8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kamis 16 Mei 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)

Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, sudah pasti Anda akan menjauhi makanan tidak sehat dan melakukan pola hidup sehat. Itu juga berarti Anda perlu memiliki kendali terhadap makanan yang digoreng, daging merah, dan makanan penutup yang lemak jahat.

Namun, bergerak, berolahraga, dan yoga asana juga dapat membantu untuk mengelola kolesterol tinggi. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di Sage Journals menemukan yoga cukup efektif dalam meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) dan menekan kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Yoga asana merupakan gerakan fisik dalam olahraga yoga yang dapat dilakukan di mana saja. Kata asana sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti postur, duduk, atau tempat.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Ada banyak gerakan yoga asana yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa pose yoga asana yang dapat membantu Anda mengatur kadar kolesterol:

Yoga Untuk Mengontrol Kolesterol

1. Tadasana

Regangkan seluruh tubuh ke atas sambil berdiri dengan kedua kaki rapat dan telapak tangan menghadap ke depan.

Pose ini membantu memperbaiki postur tubuh dan pencernaan, yang secara tidak langsung berkontribusi terhadap pengendalian kolesterol.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

2. Trikonasana

Berdirilah dengan kaki terbuka lebar dan angkat lengan sambil mengulurkan satu tangan hingga menyentuh jari-jari kaki di sisi lainnya.

Pose ini meningkatkan pencernaan, meregangkan sisi tubuh, dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Paschimottanasana

Duduklah dengan kaki terentang di depan Anda, tekuk ke depan hingga menyentuh jari-jari kaki sambil menjaga tulang belakang tetap lurus.

Asana ini meregangkan paha belakang dan dapat menstimulasi sistem pencernaan, yang dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

4. Bhujangasana

Berbaring tengkurap dengan telapak tangan menempel di dada dan angkat tubuh bagian atas dari lantai. Pose kobra membantu memperkuat tulang belakang dan meningkatkan aliran darah.

Itu penting karena dengan kolesterol tinggi, Anda bisa berakhir dengan timbunan lemak di pembuluh darah Anda. Setelah beberapa waktu, endapan ini tumbuh dan menyulitkan darah mengalir melalui arteri dengan lancar sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

5. Ardha Matsyendrasana

Duduklah dengan satu kaki ditekuk dan kaki lainnya disilangkan, putar tubuh bagian atas ke samping. Asana ini dapat meningkatkan pencernaan dan meningkatkan fungsi hati dan pankreas, yang berpotensi berdampak pada kadar kolesterol.

Baca Juga: Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

6. Sarvangasana

Sambil menopang punggung bawah dengan tangan, angkat kaki dan badan sambil berbaring telentang. Posisi terbalik ini dapat mengaktifkan kelenjar tiroid yang berperan dalam mengendalikan metabolisme kolesterol.

7. Setu Bandhasana

Berbaring telentang dengan kaki ditekuk dan angkat pinggul dan dada dari lantai. Postur jembatan membantu membangun kekuatan punggung dan meningkatkan sirkulasi darah.

8. Viparita Karani

Untuk melakukan asana ini, duduklah dengan kaki menempel ke dinding dan tubuh bagian atas membentuk sudut 90 derajat. Stres, yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, dapat dikurangi dengan penggunaan pose restoratif ini.

Baca Juga: Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Saat Anda mencoba asana yoga untuk mengontrol kolesterol ini, jangan lupa untuk mencoba berjalan kaki, bersepeda, atau berenang juga. Penting juga untuk mengikuti pengobatan rutin yang direkomendasikan oleh dokter Anda untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)