10 Camilan Sehat yang Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

Minggu 28 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Camilan sehat untuk menurunkan berat badan bisa menjadi rekomendasi untuk santapan sehari-hari. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).

Ilustrasi - Camilan sehat untuk menurunkan berat badan bisa menjadi rekomendasi untuk santapan sehari-hari. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).

SUKABUMIUPDATE.com - Mengonsumsi camilan untuk menurunkan berat badan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah nafsu makan, dan memberikan nutrisi yang sehat.

Bagaimana Camilan Bekerja untuk Menurunkan Berat Badan

Orang-orang ngemil karena berbagai alasan, termasuk rasa lapar, bosan, aktivitas sosial dan acara-acara khusus, karena kebiasaan, atau mengidam. Camilan bisa menjadi bagian penting dari rencana makan penurunan berat badan.

Ngemil dapat membantu Anda meningkatkan asupan buah-buahan dan sayur-sayuran, yang mana 9 dari 10 orang Amerika tidak mendapatkan asupan yang cukup dalam makanan mereka.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Camilan juga dapat meningkatkan rasa kenyang (rasa kenyang yang memuaskan) di antara waktu makan, terutama bila mengonsumsi makanan kaya serat dan tinggi protein. Meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan dapat membantu mengatasi rasa lapar, sehingga meningkatkan pengendalian nafsu makan untuk membantu mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Penelitian mengenai apakah camilan bermanfaat secara langsung terhadap penurunan berat badan masih beragam atau tidak, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan frekuensi makan setara dengan program penurunan berat badan lainnya dan dapat membantu meningkatkan regulasi gula darah.

Camilan tinggi serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan. Serat makanan larut mempunyai manfaat kesehatan tambahan, seperti potensi meningkatkan kadar kolesterol dan membantu pengelolaan gula darah.

Baca Juga: 4 Gejala Utama Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) dan Ciri-cirinya

Berikut ini ada beberapa camilan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dihimpun via verywellhealth.

1. Apel dan Kacang

Apel kaya akan serat makanan. Selai kacang, seperti selai kacang atau almond, juga tinggi serat, serta lemak sehat dan protein nabati. Semua nutrisi ini digabungkan untuk menghasilkan camilan yang mengenyangkan.

Apel berukuran sedang dengan kulitnya memiliki sekitar 95 kalori dan menyediakan 1 gram protein dan 3 gram serat. Satu porsi 1,5 sendok makan mentega almond mengandung sekitar 147 kalori dan 5,1 gram protein serta 2,4 gram serat makanan.

2. Berry dan Keju Cottage

Buah beri kaya akan serat, antioksidan, dan fitokimia (bahan kimia bermanfaat yang ditemukan pada tumbuhan). Satu setengah cangkir buah beri campur mengandung sekitar 80 kalori.

Baca Juga: Stres di Tempat Kerja: Penyebab, Efek Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Keju cottage rendah lemak dikemas dengan protein, memiliki 12 gram protein dan 90 kalori yang mengesankan dalam setengah cangkir, bersama dengan nutrisi bermanfaat, termasuk kalsium, fosfor, dan kalium.

3. Yogurt Yunani dengan Buah

Yoghurt Yunani tanpa lemak dan tanpa lemak adalah sumber kalsium dan protein yang sangat baik, mengandung 16 gram protein dan 90 kalori dalam porsi 5,3 ons.

Kombinasikan dengan beberapa irisan buah, seperti pisang. Pisang kaya akan serat, potasium, dan vitamin C. Satu buah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 110 kalori, 3 gram serat, dan 1 gram protein.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Adalah Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

4. Roti Bakar Gandum Utuh dengan Alpukat

Roti gandum seratus persen penuh serat dan bahkan mengandung beberapa protein nabati. Sepotong sedang roti panggang gandum mengandung sekitar 92 kalori, 2,2 gram serat, dan 4,5 gram protein.

Taburi roti panggang Anda dengan alpukat untuk menambah nutrisi, seperti serat makanan, vitamin C, E, dan K, lemak tak jenuh tunggal yang sehat , folat, dan magnesium. Setengah buah alpukat mengandung 120 kalori, 5 gram serat, dan 1,5 gram protein.

5. Almond dan Keju

Kacang dan keju adalah perpaduan klasik, mengandung lemak pengisi, serat makanan, dan protein menjadikan kombinasi ini camilan yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Almond, khususnya, dapat membantu penurunan berat badan bila dimasukkan dalam rencana makan penurunan berat badan yang seimbang.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Orang Cerdas Dibalik Sikapnya yang Kalem dan Sederhana

Satu ons kacang almond mentah 21 dan 1 ons keju cheddar 22 bersama-sama mengandung 279 kalori, 13 gram protein, dan 3 gram serat.

6. Smoothie Buah dengan Yogurt Yunani

Jika Anda bosan dengan kombinasi yogurt dan buah dalam mangkuk biasa, cobalah mencampurkan semuanya untuk membuat smoothie. Mulailah dengan bahan dasar yogurt Yunani tanpa lemak dan buah pilihan Anda.

Kemudian masukkan bahan tambahan Anda, seperti kacang-kacangan atau selai kacang, biji-bijian, alpukat, dan satu sendok teh pemanis, seperti madu atau sirup maple murni, jika diinginkan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi di Musim Dingin untuk Kesehatan Mental

7. Telur Rebus

Pilihan sederhana dan mudah untuk menambah dosis protein di hari Anda adalah telur rebus. Dua butir telur utuh berukuran besar mengandung sekitar 160 kalori dan 13 gram protein serta merupakan sumber vitamin A, D, dan E, kolin , zat besi, dan folat yang baik.
Kupas telur rebus Anda dan simpan di lemari es untuk pilihan camilan yang mudah dimakan kapan saja.

8. Dendeng Sapi

Dendeng adalah camilan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat yang luar biasa. Dendeng atau steak sapi rata-rata mengandung sekitar 114 kalori dan 9 gram protein per satu ons porsi.

Carilah pilihan dengan kurang dari 300 miligram (mg) natrium per porsi dan bahan tambahan sesedikit mungkin.

Baca Juga: Rahasia Buah Semangka: Bisa Mengurangi Kecemasan dan Jaga Kesehatan Mental

9. Buncis Panggang

Buncis dapat dipanggang dalam oven untuk menghasilkan camilan renyah yang lezat, kaya serat, dan berprotein tinggi. Bereksperimenlah dengan berbagai bumbu untuk menemukan yang paling Anda sukai.

Satu porsi buncis yang dikeringkan dan dibilas dalam 1 cangkir menghasilkan 210 kalori, 9,6 gram serat, dan 10,7 gram protein. Nutrisi lainnya termasuk vitamin B6, folat, mangan , fosfor, dan banyak lagi.

10. Kurma Diisi dengan Selai Kacang

Camilan favorit sebelum berolahraga bagi banyak orang, kurma yang diisi dengan selai kacang menyediakan camilan kaya serat. Kurma memiliki rasa manis alami, sehingga bisa menjadi pilihan camilan yang enak jika Anda mendambakan sesuatu yang manis.

Baca Juga: Kesehatan Mental: 10 Makanan yang Membantu Tingkatkan Mood dan Kurangi Stres

Dua buah kurma, masing-masing 39 buah diisi dengan 1 sendok teh selai kacang, 40 buah bisa menjadi rekomendasi camilan sehat untuk menurunkan berat badan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kawasaki Ninja Milik Marwan Hangus Terbakar di Kota Sukabumi, Dipicu Percikan Api

Kapolsek Citamiang Polres Sukabumi Kota, AKP Heri Hermawan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya motor terbakar bermula dari adanya percikan api pada bagian accu (Aki) motor.
Satu unit motor Kawasaki Ninja 150 R dengan nomor polisi D 333 XYP milik Marwan Maulana (26 tahun) hangus terbakar di Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin