8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Efeknya Langsung Terasa!

Rabu 15 Mei 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi. Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Beberapa cara alami sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol adalah zat mirip lilin yang menyerupai lemak. Kolesterol darah dibuat oleh hati dan melakukan sejumlah fungsi penting, termasuk pencernaan dan produksi hormon.

Kadar kolesterol darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung dan stroke. Anda dapat melakukan beberapa perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol secara alami, seperti berhenti merokok, memperbanyak makan serat, dan mengurangi asupan lemak jenuh.

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika Anda ingin mencoba menurunkan kolesterol tanpa bantuan obat resep, ada beberapa perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan. Berikut diantaranya yang dihimpun dari laman health.

1. Batasi Asupan Lemak Trans dan Jenuh

Baik lemak jenuh maupun lemak trans cenderung meningkatkan kolesterol LDL Anda, dan lemak trans juga dapat menurunkan kolesterol HDL Anda. Lemak jenuh biasanya sering ditemukan pada produk hewani seperti susu dan daging.

Lemak trans merupakan minyak yang telah berubah menjadi lemak padat selama pengolahan makanan dan banyak ditemukan dalam makanan olahan seperti gorengan, kue dan lainnya

Untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL Anda, kurang dari 7% asupan kalori Anda setiap hari harus berasal dari lemak jenuh .

Makanan yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh antara lain:

  • Keju penuh lemak
  • Susu
  • Makanan olahan atau digoreng
  • Makanan yang dipanggang
  • Mentega
  • Daging babi asap
  • Sosis
  • Daging berlemak
  • Minyak kelapa sawit
  • Cokelat

2. Makan Lebih Banyak Lemak Tak Jenuh

Daripada mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans, tingkatkan asupan lemak yang meningkatkan kesehatan (lemak tak jenuh ganda) dan makanan tinggi asam lemak omega-3. Lemak ini secara langsung dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) tanpa meningkatkan kadar LDL.

Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau omega-3 antara lain:

  • Alpukat
  • Telur
  • Minyak zaitun
  • Ikan berlemak, seperti salmon, herring, dan trout

3. Tingkatkan Asupan Serat

Makanan berserat tinggi mampu menurunkan kadar LDL secara signifikan dari waktu ke waktu. Kebanyakan pria dewasa harus mengonsumsi sekitar 38 gram serat sehari, sedangkan wanita harus mengonsumsi sekitar 25 gram per hari.

Makanan yang kaya serat larut antara lain:

  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Biji-bijian utuh
  • Kacang polong

4. Turunkan Asupan Gula

Penelitian menunjukkan asupan gula yang tinggi dikaitkan dengan tingginya kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total. Pedoman Diet terbaru untuk orang Amerika merekomendasikan untuk menjaga asupan gula tambahan harian Anda kurang dari 10% dari total kalori harian Anda.

Makanan dan minuman tinggi gula tambahan dan gula rafinasi antara lain:

  • Soda dan jus manis
  • Makanan yang dipanggang
  • Permen
  • Minuman kopi manis
  • Minuman berenergi
  • Makanan cepat saji
  • Camilan dan makanan olahan, seperti sereal manis
  • Banyak bumbu dan saus

5. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi LDL dan kolesterol total. Meningkatkan tingkat aktivitas Anda juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda jika Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda telah menentukan bahwa berat badan Anda adalah salah satu faktornya.

Kebanyakan orang harus berolahraga sedang sekitar 150 menit per minggu. Misalnya, jalan cepat selama 30 menit lima hari seminggu akan memenuhi persyaratan ini.

6. Mengurangi Stres

Stres dikaitkan dengan kolesterol tinggi, mungkin karena stres meningkatkan kadar kortikosteroid dan hormon lain dalam tubuh, yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak kolesterol.

Penelitian menunjukkan stres kronis merupakan faktor risiko independen terhadap tingginya kadar LDL dan penyakit jantung secara umum.

Anda dapat mengelola stres dengan memprioritaskan tidur, melakukan teknik mindfulness dan latihan relaksasi, dan mencari psikoterapi jika perlu.

7. Berhenti Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan rendahnya kadar HDL dan tinggi trigliserida, serta berbagai kondisi kesehatan seperti gagal jantung, penyakit jantung, dan diabetes . Berhenti merokok telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda berhenti merokok. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan dukungan dan saran tambahan saat berhenti merokok.

8. Minumlah Lebih Sedikit Alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan peluang Anda terkena hiperlipidemia (kadar LDL dan kolesterol total yang sangat tinggi) serta hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. Disarankan untuk minum tidak lebih dari satu hingga dua gelas per hari. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika Anda memerlukan bantuan untuk mengurangi asupan alkohol.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional04 Juli 2024, 11:51 WIB

Dirjen Aptika Kemenkominfo Mundur Setelah PDNS Diretas Hacker

Semuel mengundurkan diri karena punya tanggung jawab moral sebagai direktur.
Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. | Foto: Kominfo
Life04 Juli 2024, 11:30 WIB

Jago Investasi, 10 Kebiasaan Mahal Orang Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Orang cerdas lebih memilih mempekerjakan pelatih pribadi atau pelatih kehidupan yang tarifnya sangat tinggi untuk mencapai tujuan kebugaran dan pribadi.
Ilustrasi. Orang cerdas suka berinvestasi untuk pengetahuan, kesehatan, jaringan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. (Sumber : Pexels/energepic.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)