Apel Hijau VS Apel Merah, Mana Yang Lebih Menyehatkan? Ini Kata Ahli!

Sabtu 16 Maret 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Apel Hijau VS Apel Merah, Mana Yang Lebih Menyehatkan? ( Sumber : Freepik / @azerbaijan_stockers

Ilustrasi. Apel Hijau VS Apel Merah, Mana Yang Lebih Menyehatkan? ( Sumber : Freepik / @azerbaijan_stockers

SUKABUMIUPDATE.com - Sama seperti perdebatan "membilas piring sebelum memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring", pertanyaan tentang "apel merah vs apel hijau" memecah belah banyak orang.

Sebagian orang yang menjadikan apel hijau buah favorit menyukai karena rasa yang renyah dan kulit lebih tebal. Sementara itu, penggemar apel merah menghargai rasa manis dan juiciness.

Namun dari segi nutrisi, apakah ada perbedaan antara apel merah dan hijau? Dilansir dari laman resmi nutritionletter, jawabannya adalah ya, meskipun hanya sedikit.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Ahli gizi Fiona Tuck mengajak untuk lebih teliti melihat mengapa buah-buahan kecil ini (apel merah dan apel hijau) sangat bergizi dan layak untuk dimakan.

“Apel kaya akan antioksidan, pektin, quercetin, dan flavonoid untuk melindungi sel kita dari kerusakan oksidatif,” kata ahli gizi Fiona Tuck kepada HuffPost Australia, dikutip dari nutritionletter.tufts.edu, Sabtu (16/3/2024).

Sebelumnya perlu diketahui, Fiona Tuck adalah pakar perawatan kulit dan nutrisi Inggris/Australia yang berbasis di Sydney, Australia. Dia memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri perawatan kulit dan kesehatan profesional dan dikenal di media sebagai 'penghancur mitos'. Fiona mengambil pendekatan forensik dan seringkali menantang dalam perawatan kulit dan nutrisi dengan penekanan pada penguraian kode pemasaran yang menyesatkan dan tren konsumen yang sedang tren.

Pengetahuan Fiona yang mendalam menjadikannya komentator media yang banyak dicari dan salah satu pakar nutrisi dan kulit yang paling banyak disiarkan di televisi di Australia.

“Mereka (apel) sangat baik untuk kesehatan jantung, usus dan hati serta merupakan camilan lezat yang mudah dibawa" lanjut Fiona Tuck.

Apel kaya akan serat (yang baik untuk kesehatan usus kita) dan juga serat larut yang disebut pektin, yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Baca Juga: 10 Ciri Anak Stres Karena Dimarahi Orang Tua Setiap Hari, Perhatikan Sikapnya!

Berbagai macam antioksidan dan flavonoid dalam apel seperti quercetin membantu mendukung penuaan yang sehat dan dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan penyakit.

“Mereka (apel) juga merupakan sumber potasium, fosfor, kalsium, mangan, magnesium, zat besi dan seng. Apel juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C, E, K, folat dan niasin,” kata Tuck.

“Sebuah apel berukuran sedang mengandung sekitar 25 gram karbohidrat, sebagian besar kandungan karbohidratnya berasal dari fruktosa, gula buah alami.”

Adapun varietas mana yang "lebih sehat", masing-masing memiliki manfaat dan nutrisinya masing-masing. Bagi mereka yang berhati-hati dalam mengonsumsi karbohidrat dan gula, apel hijau adalah pilihan teratas. Namun perbedaan apel hijau dan apel merah cenderung tidak terlalu besar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan Tinggi Purin yang Aman Bagi Penderita Asam Urat

Perbedaan manfaat kesehatannya dapat diabaikan. Namun, apel hijau mungkin mengandung sedikit lebih banyak serat dan lebih sedikit karbohidrat dan gula dibandingkan apel merah,

Jika antioksidan adalah fokus Anda, maka apel merahlah pemenangnya. Sekali lagi, perbedaannya kecil.

Apel merah mengandung jumlah antosianin yang lebih tinggi yang ditemukan di kulit merah, yang menawarkan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi.

Tentu saja, yang lebih penting daripada perdebatan apel merah vs apel hijau, atau sedikit perbedaan nutrisi antara kedua varietas apel tersebut, adalah kita benar-benar memakannya bersama dengan sederetan buah dan sayuran lezat lainnya.

Buah menyediakan serat yang penting untuk jantung, usus, hati, hormon dan kesehatan jantung, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Maka dari itu, usahakan untuk mengkonsumsi beberapa potong buah sehari dan sekitar 6 - 7 porsi sayuran. Sertakan juga buah-buahan dan sayuran yang berbeda dalam makanan setiap hari untuk memastikan beragam nutrisi yang berbeda.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Manis yang Aman untuk Penderita Gula Darah

Apel cenderung menjadi salah satu buah yang paling banyak terkena semprotan (pestisida), jadi cuci bersih sebelum dimakan atau, jika memungkinkan, pilihlah apel organik.

Jika bosan makan apel dengan cara biasa, ubahlah apel tersebut menggunakan trik lezat ini.

Ambil inti apel utuh, isi dengan campuran buah-buahan kering seperti plum, sultana, cranberry, kayu manis dan kenari cincang, lalu panggang dalam oven. Taburi dengan yoghurt alami untuk hidangan penutup atau sarapan sehat yang lezat.

Anda juga bisa memotong apel menjadi beberapa irisan dan mengolesi selai kacang untuk camilan lezat. Atau merebus apel dengan sedikit madu dengan kayu manis, dan menambahkan bubur untuk sarapan sehat jantung.

Sumber : nutritionletter.tufts.edu

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)