Mau Makan yang Manis-manis? Coba 7 Makanan Ini yang Aman untuk Gula Darah

Kamis 14 Maret 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi oatmeal - Ada beberapa makanan yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes. (Sumber : pexels.com/@Ovidiu Creanga).

Ilustrasi oatmeal - Ada beberapa makanan yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes. (Sumber : pexels.com/@Ovidiu Creanga).

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda yang mengalami gula darah atau diabetes, menjaga asupan makanan tentunya wajib diperhatikan. Penderita diabetes juga disarankan untuk tetap mengonsumsi karbohidrat rendah glisemik.

Secara umum, suatu makanan yang dianggap glikemik rendah jika memiliki GI 55 atau kurang. Makanan glikemik tinggi memiliki GI 70 atau lebih tinggi. Makanan yang memiliki GI antara 56 dan 69 dianggap memiliki indeks glikemik sedang.

Apa Arti Glikemik Rendah?

Makanan tinggi glisemik seperti nasi putih atau roti putih bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan rendah glisemik seperti kacang-kacangan dan oat akan meningkatkan gula darah Anda lebih lambat dan pada tingkat yang lebih rendah. Indeks glikemik adalah alat yang dapat membantu Anda memilih makanan yang kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat, Bisa Dilakukan di Rumah

Saat beralih ke diet rendah indeks glikemik (GI), Anda tidak perlu mengubah seluruh pola makan Anda. Sebaliknya, cara makan ini mengharuskan memilih makanan yang bergizi tetapi juga memiliki GI lebih rendah. Makanan dengan GI rendah tidak meningkatkan gula darah Anda sebanyak makanan dengan GI tinggi.

Lalu apakah penderita gula darah bisa mengonsumsi makanan yang manis?

Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh lagi mengonsumsi makanan penutup dan makanan manis. Dengan beberapa makanan yang ramah diabetes, Anda dapat memuaskan rasa manis tanpa membuat gula darah Anda melonjak.

Ingatlah bahwa bagi penderita diabetes, jumlah total karbohidrat dalam makanan atau camilan lebih penting dibandingkan total gula. Itu berarti makanan manis masih bisa masuk ke dalam diet Anda dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Simak 7 Tips Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Berikut adalah beberapa makanan manis yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes atau gula darah.

1. Smoothie Rendah Karbohidrat

Smoothie serbaguna dan mudah dibuat. Cukup campurkan stroberi atau buah-buahan rendah glikemik pilihan Anda dengan susu almond tanpa pemanis dan yogurt Yunani tanpa rasa. Tambahkan alpukat untuk tambahan lemak sehat.

2. Oatmeal dengan Buah Berry

Oatmeal bisa menjadi sarapan untuk penderita diabetes dan merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Masak dengan susu almond tanpa pemanis dan tambahkan buah beri untuk tambahan serat dan vitamin sehat.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Untuk Mencegahnya

3. Yogurt

Gunakan yogurt Yunani tanpa rasa (yang mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa) dan buah segar atau beku untuk sarapan berprotein tinggi, berserat tinggi, dan memuaskan. Taburi dengan kacang cincang untuk menambah kerenyahan, rasa, protein, dan lemak sehat. Sederhana dan memuaskan.

4. Selai Kacang Panggang dan Sandwich Stroberi

Buatlah sandwich selai kacang panggang di atas roti gandum. Potong beberapa stroberi untuk menambah serat dan rasa manis. Kombinasi protein dan serat akan membantu Anda tetap lezat dan kenyang.

5. Pancake Pisang

Pancake ini mengandung protein dan serat dan hanya memiliki dua bahan. Cukup campurkan dua butir telur besar dengan pisang berukuran sedang dan masak dalam wajan yang diberi sedikit minyak. Balik saat muncul gelembung di permukaan dan sajikan dengan buah beri hangat.

Baca Juga: Apa Itu GERD? Gejala, Penyebab, Pemicu Hingga Cara untuk Mengatasinya

6. Buah

Jangan berasumsi semua buah memiliki GI rendah. Beberapa diantaranya, seperti nanas (82) dan persik (76), memiliki GI yang jauh lebih tinggi dan harus dihindari pada diet rendah GI. Beberapa pilihan GI rendah yang bagus meliputi:

  • Apel (44)
  • Pir (33)
  • Stroberi (40)
  • Jeruk pusar (45)
  • Blueberry (53)
  • Alpukat (15)
  • Jeruk bali (47)

7. Produk Susu

Produk susu bisa menjadi pilihan sarapan yang sehat, tetapi pilihlah produk yang rendah lemak.

  • Susu rendah lemak (26)
  • Yoghurt rendah lemak, polos (35)

 

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Tinggi di Pagi Hari? Ini 6 Cara Menurunkannya Secara Alami

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).