4 Tips Diet Untuk Turunkan Kolesterol Ini Ampuh Meminimalisir Penyakit Jantung

Selasa 14 Mei 2024, 18:45 WIB
tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)

tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu upaya menurunkan kolesterol tinggi adalah berdiet. Dengan melakukan diet ini bertujuan untuk mengatur pola makan dan juga asupan bagi tubuh.

Sehingga ketika asupan pada tubuh lebih baik, maka kadar kolesterol juga akan terkontrol dan lebih stabil. Ketika kolesterol terkontrol dengan baik, maka kita dapat meminimalisir resiko penyakit jantung.

Karena kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat membuat penderitanya terancam penyakit berbahaya, terutama penyakit jantung. Sebab pada dasarnya, kolesterol tinggi tersebut adalah kolesterol jahat yang tidak bisa diproses oleh hati.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengutip dari sebuah artikel pada laman Heart Research Institute, yang dikutip pada 14 Mei 2024. Ada 4 tips diet bagi penderita kolesterol tinggi yang ingin menurunkannya dan meminimalisir resiko terkena penyakit jantung.

1. Makanlah Semangkuk Oat Untuk Sarapan

Oat adalah sumber beta-glukan dengan serat makanan larut yang baik. Kandungan ini telah terbukti memiliki sifat menurunkan, mengikat kolesterol, dan membantu tubuh menghilangkannya.

Ada beberapa penelitian melaporkan bahwa mengkonsumsi 3 gram beta-glukan per hari dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 5-10 persen, dan bila oat dimakan secara konsisten dapat menurunkan kolesterol total dan LDL sebesar 5-7 persen.

Selain dengan mudah memasukkan oat ke dalam menu sarapan, sumber beta-glukan lainnya bisa didapat dari bahan lain seperti, jelai, jamur (reishi dan shiitake), ragi, gandum hitam dan gandum biasa.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

2. Sertakan Beberapa Porsi Ikan Berminyak Selama Seminggu

Mengonsumsi satu porsi ikan berminyak sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu merupakan rekomendasi untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Karena adanya sumber asam lemak omega-3 yang baik dan telah terbukti mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Contoh ikan berminyak antara lain salmon, tuna, trout, herring, sarden, dan mackerel. Tubuh kita tidak dapat mensintesis omega-3, artinya harus diperoleh dari makanan kita.

3. Pilih Produk Makanan yang Difortifikasi dengan Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah zat mirip kolesterol yang terdapat secara alami dalam makanan nabati. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dimakan dalam jumlah yang cukup (2–3g per hari), sterol bisa menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh dan bersaing dengan kolesterol LDL dalam penyerapan.

Fakta dalam penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 gram sterol tumbuhan secara konsisten per hari dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sebesar 10 persen.

Sterol dan stanol ditemukan secara alami dalam sayuran atau dalam jumlah lebih tinggi pada produk yang diperkaya seperti, margarin, sereal, roti, dan susu.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

4. Sertakan Satu atau Kali Makan Vegetarian Per Minggu Untuk Kurangi Asupan Lemak Jenuh

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat dorongan yang lebih kuat untuk lebih banyak pola makan nabati. Dorongan ini kini tercermin di sebagian besar dalam menu kafe dan restoran, melalui semakin banyaknya pilihan vegetarian dan vegan yang mungkin belum tersedia di masa lalu.

Ada sejumlah manfaat kesehatan dari mengikuti pola makan nabati, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena membatasi asupan lemak jenuh dan mendorong asupan tinggi biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran yang ramah jantung.

Itulah 4 tips diet untuk menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh, dan meminimalisir resiko penyakit jantung yang berbahaya bahkan mengancam nyawa.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)