur bahkan sampai kehilangan penglihatan.

9. Disfungsi Ereksi

Pada pria, tekanan darah tinggi juga bisa berdampak pada kehidupan seks seseorang. Aliran darah yang baik sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Tapi, kerusakan pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi tidak terkontrol sehingga bisa mengurangi aliran darah ke penis.

Berikut ini cara mencegah masalah serius yang diakibatkan oleh hipertensi tersebut:

  • Olahraga teratur selama 30 hingga 40 menit sangat penting. Sekalipun jalan cepat sangat penting untuk kesehatan jantung. Akan lebih baik kalau bisa lari, berenang, atau bersepeda, tapi jalan kaki setiap hari adalah olahraga minimal yang harus kita lakukan agar terhindar dari penyakit kardiovaskular.
  • Kebiasaan makan juga harus diperbaiki dengan menghindari junk food, minuman bersoda, gorengan hingga makanan asin karena merupakan pemicu tekanan darah tinggi.
  • Kurangi asupan garam. Pastikan untuk berhenti merokok atau penggunaan tembakau apa pun.
  • Berlatih yoga atau meditasi untuk mengurangi stres pada tubuh.
  • Tidur selama 7 hingga 8 jam di malam hari sangat penting karena tubuh kita diremajakan dengan tidur nyenyak yang nyenyak.
  • Pengobatan rutin dan pemeriksaan ke dokter agar bisa menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Baca Juga: Gampang! Cara Membuat Infused Water Kulit Jeruk untuk Meredakan Nyeri Sendi

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, pahami penyakitnya dengan baik dan kendalikan segera agar tetap sehat dalam jangka panjang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).