Hindari Pemicunya, Berikut 5 Tips Ampuh Mencegah Sakit Kepala Pada Anak

Rabu 22 Mei 2024, 11:15 WIB
Ilustrasi mempraktekkan gaya hidup sehat merupakan salah satu pencegahan sakit kepala pada anak (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)

Ilustrasi mempraktekkan gaya hidup sehat merupakan salah satu pencegahan sakit kepala pada anak (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit kepala pada anak dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Baik itu saat mereka bermain, bangun tidur, sedang makan, bahkan di sekolah ketika sedang belajar.

Namun orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena biasanya kebanyakan sakit kepala pada anak tidak terlalu serius, tetapi sebaiknya segera berikan perawatan medis jika si kecil terus menerus terjadi:

  • Bangunkan anak Anda dari tidurnya
  • Memburuk atau menjadi lebih sering
  • Ubah kepribadian anak Anda
  • Ikuti cedera, seperti pukulan di kepala
  • Ciri-cirinya adalah muntah terus-menerus atau perubahan penglihatan
  • Disertai demam dan nyeri atau kaku leher

Pencegahan Sakit Kepala Pada Anak

Berikut ini beberapa cara yang mungkin dapat membantu mencegah atau mengurangi keparahan sakit kepala pada anak dikutip dari laman mayoclinic.org:

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

1. Praktekkan Perilaku Sehat

Perilaku yang meningkatkan kesehatan secara umum juga dapat membantu mencegah sakit kepala pada anak. Langkah-langkah gaya hidup ini termasuk banyak tidur, tetap aktif secara fisik, mengonsumsi makanan dan camilan sehat, minum hingga delapan gelas air setiap hari, dan membatasi kafein.

2. Mengurangi Stres

Stres dan memiliki jadwal sibuk dapat meningkatkan frekuensi sakit kepala. Waspadai hal-hal yang dapat menyebabkan stres dalam hidup anak, seperti kesulitan mengerjakan tugas sekolah atau tegangnya hubungan dengan teman sebaya.

Jika sakit kepala mereka berhubungan dengan kecemasan atau depresi, maka pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan konselor agar mendapatkan penangan yang tepat.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

3. Buatlah Catatan Harian Tentang Sakit Kepala

Buku harian dapat membantu orang tua menentukan penyebab sakit kepala pada anak. Catat kapan sakit kepala mulai muncul, berapa lama berlangsung, dan apa saja yang bisa meredakannya.

Catat juga respon si kecil terhadap penggunaan obat sakit kepala apa pun. Seiring waktu, hal-hal yang dicatat dalam buku harian sakit kepala akan membantu Anda memahami gejala anak, sehingga dengan cepat mengambil tindakan pencegahan khusus.

4. Hindari Pemicu Sakit Kepala

Hindari makanan atau minuman apa pun, seperti yang mengandung kafein karena bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Buku harian sakit kepala yang sudah dicatat dapat membantu Anda menentukan apa saja penyebab sakit kepala pada si kecil, sehingga tahu cara untuk menghindarinya.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

5. Ikuti Rencana Dokter

Dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan pencegahan jika sakit kepala yang parah, terjadi setiap hari, dan mengganggu gaya hidup normal anak-anak.

Obat-obatan tertentu yang diminum secara berkala seperti antidepresan, obat anti kejang, atau beta blocker dapat mengurangi frekuensi, dan tingkat keparahan sakit kepala.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa