6 Tanda Seseorang Tertekan Secara Emosional dan Cara Mengatasinya

Rabu 28 Juni 2023, 13:15 WIB
Ilustrasi. Berikut tanda-tanda seoseorang tertekan secara emosional dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak berdampak buruk (Sumber : Freepik/@nakaridore)

Ilustrasi. Berikut tanda-tanda seoseorang tertekan secara emosional dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak berdampak buruk (Sumber : Freepik/@nakaridore)

SUKABUMIUPDATE.com - Seseorang yang tertekan secara emosional akan mempengaruhi kesehatan mental dan berdampak tidak baik pada kehidupannya. Karena itu penting untuk menjaga kesehatan mental.

Orang yang mengalami tekanan secara emosional bisa dilihat dari tanda-tanda yang dialami. Meski setiap orang memiliki tanda berbeda namun jika mengalaminya segeralah mencari penyebab dan solusinya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tanda umum yang mungkin muncul:

1. Perubahan suasana hati

Seseorang yang tertekan secara emosional mungkin mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Mereka mungkin terlihat sedih, murung, marah, atau mudah tersinggung tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

2. Perubahan perilaku

Orang yang tertekan secara emosional mungkin menunjukkan perubahan dalam perilaku mereka. Mereka mungkin menarik diri dari aktivitas sosial, kehilangan minat dalam kegiatan yang mereka nikmati sebelumnya, atau memiliki kesulitan dalam konsentrasi dan mengambil keputusan.

3. Perubahan pola tidur

Tertekan emosional dapat memengaruhi pola tidur seseorang. Seseorang yang tertekan secara emosional mungkin mengalami kesulitan tidur, insomnia, atau bahkan tidur berlebihan sebagai bentuk pelarian.

Baca Juga: Mengenal ADHD Salah Satu Gangguan Mental yang Bisa Dialami Anak-anak

4. Perubahan nafsu makan

Tertekan secara emosional dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Beberapa orang mungkin kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan, sementara yang lain mungkin mencari kenyamanan dalam makan berlebihan dan mengalami peningkatan berat badan.

5. Gejala fisik

Tertekan emosional juga dapat memanifestasikan gejala fisik, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, nyeri otot, atau masalah kulit. Ini adalah respons tubuh terhadap tekanan emosional yang dialami.

6. Ketidakmampuan mengatasi stres

Seseorang yang tertekan secara emosional mungkin kesulitan dalam mengatasi stres sehari-hari. Mereka mungkin merasa kewalahan, cemas, atau memiliki perasaan putus asa yang persisten.

Baca Juga: 5 Tips Menciptakan Quality Time yang Penting Untuk Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Saat Tertekan Secara Emosional

Tertekan emosional adalah pengalaman yang sulit, dan penting untuk mencari cara untuk mengelolanya. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin membantu:

1. Mengenali dan menerima perasaan

Penting untuk mengakui perasaan yang Anda alami dan menerima bahwa Anda tertekan secara emosional. Jangan menekan atau menyalahkan diri sendiri karena merasa sedih, marah, atau cemas. Perasaan ini adalah bagian normal dari kehidupan.

2. Cari dukungan

Berbicaralah dengan orang yang Anda percaya, seperti keluarga, teman, atau anggota masyarakat yang dapat memberikan dukungan. Berbagi perasaan Anda dengan orang lain bisa membantu meredakan beban emosional.

Baca Juga: 7 Tips Menolak Permintaan Orang Lain, Tidak Perlu Merasa Bersalah

3. Jaga kesehatan fisik

Ada hubungan yang kuat antara kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional. Pastikan Anda makan makanan sehat, tidur cukup, dan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

4. Temukan cara untuk meredakan stres

Coba identifikasi aktivitas yang membantu Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Misalnya, meditasi, pernapasan dalam-dalam, mendengarkan musik yang menenangkan, atau menulis jurnal. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati dan membuat Anda merasa santai.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Pasangan Bagi Kaum Introvert, Jangan Minder!

5. Jaga keseimbangan

Penting untuk menjaga keseimbangan antara tuntutan hidup sehari-hari, pekerjaan, dan waktu untuk diri sendiri. Atur waktu untuk bersantai, melakukan hobi, dan melakukan kegiatan yang memberikan kegembiraan.

6. Carilah bantuan profesional

Jika Anda merasa tertekan secara emosional secara berkepanjangan atau tidak dapat mengatasi perasaan tersebut, penting untuk mencari bantuan dari profesional seperti psikolog atau konselor. Mereka dapat membantu Anda dalam menjelajahi dan mengatasi tantangan yang Anda hadapi.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki pengalaman emosional yang berbeda, dan apa yang bekerja untuk satu orang mungkin tidak sama untuk orang lain.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).