10 Tips Makan Sehat Agar Kolesterol Tinggi Bisa Turun, Yuk Terapkan Setiap Hari

Selasa 14 Mei 2024, 14:45 WIB
Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika mengalami kolesterol tinggi, maka tubuh juga mengalami resiko untuk terserang penyakit jantung bahkan bisa stroke. Oleh karena itu, kebanyakan penderitanya diwajibkan mengonsumsi makanan sehat.

Namun, ada tips makan sehat yang bisa membantu agar kolesterol tinggi turun dengan efektif. Sehingga penderitanya tidak hanya bergantung pada obat-obatan tetapi juga makan sehat dengan tepat.

Tips makan sehat ini pastinya diperlukan bagi mereka yang sedang memperbaiki pola makan, karena harus menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuhnya. Selain olahraga rutin, asupan makanan yang dikonsumsi juga penting untuk jadi perhatian.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengutip dari sebuah artikel di laman betterhealth.vic.gov.au yang dikutip pada 14 Mei 2024, ada 10 tips makan sehat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

10 Tips Makan Sehat Guna Menurunkan Kolesterol Tinggi

1. The Heart Foundation merekomendasikan agar masyarakat mengikuti pola makan yang menyehatkan jantung, dengan sebagian besar didasarkan pada pola makan nabati. Mengonsumsi lebih banyak makanan nabati seperti sayuran, polong-polongan, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, baik untuk kesehatan jantung.

2. Pilih roti gandum, sereal, pasta, nasi, dan mie.

3. Camilan kacang-kacangan tanpa garam dan buah segar (idealnya dua porsi buah setiap hari).

4. Gunakan alpukat, selai kacang, tahini, atau olesan terbuat dari lemak tak jenuh yang sehat, seperti kanola, bunga matahari, atau minyak zaitun extra virgin, daripada yang dibuat dengan lemak jenuh semacam mentega, minyak kelapa, dan krim).

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

5. Bagi orang berisiko tinggi terkena penyakit jantung, Heart Foundation merekomendasikan untuk mengkonsumsi 2-3 gram makanan yang diperkaya sterol setiap hari. Misalnya margarin, yoghurt, susu, dan sereal mengandung kaya sterol.

6. Nikmati ikan dua hingga tiga kali seminggu dengan kisaran sekitar 150 gram segar atau 100g kalengan.

7. Kebanyakan orang tidak perlu membatasi jumlah telur yang mereka makan setiap minggunya. Namun, maksimal tujuh butir telur setiap minggu dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

8. Pilih daging tanpa lemak, dan unggas tanpa kulit untuk dikonsumsi. Lalu batasi daging merah yang belum diolah hingga kurang dari 350g per minggu.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Baik Orang Sukses yang Menunjang Kesuksesan Hidupnya, Coba Lakukan!

9. Pilih susu tanpa rasa, yoghurt, dan keju. Orang dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung harus memilih hidangan yang mengurangi lemak. Periksa labelnya untuk memastikan tidak ada tambahan gula. Susu atau yoghurt non-susu sangat dianjurkan. Pilihlah versi yang tidak mengandung tambahan gula dan mengandung tambahan kalsium.

10. Batasi atau hindari daging olahan termasuk sosis dan daging deli, seperti ham, bacon, dan salami.

Demikianlah 10 tips makan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada pada tubuh.

Tips tersebut sangat direkomendasikan untuk dilakukan agar bisa menjaga kolesterol dan terhindar dari bahaya penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)