8 Pengobatan Rumahan Ini Teruji Mengobati Asam Urat, Alami Tanpa Pakai Obat!

Senin 20 Mei 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi Ketumbar - Asam urat dapat di obati dengan cara alami tanpa haru menggunakan obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).

Ilustrasi Ketumbar - Asam urat dapat di obati dengan cara alami tanpa haru menggunakan obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).

SUKABUMIUPDATE.com - Peran pola makan masih belum jelas yang menyebabkan tingginya asam urat, namun penyebab utamanya adalah makanan tinggi purin, kaya fruktosa tinggi dan tingginya asupan alkohol.

Beberapa peneliti menemukan bahwa pola makan tinggi purin dapat meningkatkan asam urat darah sebesar 1-2 mg/dl. Jadi, mari kita lihat apa itu asam urat dan bagaimana kita dapat menghindari kadar asam urat yang tinggi melalui pola makan.

Berikut ini ada beberapa pengobatan rumahan yang secara alami dapat mengobati asam urat, dihimpun dari laman onlymyhealth.

Baca Juga: Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

1. Vitamin C

Pola makan yang kaya vitamin c menurunkan asam urat, Minimal 500mg vitamin c terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Makanan kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, ketumbar, mint, amla, jambu biji, karonda merupakan sumber vitamin c yang baik.

Terlihat bahwa pola makan yang cukup vitamin c mencegah penyerapan kembali asam urat di ginjal. Yang diperlukan hanyalah menambahkan segelas jus lemon ke dalam menu makanan Anda.

2. Minumlah 1-2 Cangkir Kopi Hitam

Para peneliti menemukan bahwa meminum kembali kopi menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah. Saat kita meminum kopi hitam, senyawa “asam klorogenat”, antioksidan yang ditemukan dalam kopi hitam, meningkatkan resistensi insulin.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Perlu diperhatikan bahwa menambahkan susu ke dalam kopi akan mengurangi penyerapan senyawa ini. Oleh karena itu, kopi harus berwarna hitam. Selain itu, setiap cangkir kopi hitam sebaiknya disertai dengan segelas air untuk menghindari dehidrasi.

3. Konsumsi Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti whey, buttermilk, paneer buatan sendiri, menunjukkan penurunan kadar asam urat. Hal ini mungkin disebabkan oleh protein susu (laktalbumin dan kasein) yang membantu pelepasan asam urat dari tubuh.

Anda tidak perlu berlebihan dalam mengonsumsi produk susu secara berlebihan. Anda cukup mengonsumsi 2 porsi produk susu rendah lemak dalam sehari, seperti 2 cangkir dadih rendah lemak atau 1 gelas susu rendah lemak dan 50 gram paneer buatan sendiri.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

4. Minum Banyak Air

Ini dapat menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Rata-rata seseorang membutuhkan 35ml/kg/hari cairan dalam sehari, yang berarti seseorang dengan berat badan 70 kg membutuhkan sekitar 2,5 liter air dalam sehari dan ekstra untuk kehilangan keringat saat melakukan aktivitas berat. Minum air putih sedikit demi sedikit adalah kunci agar tetap terhidrasi.

5. Konsumsi Biji Ketumbar

Konsumsilah biji ketumbar atau air daunnya sehari sekali atau 2 kali sehari. Rendam 1 sendok makan biji ketumbar atau ¼ cangkir daun ketumbar cincang segar dalam 250 ml air gelas semalaman dan konsumsi air ini kapan saja sepanjang hari.

6. Membalut dengan Daun Kubis

Pada saat asam urat menyerang, balutlah persendian Anda yang bengkak dengan daun kubis. Percayalah ini berhasil, caranya cuci 5-6 lembar daun kubis dan simpan di lemari es. Bungkus daun di sekitar area yang bengkak dan bungkus kain muslin di atasnya. Setelah daun kubis basah, buanglah dan ulangi jika perlu.

Baca Juga: Turunkan Gula Darah Secara Alami,  7 Tips Ampuh dengan Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Kubis meninggalkan diuretik, yakni menguras cairan ekstra dan memberikan kenyamanan dari sendi merah yang bengkak.

7. Berhenti Konsumsi Alkohol dan Bir

Bir tinggi purin, senyawa yang menyebabkan tingginya konsentrasi asam urat dalam darah. Jika Anda berpikir untuk mengonsumsi alkohol jenis lain dan Anda memiliki asam urat tinggi maka jawabannya adalah tidak!

Semua minuman beralkohol akan menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi. Hal ini sebagian besar terlihat karena asupan alkohol mengurangi kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat dan juga meningkatkan produksi asam urat.

8. Menurunkan Berat Badan

Terbukti bahwa diet terbatas kalori meningkatkan sensitivitas insulin pada individu. Saat Anda menurunkan berat badan, ini meningkatkan sensitivitas insulin yang merupakan salah satu alasan tingginya konsentrasi asam urat dalam serum.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Sensitivitas insulin berarti kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien. Pada tingkat resistensi insulin yang tinggi, insulin tubuh kita tidak bekerja secara efisien, sehingga gula dalam darah disimpan sebagai lemak.

Puasa seminggu sekali atau puasa intermiten, mengurangi kontrol porsi, mengatur waktu makan dengan tepat, memperhatikan makanan adalah beberapa contohnya. Jadi, pikirkanlah untuk menurunkan 10% berat badan tersebut untuk mengendalikan kadar asam urat yang tinggi.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang