6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Radang Sendi

Minggu 19 Mei 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)

SUKABUMIUPDATE.com - Radang sendi, atau artritis, adalah kondisi medis yang melibatkan peradangan pada satu atau lebih sendi. Artritis dapat menyebabkan nyeri, kekakuan, bengkak, dan keterbatasan gerak pada sendi yang terkena.

Terdapat berbagai jenis radang sendi, masing-masing dengan penyebab, gejala. Berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Radang Sendi

Osteoartritis (OA): Merupakan jenis radang sendi yang paling umum, biasanya terjadi akibat ausnya tulang rawan di antara sendi seiring bertambahnya usia. Gejala termasuk nyeri dan kekakuan pada sendi, terutama setelah aktivitas atau di pagi hari.

Artritis Reumatoid (RA): Merupakan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sendi, menyebabkan peradangan kronis. Gejala termasuk nyeri sendi, pembengkakan, kelelahan, dan kerusakan sendi yang dapat menyebabkan deformitas.

Gout (Asam Urat): Disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, sering kali menyerang sendi di jempol kaki. Gout menyebabkan nyeri sendi yang hebat, pembengkakan, dan kemerahan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Gejala Umum Radang Sendi

  • Nyeri Sendi: Rasa nyeri di sendi yang terkena, yang bisa berlanjut atau terjadi secara periodik.
  • Kekakuan: Kesulitan menggerakkan sendi, terutama setelah periode istirahat.
  • Pembengkakan: Peningkatan ukuran sendi yang terkena akibat peradangan.
  • Kemerahan: Kulit di sekitar sendi yang meradang mungkin tampak merah.
  • Keterbatasan Gerak: Kesulitan menggerakkan sendi sepenuhnya atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Penyebab Radang Sendi

  • Faktor Genetik: Beberapa jenis radang sendi, seperti rheumatoid arthritis dan lupus, dapat memiliki komponen genetik.
  • Kegemukan: Berat badan berlebih menambah tekanan pada sendi, terutama pada lutut, pinggul, dan tulang belakang.
  • Cedera Sendi: Cedera sebelumnya dapat meningkatkan risiko osteoartritis.
  • Infeksi: Beberapa jenis radang sendi disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang menyerang sendi.

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita radang sendi telah lama merasakan bahwa makanan tertentu mengurangi nyeri sendi dan peradangan. Kini para peneliti menemukan lebih banyak tentang makanan dan rempah-rempah yang berperan dalam meredakan gejala radang sendi dan cara kerjanya.

Dikutip dari laman arthritis, Ruth Frechman, ahli gizi diet terdaftar di California, menekankan bahwa tidak ada satupun makanan ajaib. Namun bukti menunjukkan bahwa pola makan yang sehat disertai dengan makanan tertentu, bumbu dan rempah-rempah dapat memberikan perbedaan yang signifikan.

Berikut adalah makanan untuk membantu meringankan radang sendi.

1. Brokoli, Kubis Brussel, Kembang Kol, dan Kubis

Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut sulforaphane. Dalam penelitian pada hewan, sulforaphane memperlambat atau mencegah produksi sel B dan sitokin inflamasi seperti faktor nekrosis tumor (TNF), keduanya mendorong radang sendi.

Studi eksperimental lain menemukan bahwa sulforaphane dapat membantu mencegah penyakit manusia, termasuk penyakit Parkinson dan Alzheimer, stroke, dan kemungkinan kanker.

Jumlah sulforaphane dalam penelitian umumnya jauh lebih besar dibandingkan makanan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah makan sayuran mentah dalam salad atau dimasak sebentar dengan tumisan.

2. Ikan dengan Lemak Baik

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, trout, dan ikan kembung kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu melawan peradangan. Coba tambahkan ikan ke dalam makanan Anda beberapa kali seminggu.

Jika Anda bukan penggemar berat ikan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen omega-3. Dan jika Anda vegetarian atau vegan, carilah suplemen minyak dari alga. Mereka memiliki manfaat yang sama tanpa rasa amis atau sendawa.

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah anggota keluarga allium yang juga mencakup bawang bombay, daun bawang, dan bawang merah. Semuanya mengandung senyawa yang disebut diallyl disulfide yang dapat membantu beberapa penyakit termasuk arthritis.

“Senyawa ini mungkin memiliki beberapa efek dalam membatasi enzim yang merusak tulang rawan,” kata ahli reumatologi Scott Zashin, MD, profesor klinis di University of Texas Southwestern Medical School di Dallas.

4. Ceri Asam

Ratusan penelitian telah melaporkan manfaat buah ceri dan produk yang dibuat darinya. Ceri memiliki rekam jejak yang sukses dalam meredakan asam urat , terutama karena berkurangnya asam urat, meskipun hasil penelitian tentang asam urat masih beragam.

Ceri, terutama dalam bentuk suplemen, konsentrat atau ekstrak, juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta dapat membantu mengatasi insomnia, berpikir, dan pemulihan setelah berolahraga.

5. Kunyit

Hanya sedikit makanan anti inflamasi yang telah diteliti dengan baik atau memiliki rekam jejak yang panjang seperti kurkumin, senyawa dalam kunyit, salah satu bumbu utama dalam kari.

Kurkumin adalah anti-inflamasi yang secara khusus menargetkan sitokin pro-inflamasi dan sel T dan sel B yang disfungsional yang terlibat dalam radang sendi.

6. Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C berlimpah dalam buah jeruk, stroberi, paprika, peterseli, brokoli, kiwi, dan melon belum lagi buah plum Kakadu, sumber terkaya di dunia. Vitamin C sangat penting untuk penyembuhan luka dan untuk membentuk pembuluh darah, otot dan tulang rawan pada tulang.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)