8 Minuman Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Senin 13 Mei 2024, 12:45 WIB
Ini dia 8 minuman yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)

Ini dia 8 minuman yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kadar kolesterol tinggi membuat tubuh mengalami resiko terkena penyakit berbahaya. Maka dari itu, harus segera ditangani dan cepat-cepat diturunkan kadarnya.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yang paling banyak adalah karena makanan yang dikonsumsi.

Saat dinyatakan kolesterol tinggi, berarti terdapat banyak kolesterol jahat yang tidak bisa diolah pada hati, sehingga menumpuk dan mengendap pada tubuh.

Melansir dari artikel pada laman MedicalNewsToday yang diunggah 27 Oktober 2023 lalu, ada 8 minuman yang dapat turunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Minuman ini juga baik jika dikonsumsi sehari-hari untuk kesehatan tubuh. Sehingga bisa dengan rutin mengkonsumsinya walaupun kolesterol sudah normal.

Banyak jenis minuman yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol. Berikut ini contohnya:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung catechins dan senyawa antioksidan lainnya untuk membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total.

Peneliti dalam dunia kesehatan mengaitkan konsumsi teh hijau yang lebih tinggi dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

2. Minuman kedelai

Kedelai kandungan lemak jenuhnya rendah. Mengganti lemak jenuh dengan mengkonsumsi produk jenis kacang satu ini dapat membantu mengurangi atau mengatur kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan penderita kolesterol tinggi untuk mengkonsumsi sekitar 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh. Dengan ini bisa menurunkan jumlah kadar kolesterol hingga membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

3. Minuman Gandum (Oat)

Oat mengandung beta-glukan, yang bisa memproduksi zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu di tubuh. Serat larut ini mungkin menghambat penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadarnya

Tinjauan tahun 2018 menunjukkan bahwa minuman oat, seperti susu mungkin menawarkan penurunan kolesterol yang lebih konsisten dibandingkan produk oat semi padat atau padat.

4. Jus Tomat

Tomat kaya akan senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol LDL.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika mengolah tomat menjadi jus tanpa menambahkan apapun, bisa meningkatkan kandungan likopen. Sebab di minuman ini juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin.

5. Smoothie Buah Beri

Banyak buah beri yang kaya akan antioksidan dan serat, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Secara khusus, antosianin atau zat antioksidan sangat banyak dalam buah beri dan bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Berikut buah jenis beri yang dinilai tepat untuk menurunkan kolesterol karena memiliki rendah kalori dan lemak:

  • Stroberi
  • Blueberry
  • Blackberry
  • Raspberi

Baca Juga: Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

6. Minuman yang Mengandung Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah bahan kimia tumbuhan yang bentuk serta ukurannya mirip dengan kolesterol yang menghalangi penyerapan sebagian kolesterol.

Namun sayuran dan kacang-kacangan mengandung sterol dan stanol dalam kadar rendah, sehingga tidak dapat menurunkan kolesterol. Bila ingin dikonsumsi secara rutin sehari-hari, bisa menambahkan bahan-bahan ini ke minuman, yaitu:

  • minuman yogurt
  • susu
  • jus buah

FDA menyatakan bahwa kebanyakan orang harus mencoba mengkonsumsi 1,3 g atau lebih sterol dan 3,4 g stanol per hari.

7. Minuman Kakao

Kakao merupakan bahan utama dalam coklat hitam. Mengandung antioksidan yang oleh dokter disebut flavanol dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Namun, harus diperhatikan juga ketika ingin meminumnya. Walaupun dalam olahan yang mengandung coklat di minuman memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, karena jika berlebihan tidak baik bagi penderita kolesterol. Batasi saja dengan tambahan gula, garam, dan lemak.

8. Smoothie Susu Nabati

Banyak jenis susu nabati yang mengandung bahan untuk membantu membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol. Cara menggunakannya bisa dengan membuat smoothies menggunakan susu kedelai atau susu oat sebagai bahan dasar.

Kita dapat membuat smoothie kedelai atau oat dengan mencampurkan 250 ml susu kedelai atau oat dengan buah atau sayuran penurun kolesterol, seperti:

  • 1 pisang
  • 1 genggam anggur atau plum
  • 1 potong mangga atau melon
  • 2 buah plum kecil
  • 1 cangkir kangkung , bayam kecil, atau lobak Swiss
  • 2/3 cangkir pure labu

Baca Juga: Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Itulah 8 minuman yang bisa turunkan kolesterol tinggi. Minuman ini bisa dicoba buat sendiri di rumah dan dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)