Inilah 7 Makanan Alami Terbaik Untuk Atasi Kolesterol dan Serangan Jantung

Selasa 14 Mei 2024, 13:45 WIB
Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)

Kenali makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini! Kaya manfaat untuk kesehatan jantung (Sumber : freepik.com/@produksipv)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk mengatasi kolesterol tinggi, sangat disarankan dimulai dari mengubah makanan. Sehingga, penderita kolesterol bisa menghindari serangan jantung akibat dari kadar yang tinggi.

Ada beberapa makanan alami terbaik yang bisa atasi kolesterol tinggi jadi tidak mengakibatkan serangan jantung. Mengkonsumsi makanan-makanan ini juga dipercaya membuat tubuh lebih sehat.

Beberapa jenis makanan terbaik untuk atasi kolesterol tinggi ini bisa ditemukan di mana saja. Ditambah banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya, tidak hanya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Mengutip dari sebuah artikel pada laman thehealthsite.com, yang diunggah pada 12 Mei 2024. Ada beberapa macam makanan alami yang bisa membantu atasi kolesterol dan tidak mengakibatkan serangan jantung pada penderitanya.

1. Gandum

Bahan makanan pertama adalah gandum yang sangat cocok untuk sarapan. Bagi penderita bisa menyantap semangkuk oatmeal setiap pagi, karena serat larut di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL pada tubuh.

Hal ini menjadikan oat sebagai pilihan sarapan cocok bagi penderita kolesterol. Bisa juga ditambah dengan alpukat, karena kaya akan lemak baik untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan potasium yang baik untuk jantung.

2. Asam Lemak Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Karena kaya akan asam lemak omega-3 yang terbukti bermanfaat bagi jantung.

Masukkan juga kacang-kacangan, yang kaya akan lemak baik, serat, dan antioksidan ke dalam makanan harian. Mereka akan membantu mengurangi kolesterol LDL dan mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

3. Segenggam Berry

Mengonsumsi buah Berry yang kaya akan antioksidan, vitamin, serta serat juga merupakan langkah baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Jangan lupakan kacang-kacangan seperti buncis dan lentil yang memiliki manfaat sama.

4. Minyak Zaitun

Berikutnya yaitu sedikit minyak zaitun. Ya, Anda harus beralih ke minyak satu ini untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahan utama dalam diet Mediterania ini penuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang ramah jantung.

Mengkonsumsinya secara teratur dapat bermanfaat bagi kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Oleh karena itu, di setiap makanan berminyak lebih baik diganti minyak zaitun dengan takaran secukupnya.

5. Bayam atau Sayuran Berdaun Hijau

Ingin terhindar dari jahatnya kolesterol? Makanlah sepiring bayam. Sayuran hijau ini mengandung lutein, potasium, serta serat, yang semuanya bagus untuk melawan kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

6. Bawang putih alias Lehsun

Pernahkah Anda didiagnosis menderita kadar kolesterol tinggi? Jika iya, jangan lupakan bawang putih yang tak lekang oleh waktu, dimana dalam kandungannya seperti allicin telah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Coklat Hitam

Terakhir adalah coklat hitam. Camilan manis ini, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung berkat flavonoid yang kaya antioksidan.

Itulah beberapa makanan alami terbaik yang mampu atasi kadar kolesterol tinggi pada tubuh sehingga tidak bisa mengakibatkan serangan jantung pada penderitanya. Mengkonsumsi makanan tersebut juga dapat mencegah banyak penyakit berbahaya lainnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)