7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selasa 14 Mei 2024, 15:15 WIB
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)

bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain dengan obat-obatan dari dokter, kolesterol tinggi juga dapat diturunkan dengan beberapa bahan tradisional yang sejak lama sudah digunakan di berbagai negara.

Bahkan, ada beberapa obat tradisional untuk kolesterol tinggi yang bisa dibuat sendiri, serta masih digunakan bagi pengobatan penyakit jantung sampai sekarang.

Sebab, kolesterol tinggi dapat mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan kesehatan pada jantung. Jadi, banyak obat tradisional yang digunakan sejak dulu untuk mengatasi kolesterol tinggi dan memperbaiki kesehatan jantung.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Mengutip dari sebuah artikel pada laman healthline.com yang diunggah pada 8 Maret 2023, ada 7 obat tradisional yang dipercaya bisa turunkan kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.

Berikut ini 7 obat tradisional untuk turunkan kolesterol, yang sudah diteliti oleh Pusat Kesehatan Komplementer dan Integratif Nasional (NCCIH) di Amerika Serikat.

1. Astragalus

Astragalus adalah ramuan yang digunakan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tumbuhan satu ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini dianggap sebagai “adaptogen.” artinya dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai stres.

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa Astragalus mungkin memiliki beberapa manfaat bagi jantung. Namun menurut Pusat Kesehatan Komplementer dan Integratif Nasional (NCCIH), diperlukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari bagaimana pengobatan tradisional menggunakan tumbuhan ini dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

2. Hawthorn (Semak)

Hawthorn adalah semak yang berhubungan dengan mawar. Buah beri, daun, dan bunganya telah digunakan untuk mengatasi masalah jantung sejak Kekaisaran Romawi.

Beberapa penelitian menemukan bahwa tanaman ini merupakan pengobatan yang efektif untuk bentuk gagal jantung lebih ringan. Namun, hasil penelitian menunjukkan tidak ada cukup bukti ilmiah mengetahui apakah Hawthorn efektif untuk masalah jantung lainnya.

Selain itu, Hawthorn juga dapat menimbulkan interaksi negatif dengan banyak obat resep dan herbal lainnya. Sehingga perlu diuji dan diteliti lebih lanjut akan efektivitasnya dalam mengatasi masalah jantung.

3. Biji Rami

Biji rami berasal dari tanaman rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi, dan juga asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut laporan NCCIH, penelitian mengenai manfaat biji rami untuk kesehatan jantung telah menghasilkan hasil yang beragam. Beberapa hasilnya menunjukkan bahwa olahan biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama pada orang dengan kadar kolesterolnya tinggi dan wanita pascamenopause.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

4. Suplemen Minyak Ikan dengan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan pada ikan, seperti salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, ikan berlemak lainnya, dan juga minyak ikan merupakan sumber yang sangat kaya kandungan satu itu.

Para ahli telah lama percaya bahwa asam lemak omega-3 pada ikan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Nutrisi lain dalam ikan atau kombinasi nutrisi tersebut dan asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi jantung.

Mengonsumsi satu atau dua porsi ikan berlemak dalam seminggu dapat menurunkan peluang terkena serangan jantung.

5. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah adalah obat dan bahan masakan tradisional Tiongkok, yang dibudidayakan dari beras merah dan ragi. Beberapa dari bahan satu ini mengandung monacolin K dalam jumlah besar.

Zat ini secara kimia identik dengan bahan aktif obat penurun kolesterol lovastatin. Produk beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah pada tubuh.

Produk beras ragi merah lainnya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung monacolin K. Beberapa juga terdapat kontaminan yang disebut citrinin. Kandungan ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

Dalam banyak kasus, tidak ada yang dapat mengetahui produk mana yang mengandung monacolin K atau citrinin. Oleh karena itu, sulit untuk membedakan produk mana yang efektif atau aman.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

6. Suplemen Sterol dan Stanol Tumbuhan

Sterol dan stanol tumbuhan adalah zat yang banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan kandungan satu ini, seperti margarin yang diperkaya, jus jeruk, atau produk yogurt .

Sterol dan stanol tumbuhan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Mereka juga membantu mencegah usus kecil menyerap kolesterol. Hal ini bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah.

7. Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis umbi yang dapat dimakan dan telah digunakan sebagai bahan masakan serta obat selama ribuan tahun. Bisa dimakan mentah atau dimasak, bahkan juga tersedia dalam bentuk suplemen, kapsul atau tablet.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bawang putih bisa membantu merendahkan tekanan darah ketika tinggi, menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Namun seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah membuahkan hasill yang beragam. Misalnya, beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Tetapi penelitian yang lainnya mengenai keamanan dan efektivitas tiga olahan bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang terhadap kolesterol darah.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Itulah 7 obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Bahkan sudah ada serta digunakan sejak zaman dahulu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)