7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

Selasa 14 Mei 2024, 10:30 WIB
7 tanda kolesterol tinggi yang dirasakan di bagian kaki, pada wanita dengan usia 50 tahunan. (Sumber : Freepik.com)

7 tanda kolesterol tinggi yang dirasakan di bagian kaki, pada wanita dengan usia 50 tahunan. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya yang banyak dialami oleh wanita usia lanjut atau 50 tahunan. Adapun tanda yang bisa dirasakan ada di bagian kaki. Terutama saat malam hari, karena waktunya istirahat dari kegiatan harian.

Tanda kolesterol tinggi ini seringkali diabaikan sehingga tidak terkontrol dan tidak mendapatkan penanganan oleh dokter.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah wanita berusia 50 tahunan atau hidup dengan wanita berusia 50 tahunan, ada baiknya mengenali 7 tanda kolesterol tinggi yang ada pada kaki.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengutip dari sebuah artikel pada laman thehealthsite.com, yang diunggah pada 15 April 2024. Berikut ini 7 tanda kolesterol tinggi pada wanita usia 50-an yang dirasakan pada bagian kaki.

1. Sakit dan Ketidaknyamanan Kaki yang Tidak Biasa

Apa yang kita abaikan sebagai kram kaki biasa di malam hari, bisa jadi merupakan gejala kolesterol LDL tinggi yang disalahpahami pada wanita berusia di atas 50 tahun.

Gejala ini bisa sangat menyakitkan dan cukup mengganggu sehingga mengganggu tidur yang nyenyak. Jika sering merasa kesakitan akibat kram kaki berhati-hatilah! Karena hal ini mungkin terkait dengan komplikasi kolesterol.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Sindrom Kaki Gelisah (RLS)

Kita semua pernah mengalami Restless Leg Syndrome (RLS), yang biasanya dianggap sebagai ketidaknyamanan.

Bagi, wanita di atas 50 tahun harus menganggapnya sebagai gejala kolesterol tinggi yang terabaikan. Mereka yang pernah mengalami RLS menggambarkannya sebagai dorongan tidak terkendali untuk menggerakkan kaki.

Sensasi tidak nyaman biasanya memburuk di malam hari, dan membuat sulit tidur, sehingga kemungkinan ini adalah tanda kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

3. Kaki Mati Rasa

Apakah Anda sering merasakan sensasi kesemutan atau mati rasa pada tungkai dan kaki, terutama pada malam hari?

Hal ini mungkin berhubungan dengan kolesterol LDL yang tinggi. Kebanyakan orang menggambarkannya sebagai sensasi kesemutan dan bisa menjadi tanda sirkulasi darah sedang buruk.

Namun, bisa jadi ini merupakan bentuk terjadinya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Jika sering terasa, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

4. Otot Kaki Lemah

Kelemahan otot bukanlah hal yang jarang terjadi, namun wanita berusia 50-an dengan kolesterol tinggi mungkin mengalaminya, terutama di kaki saat beraktivitas di malam hari.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menaiki tangga atau berjalan jarak pendek karena kelelahan atau rasa pegal pada otot, berhati-hatilah! bisa jadi itu merupakan gejala awal kolesterol yang mengganggu fungsi otot Anda.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua

5. Kaki Dingin yang Luar Biasa

Apakah Anda sering merasakan kaki sangat dingin di malam hari? Hal ini secara halus dapat mengindikasikan tingginya kolesterol LDL pada wanita berusia 50 tahunan.

Akumulasi kolesterol dapat membatasi aliran darah ke ekstremitas, lalu menyebabkan sirkulasi yang buruk dan menimbulkan sensasi dingin di kaki.

Jangan abaikan tanda ini, lebih baik untuk mengetahui penyebab terkait kolesterol sebelum terlambat, agar bisa ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Mau Makan Ikan Laut Tinggi Purin Tapi Takut Asam Urat Kambuh? Simak Cara Mengolahnya

6. Kaki Bengkak

Pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki, atau kaki (secara medis disebut sebagai edema), mungkin berhubungan langsung dengan kadar kolesterol tinggi pada wanita usia 50 tahunan.

Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh retensi cairan akibat perubahan pembuluh darah atau dari masalah yang berhubungan dengan kolesterol.

Jika melihat atau merasakan gejala ini, terutama pada malam hari perlu memeriksakannya segera ke dokter demi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Siap Konsumsi Sufor? Ini 5 Jenis Susu Pengganti ASI untuk Anak

7. Perubahan Tekstur Kulit Kaki

Melihat perubahan pada kulit, seperti warna atau penebalan pada tungkai dan kaki mungkin dapat menjadi salah satu indikator tingginya kolesterol LDL pada wanita berusia di usia 50 tahunan.

Timbunan kolesterol dalam pembuluh darah dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kulit, sehingga bisa menyebabkan perubahan nyata pada tekstur dan penampilan.

Itulah 7 tanda adanya kolesterol tinggi pada wanita terutama yang berusia 50 tahunan, dan dapat dilihat atau dirasakan pada bagian kakinya.

Baca Juga: Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Jika Anda wanita berusia 50 tahunan, atau hidup bersama ibu yang berusia 50 tahunan, segera periksakan ke dokter apabila melihat tanda-tanda kolesterol tinggi di kaki tersebut.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)