3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

Kamis 16 Mei 2024, 11:15 WIB
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)

Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita asam urat tidak hanya bisa diobati dengan obatan-obatan dari dokter saja, tetapi juga bisa dengan mencari pengobatan alami agar bisa membantu meringankan gejalanya lebih cepat.

Sejauh ini, dukungan ilmiah terhadap klaim tentang obat alami apa saja yang dapat mengobati asam urat masih terbatas. Tetapi dengan bahan alami, resiko terkena komplikasi seperti pada efek obat kimia sangat minim.

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri hebat secara tiba-tiba, kemerahan, panas, bengkak, dan nyeri pada persendian. Terkadang, nyerinya dari gejala penyakit satu ini sangat mengganggu aktivitas.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Biasanya asam urat menyerang sendi besar jempol kaki, tapi bisa juga terjadi pada kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan, pergelangan tangan, hingga ibu jari pada tangan. Sehingga kita perlu tahu obat alami apa yang bisa membantu pemulihannya.

Melansir dari artikel pada laman verywellhealth.com yang diunggah pada 9 Maret 2024, terdapat 3 obat alami yang bisa meredakan asam urat dan dapat dibuat atau dilakukan sendiri di rumah.

Berikut ini 3 obat alami yang bisa dibuat dan dilakukan di rumah untuk membantu asam urat mereda:

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

1. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat, tapi tampaknya belum ada bukti kuat yang meyakini bahwa kandungan satu ini dapat melindungi sendi dari asam urat.

American College of Rheumatology menyimpulkan bahwa “data mengenai vitamin C tidak cukup untuk mendukung rekomendasi penggunaan vitamin C pada pasien penderita asam urat.”

Jika penderita asam urat ingin menambahkan konsumsi vitamin C selain obat dari dokter, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani penyakit asam urat.

Baca Juga: 8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

2. Ceri

Ceri merupakan salah satu buah populer yang bisa dijadikan pengobatan untuk asam urat. Adapun saran untuk mengkonsumsi buah satu ini adalah antara setengah cangkir dan satu pon ceri sehari.

Sebagai obat asam urat, buah ceri bisa dimakan langsung atau diblender lalu diencerkan dengan air untuk dijadikan jus. Bahkan ekstrak dari ceri bisa menjadi obat untuk penderita asam urat dan tersedia di beberapa toko makanan.

Meskipun ceri adalah obat asam urat yang cukup terkenal, tapi buktinya sangat terbatas. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi buah berukuran kecil ini atau ekstrak ceri dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat.

Baca Juga: 5 Infused Water untuk Mengurangi Gejala Asam Urat, Salah Satunya Air Lemon

3. Diet

Sebagian besar asam urat dalam tubuh terbuat dari metabolisme purin alami, namun mengkonsumsi makanan kaya akan purin juga dapat menyebabkan asam urat.

Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional Ketiga yang menggunakan data 14.809 orang di Amerika Serikat, menemukan adanya peningkatan kadar asam urat pada orang yang mengonsumsi daging dan makanan laut dalam jumlah besar.

Penelitian yang lebih baru mendukung hubungan antara konsumsi daging dan makanan laut dengan asam urat. Sebaliknya, penelitian menemukan bahwa konsumsi produk susu dikaitkan dengan kadar asam urat lebih rendah.

Maka dari itu, para penderita asam urat bisa mencoba untuk berdiet dengan mengurangi konsumsi makanan dari daging atau laut. Cobalah untuk meminum produk susu secara rutin agar radang sendi ini bisa pulih maupun dicegah.

Baca Juga: Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Itulah 3 obat alami yang bisa dibuat dan dilakukan di rumah agar asam urat bisa tertangani dengan baik, selain menggunakan obat-obatan dari dokter. Namun, ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat alami tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).