6 Tips Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal, Bikin Aktivitas Tak Nyaman

Jumat 01 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi - 6 Tips Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal, Bikin Aktivitas Tak Nyaman. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi - 6 Tips Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal, Bikin Aktivitas Tak Nyaman. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Sakit leher yang disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah bisa sangat tidak nyaman. Sebab, rasa sakit, pegal dan kaku di sekitar leher akan terasa mengganggu ketika tubuh digerakan.

Oleh karena itu, sakit leher jangan terlalu lama dibiarkan dan harus segera diatasi agar tidak terus mengganggu dalam menjalani aktivitas keseharian.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi sakit leher akibat penggunaan bantal yang tidak tepat:

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

1. Ubah Posisi Tidur

Cobalah tidur dengan posisi yang berbeda. Misalnya, jika Anda biasanya tidur telentang, coba tidur miring atau tidur dengan posisi setengah duduk. Mengubah posisi tidur dapat membantu meredakan tekanan pada leher.

2. Gunakan Bantal yang Pas

Pastikan Anda menggunakan bantal yang sesuai dengan kebutuhan tidur Anda. Pilih bantal yang memberikan dukungan yang memadai untuk leher dan kepala Anda. Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher.

3. Lakukan Pemanasan dan Peregangan

Sebelum tidur atau setelah bangun tidur, lakukan pemanasan ringan dan peregangan pada leher. Gerakan-gerakan seperti memutar leher perlahan, miringkan kepala ke kanan dan kiri, dan miringkan kepala ke depan dan belakang dapat membantu mengurangi kekakuan dan ketegangan pada otot leher.

Baca Juga: 12 Sikap Agar Hidup Bahagia dan Tidak Terpengaruh dengan Omongan Orang Lain

4. Terapkan Kompres Hangat atau Dingin

Jika terasa nyaman, Anda dapat menggunakan kompres hangat atau dingin pada area yang sakit. Kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kekakuan otot, sedangkan kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

5. Jangan Lakukan Aktivitas yang Memperburuk Sakit Leher

Usahakan untuk menghindari aktivitas yang dapat memperburuk sakit leher, seperti mengangkat beban berat atau melakukan gerakan tiba-tiba yang melibatkan leher. Jaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri, dan perhatikan ergonomi saat menggunakan komputer atau perangkat lainnya.

6. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika sakit leher Anda tidak kunjung mereda, Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Namun, pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau jika sakit leher tidak kunjung membaik.

Baca Juga: 7 Ciri Hidupmu Semakin Bahagia Seiring Bertambahnya Usia, Yuk Kenali!

Jika sakit leher berlanjut atau semakin parah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli terkait untuk mendapatkan evaluasi dan saran yang tepat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion20 September 2024, 08:30 WIB

Makin PD! 15 Fashion Otentik yang Bisa Membuat Penampilan Terlihat Elegan

Kacamata hitam dengan desain klasik, seperti bentuk aviator atau cat-eye, selalu memberikan kesan elegan.
Ilustrasi. Makin PD dengan Fashion Otentik. Kacamata hitam dengan desain klasik, seperti bentuk aviator atau cat-eye, selalu memberikan kesan elegan. (Sumber : Pixabay/Vlad Bitte)
Sukabumi20 September 2024, 08:02 WIB

Menjajal Sensasi Strike Kakap Merah di Sungai Cikaso Sukabumi

Sepanjang aliran Sungai Cikaso dari Kecamatan Cibitung hingga masuk wilayah Kecamatan Tegalbuleud, merupakan spot mancing yang menawarkan pengalaman menarik bagi para pemancing mania
Menjajal strike kakap merah di spot mancing Sungai Cikaso Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life20 September 2024, 08:00 WIB

13 Pelarian Positif untuk Mengalihkan Perhatian dari Masalah Hidup

Pelarian positif dapat membantu menjaga keseimbangan emosi dan kesehatan mental di tengah kesulitan menghadapi masalah hidup.
Ilustrasi. Membaca bisa menjadi pelarian mental dari masalah sehari-hari. (Sumber : Pixabay/hoahoa111)
Food & Travel20 September 2024, 07:01 WIB

Ekspedisi Canyoneering, Kenalkan Potensi Wisata Alam Baru di Jampangtengah Sukabumi

ungai Cileungsir yang berlokasi di Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, ternyata memiliki potensi wisata alam berupa air terjun yang masih perawan dan lokasinya berdekatan.
Ekspedisi canyoneering di Sungai Cileungsir Jampangtengah Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Inspirasi20 September 2024, 06:30 WIB

1.245 Lulus MS, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kota Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024 (Sumber : Instagram/@bkpsdmkotasukabumi)
Food & Travel20 September 2024, 06:00 WIB

Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah

Bolu kukus sering dijadikan camilan atau hidangan penutup, dan disukai oleh berbagai kalangan karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lembut.
Ilustrasi. Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah. (Sumber : Pixabay/Steward Masweneng)
Science20 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 September 2024, Langit Cenderung Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024. | Foto: SU/Dede
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa