Asam Urat di Pergelangan Kaki? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih

Kamis 16 Mei 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Terkena penyakit asam urat layaknya terkena jenis radang sendi. Saat terjadi, maka beberapa sendi di bagian tubuh tertentu akan terasa nyeri dan mengganggu aktivitas.

Penyakit asam urat bisa menyerang di bagian tubuh mana saja, tapi kebanyakan terasa gejalanya di bagian jempol kaki, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, bahkan bisa di jari-jari tangan.

Asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Penumpukannya yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal urat. Kristal-kristal ini masuk ke lapisan sinovial sendi yang menimbulkan pembengkakan, nyeri, dan nyeri tekan pada sendi yang terkena.

Baca Juga: Serangan Asam Urat Tak Lagi Menyiksa: 10 Cara Mengobati dan Mencegah Kambuh

Melansir dari sebuah artikel di laman verywellhealth.com yang diunggah pada 8 Agustus 2022, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah ketika kita merasakan gejala asam urat menyerang pergelangan kaki.

Asam urat dapat diobati dengan obat-obatan, perubahan gaya hidup, mengganti pola makan, dan pengobatan rumahan untuk mengendalikan rasa sakit, peradangan, serta mencegah serangan asam urat yang terlalu parah.

Berikut ini 7 hal yang dapat dilakukan di rumah untuk menangani serangan asam urat di pergelangan kaki:

1. Kompres Dengan Es

Kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk atau kain tipis dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit dari asam urat di pergelangan kaki.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

2. Mengangkat Pergelangan Kaki

Mengangkat pergelangan kaki secara perlahan dapat mendorong aliran darah keluar dari sendi dan mengurangi pembengkakan serta nyeri akibat asam urat di area tersebut.

3. Mengurangi Stres

Meningkatnya stres dapat memperburuk serangan asam urat. Meskipun kita tidak dapat mengendalikan semua sumber stres dalam hidup, tapi bisa dikurangi dengan melakukan meditasi, yoga, menulis jurnal, atau membaca.

4. Meluangkan Waktu Untuk Pulih

Serangan asam urat sangat menyakitkan, apalagi kalau sampai memiliki pemicu lain saat pemulihan sudah pasti serangan dari salah satu penyakit radang sendi ini mungkin berlangsung lebih lama dari yang diperlukan.

Kalau sedang terkena asam urat, lebih baik luangkan waktu untuk pulih dengan mempertimbangkan mengambil cuti kerja atau meminta bantuan melakukan pekerjaan rumah tangga serta merawat orang yang kita cintai, terutama anak kecil kepada orang lain dulu.

Baca Juga: 8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

5. Minum Banyak Air

Siapapun yang terkena asam urat, sebaiknya minum banyak air mineral selama serangan asam urat berlangsung untuk menghindari dehidrasi. Karena tetap terhidrasi juga bisa membantu mengeluarkan kristal urat dari tubuh melalui urin.

6. Peregangan

Melatih pergelangan kaki yang meradang dapat memperpanjang pembengkakan dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Namun dengan meregangkannya secara lembut bisa mengurangi kekakuan serta meningkatkan rentang gerak pergelangan kaki.

Mulailah dengan perlahan dan gerakkan sendi pergelangan kaki ke batas yang nyaman. Ulangi beberapa kali sehari dan secara bertahap tingkatkan pengulangannya.

7. Gunakan Tongkat

Berjalan dengan tongkat selama serangan asam urat pada pergelangan kaki dapat menjaga tekanan dan mengurangi pembengkakan lebih cepat. Menjauhkan tekanan pada sendi yang terkena juga bisa mengurangi jumlah rasa sakit yang dialami.

Baca Juga: Infused Water! Manfaat Air Jeruk Lemon untuk Kolesterol, Asam Urat dan Gula Darah

Itulah 7 hal yang dapat kita lakukan ketika asam urat menyerang pergelangan kaki. Hal-hal tersebut bisa kita lakukan di rumah untuk membantu agar pulih lebih cepat apabila obat-obatan dari dokter dirasa lambat efeknya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
PKM Pelatihan Desain Bahan Ajar Matematika dengan Implementasi Kearifan Lokal dan Virtual Reality, Nusa Putra University, 4 Oktober 2024 (Sumber: dok nusa putra)
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)