Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Sabtu 18 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)

Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol tinggi, terutama kolesterol LDL (low-density lipoprotein) tingkat tinggi, yang sering disebut sebagai kolesterol "jahat", merupakan masalah yang signifikan bagi kesehatan pria.

Ini adalah kondisi diam yang biasanya tidak menunjukkan gejala spesifik, terutama pada malam hari. Namun, peningkatan kolesterol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk aterosklerosis, yang melibatkan pengerasan dan penyempitan arteri, sehingga berpotensi menyebabkan gejala yang muncul terutama pada malam hari.

Tanda-Tanda Tak Biasa Tingginya Kolesterol Jahat LDL

Untuk memahami tanda-tanda tidak biasa yang dapat membantu deteksi dini dan pengelolaan kadar kolesterol LDL yang tinggi, dikutip dari onlymyhelath, pakar kesehatan Dr Shubendu Mohanty, Ahli Jantung Senior -Rumah Sakit Sharda, membagikan berbagai gejalanya.

Baca Juga: 5 Minuman Alami dan Sehat untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. Nyeri Dada

Salah satu gejala paling umum yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol tinggi , terutama di malam hari, adalah nyeri dada. Rasa sakit ini mungkin terjadi karena berkurangnya aliran darah ke jantung yang disebabkan oleh penyempitan arteri, suatu kondisi yang dikenal sebagai penyakit arteri koroner.

Nyeri dada, terutama pada malam hari, tidak boleh diabaikan dan memerlukan perhatian medis segera.

2. Sesak Nafas

Kesulitan bernapas atau sesak nafas, terutama saat tidur, juga bisa menjadi indikasi tingginya kadar kolesterol. Gejala ini mungkin terjadi karena berkurangnya pasokan oksigen ke jantung dan organ lain yang disebabkan oleh penyempitan arteri sehingga menyebabkan sirkulasi darah tidak memadai.

Baca Juga: Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

3. Kelelahan

Merasa sangat lelah atau letih di siang hari atau mengalami kesulitan tidur di malam hari dapat dikaitkan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Sirkulasi darah yang buruk akibat penyempitan arteri dapat menyebabkan suplai oksigen ke jaringan dan organ tidak mencukupi, sehingga mengakibatkan kelelahan dan gangguan tidur.

4. Kekuningan Di Sekitar Mata

Xanthelasma, endapan kekuningan di sekitar mata, merupakan tanda umum kadar kolesterol LDL yang tinggi. Endapan ini, biasanya terlihat pada kelopak mata, sering kali menunjukkan kelainan lipid dan dapat menjadi petunjuk visual untuk kelainan kolesterol yang mendasarinya.

5. Cincin Abu-abu atau Putih di Sekitar Kornea

Arcus senilis, lingkaran abu-abu atau putih di sekitar kornea, juga dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi, terutama pada individu di bawah usia 45 tahun. Kondisi ini disebabkan oleh timbunan kolesterol di kornea mata dan dapat dikaitkan dengan peningkatan kadar lipid.

Baca Juga: 8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

6. Nyeri atau Kram di Betis yang Tidak Diketahui

Mengalami nyeri atau kram yang tidak diketahui penyebabnya di betis, terutama setelah berolahraga, bisa jadi merupakan tanda penyakit arteri perifer (PAD). PAD dikaitkan dengan penyempitan arteri akibat penumpukan plak, yang sering dikaitkan dengan kadar kolesterol LDL yang tinggi.

7. Disfungsi Tiroid

Hormon tiroid dan kolesterol mempunyai hubungan timbal balik. Peningkatan kadar kolesterol LDL bisa menjadi gejala hipotiroidisme, kelenjar tiroid yang kurang aktif. Sebaliknya, kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat berdampak pada fungsi tiroid.

Oleh karena itu, individu dengan hipotiroidisme yang tidak diketahui penyebabnya dapat mengambil manfaat dari pemeriksaan kadar kolesterol untuk menilai kelainan lipid yang mendasarinya.

Baca Juga: 6 Langkah Membuat Teh Rosemary di Rumah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)